Comscore Tracker

5 Hal yang Menandakan Kalau Circle Pertemananmu Sehat & Berkualitas

Karena pertemanan yang sehat baik untuk kamu pertahankan

Dalam hidup bermasyarakat tentu kita bersosialisasi dengan banyak orang. Ada yang cuma sebatas kenalan atau relasi, namun ada juga orang-orang yang masuk ke dalam circle  pertemanan. Nah circle pertemanan itu yang mesti hati-hati, karena bersama teman yang tidak baik bisa-bisa kamu terkena dampak buruknya.

Tapi tenang saja, jika kamu memiliki tanda-tanda di bawah ini di dalam pertemananmu itu tandanya kamu memiliki circle yang sehat dan berkualitas. Yuk simak lima di antaranya berikut ini.

1. Kamu nyaman bersama mereka

5 Hal yang Menandakan Kalau Circle Pertemananmu Sehat & BerkualitasPexels.com/Helena Lopes

Tingkat kenyamananmu ketika menghabiskan waktu bersama teman bisa menggambarkan sehat atau tidaknya hubungan pertemananmu. Karena kalau kamu dan yang lainnya sama-sama nyaman itu berarti kalian memiliki ikatan yang saling menginginkan satu sama lain. Bukannya terpaksa karena tidak mau dibenci teman jika tidak bergabung.

2. Saling mendukung dan tidak menjatuhkan satu sama lain

5 Hal yang Menandakan Kalau Circle Pertemananmu Sehat & BerkualitasPexels.com/Rawpixel.com

Bukan hanya hubungan percintaan saja yang bisa toxic, pertemanan pun juga bisa begitu, lho. Makanya jangan sampai kamu terjebak dalam circle pertemanan yang salah. Pastikan jika dalam pertemananmu, kalian saling mendukung dan tidak ada upaya untuk menjatuhkan satu sama lain. Sebab teman adalah sosok yang ada saat kamu suka maupun duka, kan?

Baca Juga: Jangan Salah Sangka, Ini 5 Ciri Gebetanmu Hanya Ingin Berteman

3. Mereka adalah orang-orang yang tulus peduli padamu

5 Hal yang Menandakan Kalau Circle Pertemananmu Sehat & Berkualitaspexels.com/ana francisconi

Tanda selanjutnya yang menunjukkan kalau circle pertemananmu sehat dan berkualitas adalah meskipun mungkin tidak memiliki banyak teman, tapi mereka merupakan orang yang benar-benar tulus peduli padamu. Bukan orang yang pura-pura peduli atau cuma mau pansos alias panjat sosial.

4. Tidak mengubahmu menjadi orang lain

5 Hal yang Menandakan Kalau Circle Pertemananmu Sehat & BerkualitasPexels.com/Bruce Mars

Pertemanan yang sehat adalah ketika kamu tidak harus menjadi orang lain ketika bersama mereka. Bukan berarti kamu bisa bersikap sesuka hati, tapi dalam pertemanan itu kamu tidak ada perasaan tertekan karena harus merahasiakan sifatmu. Dan kalau ada sikap yang tidak kalian sukai satu sama lain maka saling introspeksi diri dan memperbaiki diri.

5. Pertemanan itu membuatmu berkembang jadi lebih baik

5 Hal yang Menandakan Kalau Circle Pertemananmu Sehat & BerkualitasPexels.com/Mentatdgt

Circle pertemanan itu bukan hanya tentang hang out bersama atau senang-senang, tapi juga bagaimana hubungan pertemanan itu bisa bermanfaat bagi satu sama lain. Pertemananmu sangat berkualitas jika di dalamnya kamu dan dia dapat berkembang menjadi lebih baik, selain waktu yang dihabiskan tidak sia-sia, hubungan itu juga membawa pengaruh baik bagi diri sendiri.

Itulah beberapa tanda kalau lingkaran pertemananmu tergolong sehat dan berkualitas. Pertahankan hal itu dan jangan sia-siakan kedekatan kalian, ya!

Baca Juga: 8 Tanda Kamu sedang Stuck di Circle Pertemanan yang Kurang Membangun

afifah hanim Photo Community Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You