Comscore Tracker

5 Hikmah Cinta yang akan Kamu Alami & Pelajari Seiring Beranjak Dewasa

Karena kamu pun semakin dewasa dalam memahami cinta

Cinta yang kamu ketahui ketika remaja berbeda dengan cinta yang kamu ketahui saat dewasa, karena dengan bertambahnya usia dan pengalaman pemahaman kita akan sesuatu pun berubah menjadi lebih mendalam. Begitu pula dengan hikmah cinta yang akan kamu alami dan pelajari seiring beranjak dewasa, contohnya seperti lima di antaranya dalam pembahasan berikut ini. Yuk simak sama-sama!

1. Mencintai seseorang berarti menjaganya untuk tetap nyaman bersamamu

5 Hikmah Cinta yang akan Kamu Alami & Pelajari Seiring Beranjak DewasaPexels.com/Polina Zimmerman

Ada banyak sekali pelajaran yang bisa kamu ambil dari mencintai seseorang, dan salah satunya yang kamu alami saat beranjak dewasa ialah memahami hikmah bahwa mencintai seseorang berarti menjaganya untuk tetap nyaman bersamamu.

Jika dulu kamu masih mau bersikap egois dan hanya memikirkan diri sendiri, maka semakin bertambahnya usia kamu pun jadi lebih memikirkan perasaan dan kenyamanan pasangan.

2. Saling mencintai bukan berarti harus saling memiliki

5 Hikmah Cinta yang akan Kamu Alami & Pelajari Seiring Beranjak DewasaPexels.com/Vera Arsic

Kemudian hikmah cinta lainnya yang akan kamu pelajari siring bertambah dewasa yaitu, bahwa meskipun saling mencintai bukan berarti harus bersama dan saling memiliki. Biasanya hal ini akan kamu pelajari jika mengalami cinta terlarang, tidak bisa bersatu meskipun saling mencintai.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Pertengkaran Dapat Menguatkan Hubungan Cinta

3. Terkadang justru lebih baik mencintai dari kejauhan

5 Hikmah Cinta yang akan Kamu Alami & Pelajari Seiring Beranjak DewasaPexels.com/Cottonbro

Tidak semua cinta harus diungkapkan dan semakin beranjaknya dewasa dirimu, cinta pun akan mengajarkan padamu bahwa terkadang mencintai dari kejauhan justru lebih baik. Entah itu hubungan jarak jauh, mencintai seseorang yang tidak mungkin membalas perasaanmu, atau diam-diam mencintai sahabat. 

4. Merelakan dan melepaskan juga merupakan bagian dari mencintai

5 Hikmah Cinta yang akan Kamu Alami & Pelajari Seiring Beranjak DewasaPexels.com/Wesner Rodrigues

Hikmah cinta lainnya yang juga akan kamu pelajari dan alami seiring beranjak dewasa ialah belajar merelakan seseorang yang kamu cinta karena hal itu juga merupakan bagian dari mencintai. Meski sulit untuk melepaskan, namun kamu harus ikhlas melakukannya agar tidak menyiksa orang itu. Namun dengan ini jugalah kamu jadi semakin dewasa dalam memahami cinta.

5. Tidak ada gunanya memaksakan seseorang membalas cintamu

5 Hikmah Cinta yang akan Kamu Alami & Pelajari Seiring Beranjak DewasaPexels.com/Vera Arsic

Rasanya membahagiakan jika orang yang kamu cintai membalas perasaanmu, akan tetapi kamu pun harus paham bahwa hal itu tidak bisa dipaksakan. Tidak ada gunanya memaksakan seseorang membalas cintamu, dan hikmah cinta ini akan kamu pelajari seiring bertambah dewasa dan dengan pengalaman-pengalaman.

Cinta adalah salah satu yang akan mendewasakanmu, dan lima hal tadi merupakan hikmah dari cinta yang kamu pelajari dan alami seiring beranjak dewasa. 

Baca Juga: Desember 2020, 5 Zodiak yang Tambah Mesra sama Pasangan, Dimabuk Cinta

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya