Comscore Tracker

Sabar, Ini 5 Cara Menghadapi Pasangan yang Gampang Insecure

Bicarakan pelan-pelan apa yang membuatnya merasa insecure

Insecure adalah keadaan di mana seseorang merasa tidak pantas, kurang percaya diri, dan hal itu mengganggu keadaan mentalnya sehingga cenderung merendahkan diri sendiri. Semua orang bisa insecure, bahkan tak jarang pasanganlah yang mengalaminya.

Jika pasanganmu tipe orang yang gampang banget insecure sebenarnya bakal jadi tantangan tersendiri di dalam hubungan, karena menghadapi seseorang yang insecure itu gak boleh sembarangan. Mesti sabar-sabar dan ada caranya seperti dalam pembahasan di bawah ini.

1. Bantu dia membangun rasa percaya dirinya dan jangan menyalahkan rasa insecure-nya

Sabar, Ini 5 Cara Menghadapi Pasangan yang Gampang InsecureIlustrasi pasangan(pexels.com/Cottonbro)

Kalau pasanganmu tipe yang gampang insecure maka cara pertama menghadapinya ialah dengan membantunya membangun rasa percaya dirinya dan jangan pernah menyalahkan rasa insecure yang ia miliki. Karena dia sendiri sebenarnya juga gak mau merasa insecure, jadi yang benar-benar ia perlukan ialah dukungan dari orang terdekat terutama darimu yang merupakan pasangannya. Sederhana namun sangat berarti baginya.

2. Tanyakan hal-hal yang membuatnya tak percaya diri pelan-pelan 

Sabar, Ini 5 Cara Menghadapi Pasangan yang Gampang InsecureIlustrasi pasangan(pexels.com/Juan Pablo Serrano Arenas)

Lalu caranya yang kedua dalam menghadapi pasangan yang gampang insecure ialah, dengan menanyakannya pelan-pelan tentang apa saja yang membuatnya merasa insecure. Karena dengan mengetahuinya kamu pun jadi tahu bagaimana memberinya support yang tepat, entah itu membantunya mengembangkan diri atau hal lain yang bisa meningkatkan rasa percaya dirinya. Sebab insecure bisa hilang kalau ada usaha, kok.

Baca Juga: Tanpa Disadari, 5 Sikap Sepelemu Ini Justru Bikin Pasangan Insecure

3. Hindari bereaksi secara defensif ketika rasa tak percaya dirinya kambuh 

Sabar, Ini 5 Cara Menghadapi Pasangan yang Gampang InsecureIlustrasi pasangan bertengkar(pexels.com/Vera Arsic)

Perlu diketahui bahwa seseorang yang insecure biasanya bakal sensitif dan mudah terluka hatinya, makanya salah satu cara menghadapinya ialah dengan tidak menanggapi secara defensif. Jangan marah kalau pasanganmu insecure, apalagi kalau sampai menyudutkannya yang membuat hatinya terluka. Hadapi dengan sabar dan terima dia apa adanya, dengan begitu rasa insecure di dalam dirinya juga bisa menghilang perlahan-lahan.

4. Sampaikan cintamu padanya dengan meyakinkan 

Sabar, Ini 5 Cara Menghadapi Pasangan yang Gampang InsecureIlustrasi pasangan(pexels.com/Katerina Holmes)

Ada banyak penyebab kenapa seseorang bisa merasa insecure terhadap dirinya, salah satunya ialah jika sang pasangan kurang ekspresif dalam menunjukkan cintanya. Maka dari itu sampaikanlah cintamu padanya dengan lebih meyakinkan, bisa berupa kata-kata ataupun langsung dengan tindakan nyata. Yang penting ia jadi tahu kalau kamu benar-benar sayang dan menerima dirinya apa adanya.

5. Jangan tuntut atau memaksanya untuk berubah 

Sabar, Ini 5 Cara Menghadapi Pasangan yang Gampang InsecureIlustrasi pasangan(pexels.com/Alex Green)

Hal yang terakhir ini sangatlah penting saat menghadapi pasangan yang gampang insecure, yaitu jangan pernah menuntut ataupun memaksanya untuk berubah. Karena bukannya sembuh dan berkurang, dia malah bisa makin insecure kalau diberi tuntutan serta paksaan yang besar. Yang mana sebagai pasangan mestinya kamu menenangkan dan membantu saat keadaan mentalnya sedang kacau. Bukankah begitu?

Siapa saja bisa insecure, jadi kalau pasanganmu sedang mengalami ini cobalah tenangkan dan hadapi dengan lima cara ini. Beri dia support yang tepat dan bersabarlah hingga rasa percaya dirinya meningkat, ya.

Baca Juga: 5 Hal yang Memicu Lelaki Merasa Insecure dalam Hubungan

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya