Comscore Tracker

Sabar dan Bijak Sikapnya, 5 Hal yang Membuktikan Kedewasaan Pasanganmu

Caranya menjalin hubungan denganmu benar-benar dewasa

Pasangan itu harus benar-benar dipilih dengan baik, apalagi kalau tujuannya untuk hubungan jangka panjang dan mengarah ke pernikahan. Gak cuma soal mapan dan fisik saja, akan tetapi baik pribadinya juga harus dipastikan.

Terutama segi kedewasaan diri pasangan, yang mana kalau mau hubungan ke depan berjalan harmonis dan langgeng memang bagusnya bersama pasangan yang dewasa. Dan berikut ini adalah beberapa hal yang membuktikan kedewasaan pasanganmu. Apa sajakah itu? Yuk simak poinnya satu-satu! 

1. Kesabarannya begitu besar dalam menghadapi sikapmu

Sabar dan Bijak Sikapnya, 5 Hal yang Membuktikan Kedewasaan Pasanganmuilustrasi pasangan (pexels.com/Keira Burton)

Hal pertama yang membuktikan kedewasaan pasanganmu tentu saja dari tingkat kesabarannya. Kalau dia sabar menghadapi berbagai sikapmu, bahkan ketika mood swing sekalipun, itu sudah menjadi bukti nyata kalau dia sangat dewasa.

Karena orang yang pribadinya benar-benar dewasa itu tahu bagaimana menahan diri agar tidak emosi menghadapi tingkah pasangannya. Tapi dengan catatan, kamu pun gak boleh kelewat batas hanya karena dia bisa sabar menghadapimu, ya. 

2. Bisa mengatur prioritas hidup dan punya tujuan hubungan yang jelas

Sabar dan Bijak Sikapnya, 5 Hal yang Membuktikan Kedewasaan Pasanganmuilustrasi menikah (pexels.com/Emma Bauso)

Hal kedua yang membuktikan kedewasaan pasanganmu ialah dari bagaimana dia mengatur prioritas hidupnya. Karena kedewasaan sejatinya juga tentang pikiran matang untuk menjalani hidup ke depannya, jadi yang dewasa pasti tahu apa saja yang harus ia prioritaskan.

Selain itu kedewasaannya juga terbukti dari tujuannya yang jelas dalam menjalin hubungan denganmu. Dengan kata lain dia tidak main-main dan tahu arah tujuan hubungan kalian itu kemana, dan dalam hal ini tentu saja mengarah ke pernikahan jika dia memang serius. 

Baca Juga: 5 Ujian Hubungan Jarak Jauh dan Cara Atasinya, Kuat-kuatin!

3. Menjalani hubungan tanpa drama

Sabar dan Bijak Sikapnya, 5 Hal yang Membuktikan Kedewasaan Pasanganmuilustrasi pasangan (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Hal ketiga yang juga membuktikan kedewasaan pasangan ialah dari caranya menjalani hubungan tanpa adanya drama. Dengan kata lain dia gak mau ribet dengan bikin drama gak perlu, pokoknya jalani saja dengan apa adanya dan sikap yang lurus.

Orang yang dewasa memang rata-rata pasti seperti ini karena gak suka dengan drama melelahkan di dalam hubungan. Makanya berhubungan dengan pasangan yang dewasa itu bakalan tenang, adem, dan harmonis terus. 

4. Tahu bagaimana menyelesaikan masalah hubungan dengan bijak

Sabar dan Bijak Sikapnya, 5 Hal yang Membuktikan Kedewasaan Pasanganmuilustrasi bicara (pexels.com/Fauxels)

Kalau pasanganmu selalu bisa menyelesaikan masalah hubungan dengan bijak, maka hal itu sebenarnya juga merupakan bukti dari kedewasaannya, lho. Bersikap bijak itu bukanlah suatu hal yang mudah dilakukan, mengingat setiap orang punya egonya sendiri.

Jadi kalau dia selalu memastikan masalah teratasi dengan baik demi kebaikan kalian berdua, maka jagalah dia baik-baik sebagai pasanganmu. Karena dia tidak ingin menang sendiri dan selalu memikirkan kebaikanmu juga, dan tidak semua orang bisa menjadi sosok pasangan yang seperti ini saat berhubungan. 

5. Tahu kapan harus mengalah dan berkompromi

Sabar dan Bijak Sikapnya, 5 Hal yang Membuktikan Kedewasaan Pasanganmuilustrasi pasangan (pexels.com/August de Richelieu)

Hal terakhir yang membuktikan kedewasaan pasanganmu ialah kalau dia tahu kapan harus mengalah dan berkompromi dalam hubungan. Kenapa? Karena hal ini menunjukkan bagaimana dia mengatur ego dan bersikap dewasa untuk bisa berkompromi dengan pasangan.

Karena kebanyakan orang hanya ingin mementingkan dirinya sendiri saja, berat berkompromi karena merasa bahwa dirinyalah yang paling benar. Makanya kalau dia tahu bagaimana menurunkan egonya, itu saja sudah cukup memperlihatkan seberapa dewasanya dia.

Itulah tadi lima hal yang membuktikan kedewasaan pasanganmu. Kalau do'i memiliki semuanya maka jagalah baik-baik dan imbangi kedewasaannya, ya. Karena hubungan bakal lebih berkualitas kalau kedua belah pihak bisa sama-sama dewasa. 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Terjebak dengan Pasangan yang Salah, Siap Putus?

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya