Comscore Tracker

5 Kekacauan dalam Rumah Tangga yang Disebabkan Buruknya Komunikasi

Banyak banget kesalahpahaman yang terjadi

Kita semua tahu bahwa kunci paling utama dalam hubungan adalah komunikasi. Karena hanya dengan komunikasi yang baik satu sama lain bisa saling mengerti dan berkompromi untuk menyelesaikan masalah yang ada, sepenting itu peranan komunikasi dalam hubungan. 

Jadi gak terbayang bagaimana kacaunya suatu hubungan kalau tidak punya komunikasi yang baik dengan pasangan. Apalagi jika sudah menikah, rumah tangga bisa jadi kacau karena ada banyak masalah yang bisa ditimbulkan dari buruknya komunikasi. Beberapa contoh kekacauan yang bisa terjadi bisa dilihat di bawah ini. 

1. Pengelolaan keuangan yang berantakan

5 Kekacauan dalam Rumah Tangga yang Disebabkan Buruknya Komunikasiilustrasi pasangan (pexels.com/Mikhail Nilov)

Komunikasi yang baik dalam pernikahan itu sangat penting, salah satunya ialah untuk mengelola keuangan rumah tangga supaya tidak berantakan. Karena kalau sudah menikah tentu semua pengeluaran dan pemasukan jadi urusan bersama, gak bisa hanya diatur oleh satu pihak saja. 

Kalau hanya bergantung pada satu pihak ditambah lagi dengan komunikasi yang buruk maka bisa-bisa biaya hidup jadi gak terpenuhi. Karena pengelolaan keuangannya jadi sesuka hati dia yang mengatur, akibatnya sekeluarga jadi hidup susah. 

2. Penyelesaian masalah yang selalu sepihak

5 Kekacauan dalam Rumah Tangga yang Disebabkan Buruknya Komunikasiilustrasi bicara (pexels.com/Alex Green)

Kekacauan lainnya yang disebabkan oleh buruknya komunikasi ialah penyelesaian masalah yang selalu sepihak. Karena kalau komunikasi antara satu sama lain buruk tentu untuk berdiskusi bersama pun jadi susah. 

Sehingga setiap kali ada masalah jadinya cuma diselesaikan secara sepihak. Bukan atas kesepakatan bersama, dan akibatnya hal ini bisa menjadi masalah dalam rumah tangga kalau terungkit kembali atau salah satu tidak setuju dengan apa yang sudah terjadi. 

3. Banyaknya prasangka dan salah paham antara satu sama lain

5 Kekacauan dalam Rumah Tangga yang Disebabkan Buruknya Komunikasiilustrasi pasangan (pexels.com/RODNAE Productions)

Komunikasi menjadi kunci utama dalam hubungan bukanlah tanpa alasan, terbukti dengan banyaknya prasangka dan kesalahpahaman yang terjadi kalau buruk dalam berkomunikasi dengan pasangan. Mungkin disebabkan oleh saking sedikitnya komunikasi yang terjalin sehingga mudah sekali untuk salah paham tentang sesuatu. 

Bisa dibilang kalau komunikasi yang buruk dan tidak tepat merupakan sumber masalah di dalam hubungan. Karena suatu hal sepele seperti bertemu dengan teman lawan jenis saja bisa menimbulkan salah paham dan memicu pertengkaran kalau tidak dikomunikasikan dengan benar. 

Baca Juga: 5 Tanda jika Pertengkaran dalam Hubunganmu Bernilai Positif

4. Pertengkaran yang berlarut-larut hingga merusak kenyamanan hubungan

5 Kekacauan dalam Rumah Tangga yang Disebabkan Buruknya Komunikasiilustrasi pasangan (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Buruknya komunikasi juga menyebabkan kekacauan dalam hubungan berupa kerenggangan antara satu sama lain. Kok bisa seperti itu? Bisa saja terjadi jika kedua belah pihak memang tidak memiliki cara komunikasi yang tepat. 

Jadi setiap kali ada pertengkaran atau masalah, karena tidak dikomunikasikan dengan benar dan berakhir dipendam, lama kelamaan akan menimbulkan perasaan tidak nyaman di dalam hubungan. Akibatnya satu sama lain jadi memberi jarak karena komunikasi buruk yang dibiarkan terus-menerus. 

5. Parenting yang kacau karena satu sama lain punya cara yang berbeda

5 Kekacauan dalam Rumah Tangga yang Disebabkan Buruknya Komunikasiilustrasi anak (pexels.com/Monstera)

Kekacauan lainnya yang terjadi ialah dalam parenting. Dengan komunikasi yang buruk antara satu sama lain, metode yang digunakan dalam mengasuh anak bisa saling berbeda dan hal itu jelas tidak baik untuk perkembangan diri anak. 

Misalnya saja kamu menerapkan parenting yang akrab dengan anak selayaknya sahabat, tapi pasanganmu malah mengasuh anak secara strict dan otoriter. Tidak hanya membuat kalian jadi saling bertengkar, hal ini juga membuat anak jadi memihak salah satu orangtua saja yang ia rasa bisa memberikan rasa nyaman, dengan kata lain sama sekali gak efektif dalam parenting

Itulah tadi beberapa kekacauan dalam rumah tangga yang disebabkan buruknya komunikasi. Jadi benahilah komunikasimu dengan pasangan supaya rumah tangga bisa lebih terjaga keharmonisannya, ya! 

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Pertengkaran dalam Sebuah Hubungan

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya