Comscore Tracker

5 Poin Penting saat Hadapi Pasangan dengan Trust Issue, Intinya Jujur!

Jaga perkataan dan sikapmu agar selaras

Trust issue bukan istilah yang baru lagi untuk kita dengar. Istilah tersebut merupakan kondisi dimana seseorang mengalami memiliki krisis kepercayaan pada orang lain. Biasanya karena pengalaman buruk yang membuatnya kecewa teramat dalam, entah itu dibohongi atau dikhianati hingga akhirnya sulit untuk percaya lagi. 

Lalu bagaimana jika pasangan memiliki trust issue? Di satu sisi sulit membuatnya yakin dan mungkin akan membuatmu lelah, tapi di sisi lain jika memang benar mencintainya, ada kok cara untuk menghadapi pasangan dengan trust issue. Cukup lakukan lima poin penting ini saja supaya dia percaya dan tenang. 

1. Terbukalah tentang dirimu dan hidupmu

5 Poin Penting saat Hadapi Pasangan dengan Trust Issue, Intinya Jujur!ilustrasi ngobrol (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Menghadapi pasangan dengan trust issue sebenarnya tidak sulit. Kamu hanya harus terbuka padanya. Terbuka tentang dirimu sendiri dan juga tentang baik buruknya hidupmu. 

Apapun tanggapan dia setelah kamu terbuka padanya itu urusan belakangan, karena yang sangat dibutuhkan oleh orang yang memiliki trust issue hanyalah keterbukaan. Dia bisa menoleransi fakta tentang dirimu asalkan kamu tidak menutupi apapun darinya. 

2. Tepati janjimu sekecil apapun itu

5 Poin Penting saat Hadapi Pasangan dengan Trust Issue, Intinya Jujur!ilustrasi pasangan (pexels.com/Budgeron Bach)

Menepati janji adalah kewajiban ketika pasanganmu memiliki trust issue. Mau itu janji di momen-momen tertentu, janji jangka panjang, hingga janji kecil yang terkesan sepele pun baiknya selalu ditepati. 

Karena bagi seorang yang sulit percaya pada orang lain, jika janji kecil saja tak bisa kamu tepati maka bagaimana dia bisa percaya padamu untuk janji yang lain? Makanya pastikan kamu hanya menjanjikan hal yang bisa kamu tepati, ya. 

Baca Juga: 5 Tips Membicarakan Mimpi tanpa Bikin Pasangan Insecure

3. Jaga perkataan dan sikapmu agar selaras

5 Poin Penting saat Hadapi Pasangan dengan Trust Issue, Intinya Jujur!ilustrasi pasangan (pexels.com/August de Richelieu)

Poin penting lainnya dalam menghadapi pasangan yang trust issue ialah jaga keselarasan antara perkataan dan sikapmu. Intinya jangan mengada-ada atau omong besar kepadanya, karena yang dia butuhkan hanyalah bukti kalau kamu bisa dipercaya. 

Jika perkataan dan sikapmu berbeda, akan sulit untuk dia bisa percaya padamu. Sehingga dia jadi sering mempertanyakan kebenaran kata-katamu, curiga, atau bahkan kelihatan tidak peduli mau kamu melakukan apapun karena pada dasarnya dia tidak percaya padamu. 

4. Mengakui dan minta maaf saat berbuat salah, intinya jangan banyak alasan

5 Poin Penting saat Hadapi Pasangan dengan Trust Issue, Intinya Jujur!ilustrasi pasangan memohon (pexels.com/Vera Arsic)

Poin penting lainnya saat menghadapi pasangan dengan trust issue ialah kesadaran diri. Kesadaran untuk mengakui setiap perbuatan dan kesalahan yang dilakukan, tanpa banyak alasan untuk menutupinya. 

Orang yang memiliki trust issue biasanya karena dulunya terlalu sering dibohongi dan dimanipulasi, sehingga semakin banyak kamu memberi alasan maka semakin dia tidak percaya. Makanya lebih bagus sadar diri saja dan minta maaf, dengan begitu dia masih bisa menoleransinya. 

5. Menjaga kepercayaannya dengan sikap nyata

5 Poin Penting saat Hadapi Pasangan dengan Trust Issue, Intinya Jujur!ilustrasi pasangan kerja (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Sebenarnya poin terpenting saat menghadapi pasangan yang memiliki trust issue itu ialah cukup jaga perasaannya dengan sikap nyata. Maksudnya sikap nyata, kamu membuktikan bahwa dirimu layak dia percaya karena gak pernah macam-macam di belakangnya. 

Misalnya seperti menjaga batasan dengan lawan jenis lain, tidak pergi-pergi tanpa memberitahunya, selalu menepati hal yang dikatakan. Sikap nyata seperti itu sangat menenangkan hati orang yang memiliki trust issue, dimana timbul keyakinan bahwa kamu orang yang tepat untuk dipercaya. 

Gak ribet dan banyak drama, cukup lakukan lima poin tadi untuk menghadapi pasangan yang trust issue. Intinya tunjukkan kalau kamu layak dia percaya dan jujur apa adanya. 

Baca Juga: 5 Alasan Seseorang Memilih untuk Tak Memiliki Pasangan, Lebih Bebas?

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya