Comscore Tracker

5 Penyebab Kenapa Pasanganmu yang Dulu Terbuka jadi Posesif

Pasti ada sebabnya dia bisa berubah begitu

Salah satu kuncinya hubungan sehat dan baik ya saling membebaskan pasangan, yang mana cukup saling percaya dan gak mengekang kehidupan satu sama lain. Tapi gak dapat dipungkiri juga kalau ada orang yang dulunya sangat mendukung kebebasan pasangannya, tapi malah berubah jadi posesif dan total ngekang.

Kira-kira kenapa ya? Perubahan pasangan pasti ada sebabnya, dan karena itulah pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa penyebab di antaranya. Yuk simak!

1. Kamu pernah ketahuan pergi dengan yang lain di belakangnya

5 Penyebab Kenapa Pasanganmu yang Dulu Terbuka jadi PosesifIlustrasi pasangan(pexels.com/Katerina Holmes)

Pertama, bisa jadi pasanganmu berubah jadi posesif karena kamu pernah ketahuan jalan sama yang lain tanpa sepengetahuannya. Dia yang tadinya gak suka melarang dan tahu kalau kamu butuh kebebasan malah berpikir bahwa caranya salah, dan dia harus menjaga agar hal itu tidak terulang lagi dengan bersikap posesif. Intinya, fia kapok untuk mempercayaimu sepenuhnya lagi seperti dulu.

2. Ada teman dekatnya yang diselingkuhi meskipun gak neko-neko

5 Penyebab Kenapa Pasanganmu yang Dulu Terbuka jadi PosesifIlustrasi bicara(pexels.com/William Fortunato)

Penyebab lainnya kenapa pasangan berubah jadi posesif ialah, jika teman dekatnya diselingkuhi meskipun gak neko-neko dan baik sebagai pasangan, apalagi kalau dia yang menyaksikan perselingkuhan tersebut. Hal seperti itu bisa menjadi trauma tersendiri untuknya, lho. Karena kalau sahabat dilukai tentu kita juga akan merasakan sakitnya, dan itu membuatnya jadi berubah dan tidak ingin mengalami hal yang sama.

3. Kamu pernah ketahuan bohong ke dia untuk pergi dengan teman lawan jenis

5 Penyebab Kenapa Pasanganmu yang Dulu Terbuka jadi PosesifIlustrasi pasangan(pexels.com/Polina Zimmerman)

Memiliki teman atau kenalan lawan jenis tentu tidak apa-apa, tapi kalau sampai membohongi pacar untuk bisa pergi dengan teman lawan jenismu maka bisa dibilang kalau itu adalah kesalahan besar. Karena ketika kamu ketahuan, dia yang tadinya gak pernah melarang dan memberi kebebasan bisa berubah posesif. Dan kamu gak bisa menghindari hal itu karena penyebabnya ada di kebohonganmu.

Baca Juga: 5 Tanda Hubunganmu makin Posesif yang Sering Gak Kamu Sadari

4. Rasa takutnya kehilangan kamu di luar kendali

5 Penyebab Kenapa Pasanganmu yang Dulu Terbuka jadi PosesifIlustrasi pasangan(pexels.com/Ba Tik)

Merasa takut kehilangan pasangan yang kita cintai itu suatu hal yang wajar, semua orang pasti memilikinya saat menjalin relationship. Tapi bukan berarti sampai berlebihan dan tak terkontrol yang membuat pasangan berubah jadi posesif. Tapi tenang saja, kalau pasanganmu seperti ini maka kamu bisa menenangkannya, meyakinkan dia pelan-pelan kalau dia gak perlu sampai posesif untuk mempertahankanmu. Sebab tanpa diposesifin kamu juga gak bakal ninggalin dia, kok.

5. Sebenarnya diam-diam dia selingkuh, jadi takut banget kalau kamu juga menyelingkuhinya

5 Penyebab Kenapa Pasanganmu yang Dulu Terbuka jadi PosesifIlustrasi kencan(pexels.com/Cottonbro)

Yang terakhir ini bisa dibilang penyebab paling menyakitkan dan aneh, yaitu dia berubah posesif karena dia sendiri selingkuh dan takut diselingkuhi balik. Jadi dia berubah posesif itu atas dasar rasa takut. Di satu sisi hal ini sangatlah menyakitkan, tapi di sisi lain malah aneh. Dia selingkuh senang-senang dengan yang lain tapi malah takut mendapat pembalasan dengan mengekang pasangan. Kalau pasanganmu seperti ini, sangat disarankan untuk bersikap tegas dan putus saja. Soalnya dia tak punya hati dan hubungan kalian pun sudah tidak sehat lagi.

Intinya, apapun alasannya posesif tetaplah bukan cara yang tepat untuk menjaga dan mempertahankan pasangan, ya. Bangunlah hubungan dengan sehat dan rasa percaya pada satu sama lain, gak perlu sampai posesif segala.

Baca Juga: 5 Tanda Nyata kalau Pasanganmu Sangat Posesif, Bukan Benaran Cinta!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya