Comscore Tracker

Berhentilah Posesif, Ini 5 Alasan Kamu Gak Berhak Mengekang Pasangan

Karena cinta bukan untuk memenjarakan seseorang

Ketika menjalin suatu hubungan, tidak semua orang mengerti akan arti mencintai dengan benar. Sebagian orang bahkan merasa memiliki hak untuk bersikap posesif dan melarang ini itu pada pasangannya.

Padahal sebaiknya sikap posesif itu dihentikan, karena ada banyak alasan kenapa kamu tidak berhak mengekang pasangan. Berikut ini lima di antaranya beserta penjelasannya.

1. Hidupnya bukan cuma tentang kamu

Berhentilah Posesif, Ini 5 Alasan Kamu Gak Berhak Mengekang PasanganPexels.com/Zun Zun

Alasan yang pertama ialah karena hidupnya tidak cuma tentang kamu saja. Meski banyak orang bilang pacaran itu bagaikan dunia cuma milik berdua, tapi kamu harus sadar kalau kamu hanya salah satu dari bagian hidup pasanganmu. Jadi kamu tidak berhak untuk mengekangnya, apalagi sampai menyuruhnya untuk hanya fokus padamu saja.

2. Dia butuh bergaul dengan orang lain

Berhentilah Posesif, Ini 5 Alasan Kamu Gak Berhak Mengekang PasanganPexels.com/Buro Millennial

Untuk kamu yang mungkin suka bersikap posesif pada pasangan, pahamilah kalau pacarmu itu juga butuh untuk bersosialisasi dengan orang lain. Sebab dia juga punya teman, relasi, atau juga hubungan dekat dengan orang-orang yang bermanfaat bagi masa depannya. 

Baca Juga: Ini 5 Beda Cowok Posesif Vs Protektif, Ketahui Yuk!

3. Cinta seharusnya tidak memenjarakan seseorang

Berhentilah Posesif, Ini 5 Alasan Kamu Gak Berhak Mengekang Pasanganpexels.com/lucas dutra

Alasan yang ketiga adalah cinta seharusnya tidak memenjarakan seseorang. Sebuah relationship itu sejujurnya kan bertujuan untuk saling membahagiakan, bukan menjadi cara untuk membuat dia menjadi milik kita. Jadi berhentilah posesif padanya karena jujur saja itu membuat siapa saja tertekan dalam hubungan.

4. Dia berhak melakukan apa yang dia inginkan

Berhentilah Posesif, Ini 5 Alasan Kamu Gak Berhak Mengekang PasanganPexels.com/David Bartus

Lalu dia juga berhak untuk melakukan apa pun yang dia suka dan inginkan. Jangan karena dia mencintaimu, kamu jadi merasa memiliki hak untuk melarangnya ini itu. Padahal hal-hal yang kamu larang itu bisa saja merupakan sesuatu yang membuatnya bahagia. Kalau sudah begini, bukankah posesif menjadi racun dalam hubunganmu?

5. Hidupnya bukan untuk didedikasikan pada siapa pun

Berhentilah Posesif, Ini 5 Alasan Kamu Gak Berhak Mengekang PasanganPexels.com/Alan Retratos

Dan alasan yang terakhir ialah kamu harus tahu kalau hidupnya bukan untuk didedikasikan pada orang lain, termasuk kamu. Dia tidak memiliki kewajiban untuk selalu patuh padamu, dan kamu sebagai pasangannya bukankah lebih baik jika memberinya saran daripada bersikap posesif dan mengekangnya?

Itulah beberapa alasan kenapa kamu sebaiknya berhenti bersikap posesif pada pasangan, sebab cinta tidak membuat kita memiliki hak untuk mengekang pasangan, kan?

Baca Juga: Kalau Cowokmu Lakukan 5 Hal Ini dalam Hubungan, Dia Bukan Orang Baik

afifah hanim Photo Community Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You