Comscore Tracker

5 Cara Tepat Menangani Tipe Pasangan yang Mudah Insecure dan Pesimis 

Supaya hubungan kalian tetap bisa berjalan lancar

Ada banyak macam tipe pasangan, mulai dari yang buat hubungan jadi menyenangkan sampai yang bikin jadi melelahkan. Salah satu tipe pasangan yang bikin hubungan jadi melelahkan ialah pasangan yang mudah insecure dan pesimis. Mempertanyakan banyak hal, mengawasimu setiap hari, atau bahkan merasa bukan sosok penting bagimu.

Nah, sebelum segalanya membuatmu lelah dan stres, kamu perlu menanganinya dengan cara yang tepat seperti beberapa di bawah ini. Simak ya!

1. Terbukalah padanya 

5 Cara Tepat Menangani Tipe Pasangan yang Mudah Insecure dan Pesimis Pexels.com/Lina Kivaka

Kalau pasanganmu adalah tipe yang mudah insecure maka sangat penting bagimu untuk selalu terbuka padanya. Gak perlu sampai ke segala hal di hidup atau keluargamu, namun setidaknya dia tahu hal-hal penting yang kamu alami.

2. Buat dia tahu bahwa dia penting bagimu 

5 Cara Tepat Menangani Tipe Pasangan yang Mudah Insecure dan Pesimis Pexels.com/Ketut Subiyanto

Cara paling efektif dalam menangani pasangan yang mudah insecure dan pesimis ialah membuatnya tahu bahwa dia penting di hidupmu. Bisa dengan memberinya perhatian-perhatian, berkorban untuknya, mengalah demi dia senang, hal-hal kecil seperti itu bisa meminimalisir timbulnya rasa insecure dan dia jadi merasa istimewa.

Baca Juga: 5 Kalimat Ini Ampuh Menenangkan Pasanganmu Saat Alami Kegagalan

3. Bantu dia menangani perasaan insecure itu

5 Cara Tepat Menangani Tipe Pasangan yang Mudah Insecure dan Pesimis Pexels.com/Cottonbro

Cara tepat lainnya yang bisa kamu lakukan ialah membantu dia menangani perasaan insecure di dirinya, dan bicarakan hal itu bersama. Tentang apa yang menyebabkan dia merasa insecure, kenapa dia bisa pesimis, dan bantu dia untuk berdamai dengan semua hal itu.

4. Dengarkan cerita masa lalunya 

5 Cara Tepat Menangani Tipe Pasangan yang Mudah Insecure dan Pesimis Pexels.com/Mentatdgt

Ada banyak sekali yang bisa menjadi penyebab seseorang merasa insecure dan pesimis, dan salah satunya ialah masa lalu. Mungkin pasanganmu punya masa lalu buruk yang membuatnya menjadi seperti itu, jadi dengarkanlah cerita masa lalunya dan terima dia dengan lapang dada. Jadi dia gak insecure bahwa kamu bakal pergi setelah tahu masa lalu buruknya.

5. Jangan pernah berbohong padanya ataupun menyudutkannya 

5 Cara Tepat Menangani Tipe Pasangan yang Mudah Insecure dan Pesimis Pexels.com/Fauxels

Hal paling buruk bagi orang yang insecure adalah ketika dia dibohongi, maka dari itu jangan pernah berbohong padanya ya. Dan juga jangan menyudutkan perasaan tidak percaya diri atau pesimisnya itu karena bisa membuatnya semakin merasa buruk.

Pasangan yang mudah insecure dan pesimis sebenarnya hanya perlu ditangani dengan cara yang tepat agar dia lebih tenang. Jadi bersabarlah menghadapinya dan lakukan beberapa cara di atas tadi ya!

Baca Juga: 5 Alasan Logis Pentingnya Membicarakan Rasa Insecure pada Pasangan

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya