Comscore Tracker

5 Perbuatan yang Sebenarnya Melukai Hati Pasangan, Stop Anggap Enteng!

Sikapmu tidak menghargainya sebagai pasangan

Setiap orang punya tingkat sensitivitas perasaan yang berbeda-beda, begitu pula dengan pasanganmu. Ada yang mudah tersakiti hatinya Tapi ada juga yang berhati baja dan tak mudah merasa sakit hati, bukan soal baper atau tidaknya tapi memang seperti itulah perasaan seseorang. 

Maka dari itu ketika menjalin hubungan kamu harus hati-hati dalam menjaga perasaannya, karena luka hati bisa saja berasal dari hal yang kamu lakukan tanpa sengaja atau yang dianggap sepele. Beberapa contohnya seperti pada lima poin di bawah ini. 

Baca Juga: 6 Perbuatan yang Menjauhkanmu dari Kebahagiaan Hidup, Hati-hati! 

1. Mengabaikan saran dan nasehatnya

5 Perbuatan yang Sebenarnya Melukai Hati Pasangan, Stop Anggap Enteng!ilustrasi pasangan cuek (pexels.com/Cottonbro)

Perbuatan pertama yang sebenarnya melukai hati pasangan ialah kalau kamu sengaja mengabaikan saran atau nasihat pasangan. Entah karena malas mendengarkan nasihatnya atau merasa dia mengguruimu, tapi mengabaikannya adalah tindakan yang buruk. 

Pasangan memberi saran dan nasihat atas dasar cintanya padamu, bahwa dia peduli dan khawatir padamu. Sehingga rasanya pasti sakit sekali kalau orang yang disayang malah gak mau mendengarkan dan malah acuh pada perhatiannya itu. 

2. Menyembunyikan masalah darinya tapi malah curhat ke teman

5 Perbuatan yang Sebenarnya Melukai Hati Pasangan, Stop Anggap Enteng!ilustrasi berbisik (pexels.com/Keira Burton)

Perbuatan lainnya yang juga melukai hati pasangan ialah kalau kamu suka menyembunyikan masalah darinya. Pura-pura baik-baik saja dan berlagak hidupmu berjalan dengan lancar tanpa pernah ada masalah. 

Kamu mungkin melakukannya karena takut dia khawatir atau tidak mau menambah beban pikirannya. Tapi percayalah bahwa ia justru terluka ketika kamu menyembunyikan masalah darinya tapi malah curhat ke teman. 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Memiliki Self Harm, Dorongan untuk Melukai Diri

3. Lebih mengutamakan teman lawan jenis daripada dirinya

5 Perbuatan yang Sebenarnya Melukai Hati Pasangan, Stop Anggap Enteng!ilustrasi teman (pexels.com/William Fortunato)

Perbuatan ketiga yang juga melukai hati pasangan ialah jika kamu lebih mengutamakan teman lawan jenis dibanding dirinya. Lebih memprioritaskan teman saja rasanya sudah bikin sakit hati, apalagi kalau yang kamu utamakan adalah teman lawan jenis. 

Di mana dia merasa tidak cukup berharga di matamu dibandingkan teman, belum lagi kecemburuan ketika ada lawan jenis lain yang lebih kamu prioritaskan. Perbuatan ini mungkin kelihatannya sepele, tapi menjadi cukup fatal ketika kamu terikat dalam hubungan. Mending gak usah pacaran kalau gak tau batasan dalam memprioritaskan teman. 

4. Hilang kabar berhari-hari karena sibuk

5 Perbuatan yang Sebenarnya Melukai Hati Pasangan, Stop Anggap Enteng!ilustrasi kerja (pexels.com/Mikhail Nilov)

Hilang kabar dalam waktu lama bahkan sampai berhari-hari juga termasuk perbuatan yang melukai hati pasangan, lho. Yang mana sangat disayangkan hal ini menjadi suatu hal yang dianggap wajar ketika menjalin hubungan di usia dewasa. 

Kesibukan yang padat dan banyak hal tak terduga yang mungkin terjadi bikin jadi tidak punya waktu untuk menghubungi pasangan. Mungkin ada sebagian orang yang paham dan tidak sakit hati, tapi tidak semua orang bisa seperti itu, yang mana menghilang tanpa kabar seperti ini malah melukai hatinya karena sosoknya dilupakan begitu saja. 

5. Membercandai kekurangannya di depan teman

5 Perbuatan yang Sebenarnya Melukai Hati Pasangan, Stop Anggap Enteng!ilustrasi teman (pexels.com/Mikhail Nilov)

Di situasi tertentu mungkin pasanganmu tertawa akan kekurangan yang dia dimiliki, tapi lain cerita kalau kamu menjadikan hal itu sebagai bahan candaan. Parahnya lagi kalau kamu membercandai kekurangan dirinya di depan teman. 

Kamu tertawa, teman-temanmu juga, tapi di dalam hatinya dia pasti kerasa tersinggung dengan perlakuanmu meskipun mungkin tak menunjukkannya. Ada batasan dalam bercanda, dan kekurangan pada diri pasangan adalah salah satu yang tak boleh dijadikan bahan tertawaan. 

Stop menganggap enteng perlakuan seperti pada lima poin tadi. Bukan dia baper atau kekanakan, tapi sikapmu yang tak menghargainya itu jelas melukai hatinya. 

Baca Juga: 5 Sebab Orangtua yang Terluka Bisa Melukai Anak, Sudah Tahu? 

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya