Comscore Tracker

5 Penyebab di Balik Sikap Posesif Pasangan, Bikin Dia Insecure!

Ada pemicu yang membuatnya jadi bersikap ketat padamu

Seperti apa pasangan memperlakukanmu dalam hubungan gak selalu didasari oleh sifatnya sendiri, terkadang hal itu dipicu oleh masalah ataupun perbuatanmu terhadapnya yang kemudian membuat sikapnya pun berubah. Misalnya, yang tadinya membebaskanmu berubah menjadi posesif dan cenderung mengekang. 

Gak bisa sepenuhnya menyalahkan pasangan atas sikap posesifnya, karena bisa jadi penyebabnya adalah kesalahanmu yang kemudian membuatnya jadi posesif. Intinya harus intropeksi diri dan cari tahu penyebab sikap posesif pasangan yang beberapa di antaranya bisa dilihat pada pembahasan berikut ini. 

1. Pernah selingkuh

5 Penyebab di Balik Sikap Posesif Pasangan, Bikin Dia Insecure!ilustrasi pasangan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Hal pertama yang jadi penyebab pasanganmu posesif ialah kalau kamu pernah selingkuh darinya. Bisa dibilang kalau ini merupakan perubahan sikap yang wajar terjadi sebagai bentuk kewaspadaan dirinya. 

Kamu gak bisa menyalahkan dia atas sikap posesifnya kalau kamu sendirilah yang membuatnya begitu dengan pernah menduakannya di belakang. Jadi setelah tahu dia pernah dikhianati, dia jadi mengekang karena takut hal itu terulang kembali. 

2. Pernah ketahuan berbohong pergi dengan teman lawan jenis

5 Penyebab di Balik Sikap Posesif Pasangan, Bikin Dia Insecure!ilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/Timur Weber)

Tidak selingkuh tapi kamu pernah berbohong padanya untuk bisa pergi dengan teman lawan jenis. Hal ini juga bisa menjadi penyebab atas sikapnya yang posesif terhadapmu, karena ternyata dia telah memberikan celah padamu untuk bisa berbohong. 

Padahal kalau misalnya minta izin mungkin akan dipertimbangkan olehnya, tapi karena kamunya berbohong dia jadi kecewa dan tak menyangka ternyata dibohongi. Ditambah lagi prasangka buruk yang ada kalau bisa jadi kebohonganmu itu awal dari perselingkuhan, makin posesif dan mengekang dirinya. 

Baca Juga: 5 Hal yang Membuktikan bahwa Gak Selamanya Bersikap Posesif Itu Salah

3. Takut kehilangan karena pergaulanmu luas dan punya banyak teman lawan jenis

5 Penyebab di Balik Sikap Posesif Pasangan, Bikin Dia Insecure!ilustrasi berkumpul (pexels.com/RODNAE Productions)

Posesifnya pasangan juga bisa disebabkan oleh rasa insecure atau kewaspadaan dari dirinya sendiri. Seperti misalnya kalau kamu memiliki pergaulan yang luas dan punya banyak teman lawan jenis, sebagian pasangan bakal cenderung posesif. 

Kenapa? Karena itu berarti kamu bertemu dan kenal dengan berbagai macam orang, belum lagi kalau punya banyak teman lawan jenis yang bisa saja salah satunya menyukaimu. Makanya tanpa sadar pasangan akan bersikap posesif sebagai bentuk berjaga-jaga supaya dirimu tidak direbut orang. 

4. Menurutnya orang-orang di sekitarmu gak baik

5 Penyebab di Balik Sikap Posesif Pasangan, Bikin Dia Insecure!ilustrasi bertengkar (pexels.com/Vera Arsic)

Keempat, pasangan akan bersikap posesif kalau menurutnya orang-orang di sekitarmu itu gak baik. Misalnya kamu berteman dengan orang-orang yang melakukan pergaulan bebas, geng motor yang gak baik, atau orang-orang toxic

Jadi bisa dibilang kalau sikap posesifnya itu bentuk dari kekhawatirannya terhadapmu, dia takut kamu dijahati sehingga tanpa disadari jadi mengekang. Kalau memang seperti ini penyebabnya, kamu bisa ajak bicara baik-baik dan menemukan solusinya jika kurang nyaman dengan sikap posesifnya. 

5. Memiliki trauma ditinggalkan orang tersayang

5 Penyebab di Balik Sikap Posesif Pasangan, Bikin Dia Insecure!ilustrasi pergi (pexels.com/RODNAE Productions)

Terakhir, sikap posesif pasangan dalam hubungan juga bisa disebabkan oleh trauma masa lalunya. Yang mana mungkin dia pernah ditinggalkan oleh orang tersayang, sehingga jadinya takut untuk kehilangan lagi dan membuatnya posesif terhadapmu. 

Bisa jadi ia pernah ditinggalkan orangtua, sahabat yang ia sayangi, atau bahkan pernah ditinggalkan begitu saja oleh mantan pacarnya. Dengan kata lain ketakutan akan kehilangan membuatnya jadi mengekang apa yang ia miliki saat ini, yaitu kamu sebagai pasangannya. 



Kesimpulannya, di balik sikap posesif pasangan pasti ada penyebabnya. Dan kalau kamu tidak nyaman dengan itu tinggal dicari tahu saja penyebabnya apa dan cari titik tengahnya supaya bisa nyaman dalam berhubungan. 

Baca Juga: 6 Cara Menciptakan Kenyamanan di Dalam Hubungan, Stop Posesif!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya