Comscore Tracker

Pahamilah, 5 Alasan Kamu Gak Berhak Memaksa Mantan untuk Balikan

Sebab dia berhak memilih siapa yang ingin dia cintai

Setiap orang pada umumnya pasti memiliki seseorang yang dijuluki mantan di dalam hidupnya, entah itu mantan yang dibenci atau mungkin mantan terindah yang segala tentangnya suka kamu kenang.

Tapi apa pun itu, ada satu hal yang harus kamu pahami dengan baik, bahwa kamu tidak memiliki hak untuk memaksa mantan kekasih untuk kembali padamu. Untuk apa saja alasan mengapa kamu tak berhak melakukan itu, simak lima alasannya di bawah ini ya.

1. Sebab masa lalu tidak selalu baik untuk diulang

Pahamilah, 5 Alasan Kamu Gak Berhak Memaksa Mantan untuk BalikanPexels.com/Martin Pechy

Dalam hidup ini memang tidak ada salahnya jika sesekali kita melihat kembali ke masa lalu untuk introspeksi diri ataupun ingin mengalami kejadian menyenangkan yang terjadi dulu.

Tapi bukan berarti segala yang terjadi di masa lalu baik untuk di ulang kembali, apalagi jika itu soal hubungan. Karena jika sudah masa lalu berarti hubungan itu tidak cukup baik untuk dipertahankan, kan?

2. Dia berhak memilih siapa yang ingin dia cintai

Pahamilah, 5 Alasan Kamu Gak Berhak Memaksa Mantan untuk BalikanPexels.com/Orione Conceicao

Lalu kamu tidak berhak memaksa mantan untuk balikan adalah karena dia memiliki hak untuk memilih siapa orang yang ingin ia cintai. Hidupnya adalah miliknya, dan meskipun kamu dulu pernah menjadi orang yang penting untuknya, bukan berarti kamu punya wewenang untuk mengatur perasaannya.

Baca Juga: 5 Alasan Tak Perlu Memaksa Bertahan Saat Cintanya Sudah Kedaluwarsa

3. Kegagalan hubungan kalian baiknya dijadikan pembelajaran

Pahamilah, 5 Alasan Kamu Gak Berhak Memaksa Mantan untuk BalikanPexels.com/Tirachard Kumtanom

Lalu alasan selanjutnya adalah hubungan yang telah berakhir dan berlalu ada baiknya untuk dijadikan pembelajaran. Meskipun mungkin ada keinginan untuk mengulang itu kembali, mengukir kenangan bersama lagi, melakukan hal-hal seperti dulu, tapi bukan berarti kamu bisa memaksanya. Sebab bisa saja baginya kamu hanya sebatas pelajaran berharga agar bisa mencintai orang lain dengan lebih baik.

4. Bedakan antara cinta tulus dan obsesi

Pahamilah, 5 Alasan Kamu Gak Berhak Memaksa Mantan untuk BalikanPexels.com/Vera Arsic

Kemudian kamu juga harus membedakan antara cinta tulus atau perasaan itu sudah tergolong obsesi. Karena mungkin saja jenis perasaanmu itu sudah tidak lagi sehat dan terobsesi padanya. Sebab cinta yang tulus tidak akan pernah ingin memaksa orang lain untuk balik mencintainya.

5. Dia tidak harus menuruti keinginanmu

Pahamilah, 5 Alasan Kamu Gak Berhak Memaksa Mantan untuk BalikanPexels.com/Vera Arsic

Kemudian yang terakhir adalah dia tidak memiliki keharusan untuk menuruti keinginanmu. Setiap orang mempunyai hak penuh atas dirinya sendiri, apalagi kalau itu soal perasaan. Jadi jangan melewati batas sampai memaksanya dengan berbagai cara untuk mau balikan denganmu. Karena sikap seperti sudah sangat keterlauan egoisnya.

Itulah beberapa alasan mengapa kamu tidak berhak memaksa mantan untuk balikan denganmu, coba dipahami baik-baik, ya.

Baca Juga: Cowok-Cowok, Kemungkinan Besar Mantan Kamu Nggak Mau Balikan karena 10 Hal Ini

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya