Comscore Tracker

5 Cara Melihat Tingkat Tanggung Jawab Pasangan, Teliti Sebelum Nikah!

Salah satu kriteria penting dalam memilih pasangan hidup 

Memilih pasangan hidup untuk dinikahi bukanlah suatu hal yang bisa dipilih sembarangan, yang mana ada banyak kriteria yang harus dipertimbangkan sebelum menikah. Salah satunya ialah pasangan yang bertanggung jawab, sebab di dalam pernikahan nanti ada banyak banyak tanggung jawab yang harus dipegang bersama.

Maka dari itu penting banget untuk melihat apakah pasanganmu benar-benar seorang yang bertanggung jawab atau tidak sebelum melangkah ke jenjang pernikahan. Dan berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk bisa melihat tingkat tanggung jawab pasangan, jadi simak baik-baik, ya!

1. Lihat bagaimana dia bekerja

5 Cara Melihat Tingkat Tanggung Jawab Pasangan, Teliti Sebelum Nikah!ilustrasi kerja (pexels.com/ANTONI SHKRABA)

Cara paling mudah untuk melihat tingkat tanggung jawab pasangan ialah dengan melihat bagaimana dia bekerja. Mulai dari bagaimana dia menekuni pekerjaannya, kedisiplinannya, tingkat kerja kerasnya, dan bagaimana dia menyelesaikan setiap pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.

Kalau pada saat pacaran kamu tahu dia sering bolos, melewatkan deadline pekerjaan karena menunda-nunda, ataupun tidur di kantor karena malas,maka itu menandakan kalau dia bukanlah sosok yang bertanggung jawab. Sederhana saja, kalau dia bertanggung jawab atas pekerjaannya maka kemungkinan besar ia juga akan bertanggung jawab atas rumah tangganya kelak ketika menikah.

2. Caranya menyikapi janji yang dibuat

5 Cara Melihat Tingkat Tanggung Jawab Pasangan, Teliti Sebelum Nikah!ilustrasi pasangan (pexels.com/August de Richelieu)

Cara lainnya untuk melihat tingkat tanggung jawab pasangan ialah dari bagaimana ia menyikapi janji yang dibuat. Kamu bisa melihat bagaimana dia menyikapi janji di antara kalian, mulai dari janji kecil yang kelihatannya sepele hingga janji besar yang penting untukmu dan hubungan kalian.

Kalau dia selalu berusaha memenuhi janji yang dia buat sesederhana apa pun itu,bahkan membuat rencana pengganti ketika dia harus membatalkan janji karena sesuatu yang mendesak, maka di situlah tanggung jawabnya terlihat. Ia berusaha memegang setiap kata-katanya dan tidak ingin mengecewakanmu dengan bertanggung jawab atas janjinya.

Baca Juga: 5 Hal yang Bukan Menjadi Tanggung Jawabmu, Gak Usah Memaksakan Diri

3. Bisa atau tidaknya dia diandalkan

5 Cara Melihat Tingkat Tanggung Jawab Pasangan, Teliti Sebelum Nikah!ilustrasi pasangan (pexels.com/Gary Barnes)

Cara ketiga untuk melihat tingkat tanggung jawab pasangan sebelum menikah ialah dengan melihat apakah dia bisa diandalkan atau tidak. Gak perlu suatu hal yang berat dan besar, cukup dengan minta tolong padanya mengerjakan sesuatu atau membantumu saja sebenarnya sudah bisa melihat ini.

Karena kalau dia tipe orang yang bertanggung jawab maka hal apa pun yang ditugaskan padanya pasti akan ia selesaikan, berbanding terbalik dengan yang tidak bertanggung jawab di mana dia akan mencari banyak alasan dan tidak dapat diandalkan.  Hal ini sangat penting untuk diketahui karena di dalam pernikahan nanti ada banyak tugas yang harus ditanggung bersama.

4. Bagaimana dia bertanggung jawab di dalam keluarganya 

5 Cara Melihat Tingkat Tanggung Jawab Pasangan, Teliti Sebelum Nikah!ilustrasi keluarga (pexels.com/RODNAE Productions)

Keempat, mungkin sebagian orang menyadari hal ini yang mana untuk melihat tingkat tanggung jawab pasangan ialah dari bagaimana dia bertanggung jawab di dalam keluarganya. Apalagi kalau pasanganmu adalah anak tunggal atau anak sulung yang biasanya memegang tanggung jawab besar di dalam keluarga.

Apakah dia berjuang untuk menjadi tulang punggung keluarga, merawat orangtuanya, ataukah menjaga adik dan saudaranya dengan baik. Kalau dia lepas tangan atas apa pun yang terjadi di dalam keluarga dan cenderung mementingkan dirinya sendiri, maka kamu harus hati-hati karena bisa jadi dia seperti itu juga pada saat menikah nanti, alias tidak bisa bertanggung jawab.

5. Bisa atau tidaknya dia mengurus diri sendiri

5 Cara Melihat Tingkat Tanggung Jawab Pasangan, Teliti Sebelum Nikah!ilustrasi pria (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Cara terakhir untuk melihat tingkat tanggung jawab pasangan ialah dari bisa atau tidaknya dia mengurus diri sendiri. Bisa dibilang kalau ini adalah tanggung jawab paling dasar yang setidaknya harus dimiliki setiap orang untuk kehidupannya sendiri.

Mulai dari tanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan hidup, merawat dirinya sendiri, menjaga kebersihan tempat tinggal,hingga tanggung jawabnya dalam menyelesaikan urusan pribadinya. Kalau pasanganmu bisa mengurus diri maka itu berarti dia sudah cukup dewasa untuk mengerti tentang tanggung jawab. Karena logikanya, bagaimana dia bisa bertanggung jawab atas rumah tangga kalau untuk dirinya sendiri tidak bisa, kan.

Hidup ini berisi kumpulan tanggung jawab, terutama saat menikah yang mana harus berbagi peran dan tanggung jawab dengan pasangan. Maka dari itu pastikan dirimu menggunakan lima cara tadi  supaya gak salah pilih pasangan hidup, sebab yang bisa bertanggung jawab itu penting!

Baca Juga: 5 Hal Ini Menunjukan Laki-laki Siap Menikah, Tahu Tanggung Jawab!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya