Comscore Tracker

5 Kunci Supaya Gak Overthinking saat Doi Punya Sahabat Lawan Jenis

Intinya jujur dan tahu batasan dalam bersahabat

Memiliki sahabat yang benar-benar tulus dan baik adalah suatu hal yang patut disyukuri. Sehingga ketika menjalin hubungan pun ada baiknya mendukung dan menjaga hubungan baik pasangan dengan sahabat-sahabatnya. 

Akan tetapi bagaimana jika pasanganmu bersahabat dengan lawan jenis? Karena persahabatan antara lawan jenis sering banget bikin overthinking dengan kedekatan yang terjalin. Untuk mengatasinya, berikut ini adalah beberapa kuncinya supaya kamu gak overthinking ketika pasangan punya sahabat lawan jenis. 

1. Kenalan dengan sahabatnya

5 Kunci Supaya Gak Overthinking saat Doi Punya Sahabat Lawan Jenisilustrasi bicara (pexels.com/William Fortunato)

Kalau pasanganmu punya sahabat lawan jenis maka kuncinya yang pertama supaya gak overthinking ialah coba kenalan dengan sahabatnya itu. Intinya jangan berpikiran negatif dengan kedekatan mereka sebelum kamu berkenalan dengannya.

Karena inilah kuncinya kalau mau menjalin hubungan yang sehat dengan pasangan, jangan sampai kamu merusak persahabatan mereka padahal kamu sendiri belum mengenal sahabatnya. Bisa jadi mereka sudah berteman lama dan memang sama-sama tulus bersahabat untuk saling support, dan tidak ada masalah dengan itu, kan. 

2. Cobalah untuk bersahabat dengannya juga

5 Kunci Supaya Gak Overthinking saat Doi Punya Sahabat Lawan Jenisilustrasi teman (pexels.com/Keira Burton)

Kuncinya yang kedua supaya gak overthinking saat pasanganmu bersahabat sama lawan jenis ialah dengan ikut bersahabat dengan dia. Cobalah akrabkan diri dan berbaur dengan sahabatnya itu, itung-itung menambah sahabat baik dalam hidupmu.

Logikanya, daripada kamu overthinking sendiri memikirkan kedekatan dalam persahabatan mereka lebih baik kamu cari tahu dan ikut dekat dengan sahabatnya juga. Dengan begitu kamu bisa menilai sendiri bagaimana persahabatan mereka tanpa harus jadi beban pikiran. 

Baca Juga: 5 Cara Hadapi Doi yang Belum Tahu Batasan Berteman dengan Lawan Jenis

3. Terapkan keterbukaan dengan pasangan

5 Kunci Supaya Gak Overthinking saat Doi Punya Sahabat Lawan Jenisilustrasi pasangan bicara (pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

Supaya gak overthinking sama persahabatan pasanganmu dengan lawan jenis, salah satu kuncinya ialah dengan menerapkan keterbukaan. Maksudnya keterbukaan di sini ialah ia mesti terbuka tentang kegiatannya dan setiap pertemuannya dengan sahabatnya itu.

Karena yang bikin overthinking sebenarnya kalau pasangan kurang terbuka dan terlalu asyik dengan sahabatnya. Dengan kata lain penerapan ini juga harus dijalani dibarengi dengan kejujuran pasangan jika dia memang tidak ingin kamu berpikiran macam-macam tentang persahabatannya. 

4. Perjelas batasan tentang dia dan sahabatnya itu

5 Kunci Supaya Gak Overthinking saat Doi Punya Sahabat Lawan Jenisilustrasi pasangan (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Kalau memang kamu tidak ingin overthinking dengan kedekatan pasanganmu dengan sahabat lawan jenisnya, maka kuncinya dari awal hubungan kamu juga harus menetapkan batasan. Beritahu dia tentang batasan yang bisa kamu toleransi dan tidak dalam persahabatannya.

Misalnya saja, kamu tidak bisa menoleransi jika mereka sering banget ketemuan berdua, telponan untuk saling curhat, atau memberi hadiah spesial melebihi dirimu sebagai pasangannya. Dengan begitu tinggal dirinya saja yang memikirkan apakah dia setuju dan bisa menjaga batasan itu selama denganmu atau tidak. 

5. Banyak-banyaklah bertanya tentang persahabatan mereka

5 Kunci Supaya Gak Overthinking saat Doi Punya Sahabat Lawan Jenisilustrasi ngobrol (pexels.com/George Pak)

Kuncinya yang terakhir supaya gak overthinking ialah banyak-banyaklah bertanya tentang persahabatan mereka. Tentang bagaimana mereka bisa dekat, apa saja yang pernah dilakukan bersama, atau hal-hal lucu yang mereka alami.

Melakukan ini memang harus dibarengi dengan pengendalian perasaan yang baik agar tidak cemburu dengan kedekatan mereka yang diceritakan padamu. Tapi sebenarnya semakin kamu tahu bagaimana persahabatan mereka, mestinya semakin tenang dan gak kepikiran kalau memang mereka bersahabat dengan normal.

Menjalin hubungan dengan pasangan yang punya sahabat lawan jenis memang sering bikin overthinking. Tapi sebelum berpikiran negatif, ada baiknya untuk menerapkan lima kunci tadi agar kekhawatiranmu tidak merusak persahabatannya. 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Korban Breadcrumbing Doi, Diberi Harapan Palsu

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya