Comscore Tracker

5 Langkah Menyembuhkan Luka Diri dari Toxic Relationship dan Survive!

Perlahan langkah-langkah ini akan membuat lukamu sembuh 

Keputusan yang tepat jika kamu memilih keluar dari hubungan toxic, sebab hubungan semestinya berisi cinta bukan malah hal-hal negatif yang toxic. Namun sayangnya toxic relationship kerap kali meninggalkan luka di dalam diri orang-orang yang pernah mengalaminya.

Jadi, bagi kamu yang mungkin bingung bagaimana cara menyembuhkan luka itu dan bisa bangkit kembali simaklah pembahasan berikut ini ya!

1. Sibukkan dirimu dengan hal-hal membahagiakan

5 Langkah Menyembuhkan Luka Diri dari Toxic Relationship dan Survive!Pexels.com/Cottonbro

Melupakan kejadian buruk di masa lalu hanya bisa dilakukan ketika kamu menyibukkan diri dengan hal-hal membahagiakan sehingga tidak punya waktu untuk memikirkan tentang masa lalumu itu. Semakin banyak waktu yang kamu habiskan dalam beraktivitas, semakin banyak pula yang bisa kamu lupakan perihal luka akibat dari toxic relationship di masa lalu.

2. Fokus pada pengembangan dirimu sendiri

5 Langkah Menyembuhkan Luka Diri dari Toxic Relationship dan Survive!Pexels.com/Fauxels

Hidup adalah tentang belajar, maka belajarlah untuk mengubah pengalaman burukmu menjadi sesuatu yang berguna untuk dirimu sendiri. Fokuslah pada perkembangan dirimu sendiri dan malahan kamu bisa lho mengubah pengalaman buruk itu menjadi sebuah karya yang bernilai positif bagi orang lain.

Baca Juga: 5 Hal yang Sering Dikira Cinta Padahal Awal Mula Toxic Relationship!

3. Maafkan atau lepaskan emosi kacau di dalam hatimu agar menjadi lega

5 Langkah Menyembuhkan Luka Diri dari Toxic Relationship dan Survive!Pexels.com/Engin Akyurt

Semua jenis toxic relationship pasti meninggalkan luka, bahkan tak sedikit pula yang sampai merasa trauma dan ogah untuk berhubungan lagi. Nah langkah yang harus kamu lakukan agar luka itu sembuh ialah dengan memaafkan atau melepaskan segala emosi kacau yang ada di dalam hatimu. Baik itu marah, kecewa, sedih, bahkan perasaan takut sekalipun, supaya perasaanmu menjadi lebih lega.

4. Putuskan semua koneksi dan hubungan dengan orang itu, harus tega!

5 Langkah Menyembuhkan Luka Diri dari Toxic Relationship dan Survive!Pexels.com/Cottonbro

Tidak peduli seperti apa toxic relationship yang pernah kamu alami, pasti sangat sulit untuk melupakannya dan move on jika mantanmu masih sering menghubungi. Maka kamu harus bersikap tega dengan memutuskan segala koneksi dan segala hal yang memungkinkannya untuk bisa menghubungimu. Bukan berarti tidak dewasa, tapi kamu punya hak untuk membuat diri sendiri lebih tenang.

5. Yakinlah kamu berhak bahagia dan layak mendapatkan yang terbaik

5 Langkah Menyembuhkan Luka Diri dari Toxic Relationship dan Survive!Pexels.com/Diana Jefimova

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan agar sembuh dari luka akibat toxic relationship ialah dengan benar-benar yakin bahkan kamu berhak bahagia dan mendapatkan yang terbaik. Percayalah bahwa suatu saat akan ada orang yang lebih baik datang padamu dan kamu pun bisa menjalin hubungan yang sehat dengannya. Sebab bahagia dimulai dari harapan, kan?

Jangan pasrah dalam kesedihan jika kamu terluka karena toxic relationship, namun berusahalah menyembuhkannya yang mungkin bisa dengan beberapa langkah tadi. Cobalah pelan-pelan ya!

Baca Juga: 5 Cara Terbebas dari Trauma Toxic Relationship, Dijamin Jitu!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya