Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Persamaan Prinsip Hidup Sangat Penting saat Menikah

Agar tujuan pun akan searah #IDNTimesLife

Menikah itu bukan hanya tentang kesiapan dan saling mencintai saja, akan tetapi mestinya juga didasari dengan prinsip hidup yang sama. Mungkin belum banyak orang yang menyadari ini, bahwa memiliki prinsip hidup yang sama dengan pasangan sangatlah penting saat menikah.

Banyak pengaruh dan manfaat positifnya ketika menjalani kehidupan rumah tangga bersama nantinya. Lima contoh di antaranya seperti yang ada pada pembahasan di bawah ini. 

1. Supaya lebih mudah dalam berkompromi 

5 Alasan Kenapa Persamaan Prinsip Hidup Sangat Penting saat MenikahIlustrasi bicara(pexels.com/Fauxels)

Alasannya yang pertama kenapa sangat penting untuk memiliki persamaan prinsip hidup saat menikah ialah, agar ketika menjalani hidup dengannya kalian bisa lebih mudah dalam berkompromi. Karena ada banyak sekali hal di dalam pernikahan yang membutuhkan kompromi bersama. Jadi kalau prinsip hidupnya saja sudah sama tentunya gak bakal susah lagi untuk menyamakan pikiran, kan.

2. Penyelesaian masalah jadi gak ribet kalau prinsip hidupnya sejalan 

5 Alasan Kenapa Persamaan Prinsip Hidup Sangat Penting saat MenikahIlustrasi pasangan(pexels.com/Monstera)

Prinsip hidup itu jarang sekali diperhatikan, tapi sebenarnya penting dan berdampak besar dalam pernikahan. Yang mana penyelesaian masalah di dalam kehidupan rumah tangga jadi gak ribet kalau prinsip hidupnya sejalan. Semua masalah bisa ditangani bersama dan selesai dengan cepat. Gak perlu sampai cek-cok ataupun ribut yang berlarut-larut.

Baca Juga: 5 Tanda Hubungan Bakal Langgeng sampai Pernikahan

3. Lebih mudah menyelaraskan tujuan karena punya prinsip hidup yang sama 

5 Alasan Kenapa Persamaan Prinsip Hidup Sangat Penting saat MenikahIlustrasi pasangan(pexels.com/Ketut Subiyanto)

Ketika prinsip hidupmu dan pasangan sama, maka akan lebih mudah untuk saling menyelaraskan tujuan hidup satu sama lain juga. Kalau menikah tapi berbeda tujuan dengan pasangan kan kacau, semuanya jadi ribet dan bisa memancing perceraian. Karena pada dasarnya salah satu niat kita untuk menikah adalah untuk memiliki seorang peneman yang mau diajak ke arah yang sama, kan.

4. Memahami pribadi satu sama lain dengan lebih baik 

5 Alasan Kenapa Persamaan Prinsip Hidup Sangat Penting saat MenikahIlustrasi pasangan(pexels.com/William Fortunato)

Ada banyak sekali manfaat dari persamaan prinsip hidup dengan pasangan saat menikah, salah satunya ialah kamu dan dia jadi bisa saling memahami dengan lebih mendalam. Seperti bagaimana cara masing-masing dalam menyelesaikan masalah, menghadapi krisis, atau bahkan caranya survive dan menjalani hidup dengan baik. Karena semua hal itu didasari oleh prinsip hidup yang dipegang setiap individu.

5. Bisa jadi support system untuk satu sama lain

5 Alasan Kenapa Persamaan Prinsip Hidup Sangat Penting saat MenikahIlustrasi bicara(pexels.com/Mikhail Nilov)

Lalu alasannya yang terakhir ialah, persamaan prinsip hidup dengan pasangan saat menikah itu penting karena kamu dan dia nantinya bisa menjadi support system untuk satu sama lain. Karena kalian saling paham tentang bagaimana pribadi satu sama lain dari prinsip yang dipegang. Sehingga bukan suatu hal yang sulit untuk membantu pasangan bangkit dari keterpurukan atau perasaan down.

Intinya, kalau mau menikah jangan hanya mikirin kemapanan dan cinta saja. Tapi pikirkan juga tentang persamaan prinsip hidup yang kamu miliki dengan pasangan karena hal itu sebenarnya sangat penting. 

Baca Juga: 5 Alasan Pernikahan Membutuhkan Kematangan Mental dan Emosi

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya