Comscore Tracker

5 Penyebab Gampang Ilfeel saat PDKT, Mungkin Standarmu Ketinggian!

Kamu sebenarnya gak benar-benar mau membuka hati

Pendekatan adalah tahapan yang mesti dijalani untuk menjalin hubungan dengan seseorang. Yang mana pada saat inilah biasanya kita menyeleksi setiap orang yang datang mendekati untuk kemudian memilih seorang yang terbaik untuk dijadikan pasangan. Tapi bagaimana jika pada saat PDKT dirimu terus merasa ilfeel ke setiap gebetan yang datang?

Penyebab ilfeel sebenarnya ada banyak, dan semua orang bisa merasakan hal itu ketika gebetannya ternyata tidak sesuai dengan kriteria. Namun kalau selalu berakhir ilfeel ada baiknya untuk benar-benar paham apa penyebab dan pemicunya, yang lima di antaranya akan kita bahas di bawah ini. Jadi simak baik-baik ya! 

1. Tanpa sadar standarmu sendirilah yang sebenarnya membuatmu gampang ilfeel ke gebetan

5 Penyebab Gampang Ilfeel saat PDKT, Mungkin Standarmu Ketinggian!ilustrasi malas mendengarkan (pexels.com/Cottonbro)

Penyebabnya yang pertama kenapa kamu gampang banget ilfeel saat PDKT ialah bisa jadi karena standarmulah yang terlalu tinggi terhadap kriteria pasangan yang diinginkan. Kamu mungkin tidak menyadarinya, tapi jika kamu sering merasa ilfeel ketika gebetan menunjukkan kekayaan yang tak sesuai ekspektasimu, gaya hidupnya yang jauh dari bayanganmu serta kedudukannya yang tak setinggi pasangan impianmu, maka itu artinya standarmu ketinggian. Sehingga ketika dia tidak sesuai standar maka kamu pun kecewa padanya. 

2. Kamu tidak sepenuhnya mau membuka hati dan menjalani pendekatan

5 Penyebab Gampang Ilfeel saat PDKT, Mungkin Standarmu Ketinggian!ilustrasi menolak (pexels.com/RODNAE Productions)

Banyak orang tidak menyadari ini, bahwa penyebab dari dirinya yang gampang ilfeel saat pendekatan ialah karena dirinya sendiri yang sebenarnya tidak benar-benar membuka hati dan mau menerima orang baru.

Karena kalau kamunya sendiri saja menjalani PDKT dengan setengah hati atau bahkan memaksakan diri, gak heran kalau kamu pun illeel terhadap segala usaha yang dilakukan gebetan untuk mendekatimu. Sebab kamu sendiri gak benar-benar ingin punya pasangan. 

3. Tujuanmu adalah mencari pasangan yang sempurna dan memenuhi semua kriteria yang kamu tetapkan

5 Penyebab Gampang Ilfeel saat PDKT, Mungkin Standarmu Ketinggian!ilustrasi pasangan menatap (pexels.com/Katerina Holmes)

Kalau tujuanmu dalam menjalani pendekatan adalah untuk mencari sosok pasangan yang sempurna dan memenuhi semua kriteriamu maka itulah salah satu penyebab kenapa kamu gampang banget ilfeel.

Kenapa? Karena gak ada satu orang pun di dunia ini yang sempurna, semua orang pasti ada kurangnya dan ada sisi buruknya. Jadi setiap kali kamu menemukan bahwa orang yang mendekatimu tidaklah sempurna maka kamu pun jadinya merasa ilfeel

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Perlu Berlama-lama PDKT ke Gebetan

4. Merasa tinggi dibanding orang-orang yang mendekatimu

5 Penyebab Gampang Ilfeel saat PDKT, Mungkin Standarmu Ketinggian!ilustrasi pasangan (pexels.com/Ron Lach)

Ilfeel juga bisa disebabkan oleh kesombongan, yang mana kamu merasa bahwa dirimu lebih tinggi dibanding orang-orang yang datang mendekatimu sehingga rasa ilfeel itu pun selalu timbul ketika kamu menemukan kekurangan mereka.

Makanya memang sangat disarankan untuk memilih gebetan dan pasangan yang sepadan, supaya tidak ada pihak yang merasa tinggi sendiri dan mendominasi hubungan. Tapi kembali lagi, hal ini adalah hak preferensi masing-masing orang dalam memilih pasangan. 

5. Hatimu telah lama membeku sehingga sulit sekali untuk bisa luluh oleh usaha gebetan dalam mendekatimu

5 Penyebab Gampang Ilfeel saat PDKT, Mungkin Standarmu Ketinggian!ilustrasi pasangan (pexels.com/Polina Zimmerman)

Terakhir, penyebab kenapa kamu gampang banget merasa ilfeel saat PDKT bisa jadi karena hatimu sudah terlalu lama beku. Kamu single dalam waktu lama dan juga membekukan hati akibat pengalaman buruk atau trauma dengan hubungan di masa lalu.

Kalau seperti ini memang jadinya susah untuk luluh ketika tiba-tiba didekati orang lain, bahkan kalau terlalu memaksakan diri untuk meluluhkanmu malah jadinya ilfeel

Itulah tadi lima hal yang bisa menyebabkan dirimu mudah sekali merasa ilfeel ketika menjalani PDKT. Intinya jangan paksakan jika memang kamu tidak suka dan dia memang tidak cocok denganmu, ya. Karena hubungan itu mesti dijalani dengan nyaman. 

Baca Juga: 5 Hal Ini Gak Perlu Kamu Jadikan Topik Obrolan Saat PDKT, Catat!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya