Comscore Tracker

Sadarlah! 5 Tanda Kamu Sudah Ketergantungan pada Pasangan

Lama-lama hubungan jadi toxic karena ketergantunganmu

Memiliki seseorang yang bisa diandalkan saat menjalin hubungan tentu hal yang menyenangkan, kamu patut bersyukur atas hal itu. Dan punya keinginan untuk bisa menjadi sandaran untuk orang yang kita cintai memang sudah hal yang wajar, akan tetapi jangan sampai hal itu malah membuatmu jadi terbuai dan bergantung penuh padanya.

Berikut ini adalah lima tandanya kalau kamu sudah ketergantungan pada pasangan, yuk simak!

1. Kamu gak mau ke mana-mana tanpa dia

Sadarlah! 5 Tanda Kamu Sudah Ketergantungan pada PasanganPexels.com/Taryn Elliott

Tanda pertama yang menggambarkan bahwa kamu sudah ketergantungan dengan pasangan adalah ketika kamu tidak mau ke mana-mana tanpa dia. Ke mana pun harus bersamanya, dan meskipun dia mungkin juga tak keberatan dengan hal itu namun bukankah mestinya kamu bisa mandiri dalam beberapa urusan? Tidak melulu harus ditemani pasangan, kan.

2. Dia memenuhi sebagian besar kebutuhanmu

Sadarlah! 5 Tanda Kamu Sudah Ketergantungan pada PasanganPexels.com/Gui Vergouwen

Lalu seperti sudah kewajiban, dalam hubungan kalian dia justru memenuhi sebagian besar kebutuhanmu. Padahal gak ada keharusan semacam itu ketika masih pacaran, berbeda jika sudah menikah yang memang hidup bersama dan harus saling mengandalkan. 

Baca Juga: 5 Bedanya Setia vs Ketergantungan yang Sering Gak Disadari Pasangan

3. Kebahagiaanmu ada padanya

Sadarlah! 5 Tanda Kamu Sudah Ketergantungan pada PasanganPexels.com/Cottonbro

Tanda lainnya yang menunjukkan bahwa kamu sudah ketergantungan dengan pasangan ialah ketika kebahagiaanmu ada pada kehadirannya. Jika tidak bersamanya kamu justru bad mood, atau bahkan merasa hampa jika dia jauh dari sisimu. Sadarlah! Cinta yang sebenarnya seharusnya tidak melemahkanmu seperti itu. Harus ada yang diperbaiki dari ketergantunganmu itu. 

4. Tidak bisa mengurus diri dengan baik tanpa kendalinya

Sadarlah! 5 Tanda Kamu Sudah Ketergantungan pada PasanganPexels.com/Andrea Piacquadio

Kemudian kamu benar-benar sudah bergantung dengan pasangan jika sampai tidak bisa mengurus diri jika tidak di bawah kendalinya, seperti harus disuruh makan atau mandi dulu olehnya baru bisa mengurus diri dengan teratur. Selain ketergantungan, kamu juga childish sekaligus manja kalau ada di tahap ini.

5. Selalu mengandalkannya perihal apapun

Sadarlah! 5 Tanda Kamu Sudah Ketergantungan pada PasanganPexels.com/Anthony Shkraba

Terakhir, kamu sangat ketergantungan pada pasangan jika selalu mengandalkannya perihal apapun. Dan di lain sisi, pasanganmu justru pihak yang bucin alias budak cinta karena mau-mau saja melayanimu seperti itu. Bukankah lama-lama hubungan malah jadi tidak sehat?

Hubungan yang sehat mestinya tidak membuatmu jadi ketergantungan, jadi jika ada dari lima tanda di atas ini di dirimu atau pasangan segeralah introspeksi diri dan perbaiki hubungan kalian ya.

Baca Juga: Jangan Ragu Tegur Pasangan jika 5 Sikap Buruk Ini Masih Terus Diulangi

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya