Comscore Tracker

5 Kriteria Toxic People yang Mungkin Ada di Sekitarmu, Segera Jauhi!

Toxic people membawa pengaruh buruk bagi hidupmu

Ketika kita bergaul dengan lingkungan sekitar pasti ada saja orang-orang toxic yang membawa pengaruh buruk untukmu. Dan ada baiknya bagi kamu untuk mengenali kriteria orang toxic ini agar tidak terlalu dekat dengan mereka. Namun apa sajakah kriterianya? Yuk simak lima kriteria toxic people di bawah ini.

1. Suka menghasutmu

5 Kriteria Toxic People yang Mungkin Ada di Sekitarmu, Segera Jauhi!Pexels.com/Fauxels

Kriteria atau ciri yang pertama adalah dia merupakan seorang penghasut. Entah dia sendiri sadar atas perbuatannya atau memang pribadinya memang seperti itu, namun ia suka sekali menggiring opini orang-orang untuk sependapat dengannya.

Atau juga sengaja menceritakan sesuatu padamu untuk memancing emosimu. Orang toxic seperti ini sebaiknya kamu jauhi atau hidupmu tidak akan tenang dibuatnya.

2. Melakukan apapun demi jadi pusat perhatian

5 Kriteria Toxic People yang Mungkin Ada di Sekitarmu, Segera Jauhi!Pexels.com/Fauxels

Selanjutnya ialah orang toxic akan berusaha melakukan apapun untuk menjadi pusat perhatian. Entah itu dengan menebar kebohongan, kebencian, atau berpura-pura baik demi mendapat perhatian dan pujian. Hal itu dilakukan demi kepuasannya sendiri, namun dalam lingkup pertemanan tentu tidak akan berdampak baik dan sehat.

Baca Juga: Cuma Orang Cerdas yang Menangani Toxic People dengan 5 Cara Bijak Ini 

3. Mau menang sendiri dan merasa paling hebat

5 Kriteria Toxic People yang Mungkin Ada di Sekitarmu, Segera Jauhi!Pexels.com/Fauxels

Kriteria orang toxic lainnya yang sebaiknya kamu jauhi adalah dia yang cuma mau menang sendiri dan merasa dirinyalah sosok paling hebat. Dia merasa dunia berputar untuknya dan orang di sekitarnya harus selalu mengutamakannya. Benar-benar toxic  di mana ia akan selalu memandang orang lain dengan sebelah mata.

4. Mengkritik sesuka hati

5 Kriteria Toxic People yang Mungkin Ada di Sekitarmu, Segera Jauhi!Pexels.com/Fauxels

Mengkritik orang lain agar berubah menjadi lebih baik tentu boleh-boleh saja, tapi bukan berarti bisa mengkritik orang lain dengan sesuka hati. Nah, orang yang termasuk dalam toxic people  tidak mengerti hal itu dan sering sembarangan dalam mengomentari orang lain. Dan seringnya kritik yang ia lakukan bukan berdampak baik bagi seseorang namun malah menjatuhkan mentalnya.

5. Gak bisa berempati pada kondisi orang lain

5 Kriteria Toxic People yang Mungkin Ada di Sekitarmu, Segera Jauhi!Pexels.com/Mentatdgt

Lalu kriteria orang toxic yang terakhir adalah ia tidak bisa merasakan bersimpati pada orang lain. Hatinya beku, atau lebih tepatnya tidak peduli atas perasaan atau kondisi orang disekitarnya. Kalau kamu curhat padanya pun dia hanya akan menanggapi dengan sekedarnya saja. Tidak tertarik dengan orang lain kecuali dirinya sendiri.

Itulah beberapa kriteria orang toxic  yang sebaiknya kamu jauhi karena bisa berdampak buruk untukmu. 

Baca Juga: Harus Hati-Hati! Ini 7 Tanda Kamu Terjebak dalam Toxic Friendship

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya