Comscore Tracker

Bukan Putus, Ini 5 Cara Tepat untuk Survive dari Hubungan yang Rusak

Karena putus gak selalu jadi solusi dari rusaknya hubungan

Ketika hubungan yang kita jalani terasa melelahkan dan juga banyak sekali diterpa masalah pasti pernah terpikir untuk mengakhiri hubungan, tapi sebenarnya masih ada cara lain, lho.

Maka dari itu, ada baiknya kamu menyimak beberapa cara tepat untuk survive dari hubungan yang rusak di bawah ini, yuk simak lima di antaranya!

1. Belajar untuk tidak berekspektasi tinggi

Bukan Putus, Ini 5 Cara Tepat untuk Survive dari Hubungan yang RusakPexels.com/Helena Lopes

Cara yang pertama adalah dengan berlajar untuk tidak menaruh harapan atau ekspektasi yang tinggi. Karena bisa saja awal dari permasalahan yang membuat hubungan berantakan ialah karena kamu kecewa dengan hubungan yang tak sesuai ekspektasi.

2. Menjalin hubungan yang lebih terbuka

Bukan Putus, Ini 5 Cara Tepat untuk Survive dari Hubungan yang RusakPexels.com/Jonathan Borba

Ketika kita mencintai seseorang ada satu hal yang tidak dapat dihindari, yaitu perasaan takut untuk membuat pasangan khawatir. Yang pada akhirnya membuatmu jadi terbiasa memendam banyak hal dan hubungan pun rusak.

Nah, untuk survive dari hal itu kamu perlu menjalin hubungan yang lebih terbuka dan jujur baik kepada diri sendiri maupun pada pasangan.

Baca Juga: 5 Sikap yang Perlu Dibatasi Agar Hubunganmu Gak Banyak Drama

3. Menyelesaikan persoalan dengan kepala dingin

Bukan Putus, Ini 5 Cara Tepat untuk Survive dari Hubungan yang RusakPexels.com/Juan Pablo Arenas

Cara lainnya adalah dengan menyelesaikan segala permasalahan dengan kepala dingin. Usahakan untuk tidak membuat keputusan ketika kamu dan pasangan sedang emosi, apalagi sampai minta putus. Karena serusak apa pun suatu hubungan, kalau masih ada keinginan keduanya untuk berjuang pasti masih bisa diperbaiki, kan?

4. Intropeksi diri

Bukan Putus, Ini 5 Cara Tepat untuk Survive dari Hubungan yang RusakPexels.com/Freestocks.org

Intropeksi diri menjadi cara tepat untuk survive yang keempat. Ketika kamu dan pasangan sama-sama lelah dengan hubungan yang rusak atau toxic, ada baiknya kalian istirahat sejenak dan sama-sama intropeksi diri. Apa kekurangan masing-masing, hal yang membuat kondisi hubungan memburuk, dan apa-apa saja yang bisa kalian lakukan untuk bisa mengembalikan sehatnya hubungan seperti awal pacaran.

5. Meluruskan perasaan dan tujuan dalam hubungan

Bukan Putus, Ini 5 Cara Tepat untuk Survive dari Hubungan yang RusakPexels.com/Tirachard Kumtanom

Dan yang terakhir adalah meluruskan perasaan dan juga tujuan dalam hubungan. Cara ini cukup efektif untuk menangani hubungan yang rusak, karena baik kamu dan pasangan akan berpikir kembali tentang tujuan kalian menjalin hubungan dulu. Motivasi dan perasaan cinta yang membuat kalian percaya dan yakin pada satu sama lain.

Itulah tadi beberapa cara tepat yang patut dicoba untuk bisa survive dari hubungan yang rusak.

Baca Juga: 5 Tanda Ini Menunjukkan Hubungan Pertemananmu Sudah Gak Sehat Lagi

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya