Comscore Tracker

5 Risikonya Kalau Kamu Tetap Kukuh Mempertahankan Teman yang Munafik

Kamu bahkan gak bisa benar-benar percaya padanya 

Menjalin pertemanan memang baiknya didasari oleh niat tulus dan mau menerima pribadi temanmu. Akan tetapi kamu juga gak boleh asal berteman saja, apalagi kalau sampai kukuh berteman dekat dengan seseorang yang tidak baik. Misalnya seperti teman yang suka berbohong dan kamu sudah tahu kalau dia munafik.

Namun, kalau kamu tetap kukuh juga untuk mempertahankan pertemanan dengan orang yang munafik tentu juga harus siap menghadapi risikonya. Lima risiko di antaranya pun ada dalam pembahasan berikut ini, simak ya!

1. Kamu gak tenang saat mempercayakan sesuatu padanya 

5 Risikonya Kalau Kamu Tetap Kukuh Mempertahankan Teman yang MunafikPexels.com/August De Richelieu

Risikonya kalau kamu berteman dengan seseorang yang munafik tentu saja kamu gak bakal tenang saat mempercayakan sesuatu padanya. Karena pada dasarnya kamu sudah tahu kalau dia munafik, memang tidak ada salahnya jika kamu mencoba memberinya kesempatan, namun jangan terkejut kalau dia bisa saja mengecewakanmu ya.

2. Hubungan pertemananmu gak berjalan dengan nyaman 

5 Risikonya Kalau Kamu Tetap Kukuh Mempertahankan Teman yang MunafikPexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Risiko lainnya kalau kamu kukuh untuk tetap berteman dengan seorang yang munafik ialah hubungan pertemananmu itu tidak akan berjalan dengan nyaman. Selalu ada perasaan was-was pada setiap kata-kata dan sikapnya, tidak nyaman karena kamu tidak ingin menjadi korban kemunafikannya.

Baca Juga: Gak Harus Emosi! Ini 5 Cara Hadapi Teman yang Munafik dan Sok Baik

3. Kamu tidak tahu mana perkataannya yang benar dan salah 

5 Risikonya Kalau Kamu Tetap Kukuh Mempertahankan Teman yang MunafikPexels.com/Andrea Piacquadio

Pada dasarnya baik ucapan maupun tindakan dari orang munafik tidak bisa benar-benar dipercaya meski mungkin dia mencoba jujur. Dan itulah yang menjadi risiko lainnya kalau kamu bertahan untuk berteman dekat dengannya, kamu tidak tahu mana perkataannya yang benar-benar jujur atau sebuah kebohongan.

4. Janjinya seringkali diingkari 

5 Risikonya Kalau Kamu Tetap Kukuh Mempertahankan Teman yang MunafikPexels.com/August De Richelieu

Jika sudah tahu kalau temanmu seorang munafik dan tetap berteman dengannya, maka jangan banyak berharap pada janji yang dia buat. Sebab bukan hal yang mengejutkan kalau ia mengingkarinya, pun sudah menjadi bagian dari risiko terhadap kamu yang keras kepala tetap berteman dengannya.

5. Meninggalkanmu sendiri ketika kesulitan 

5 Risikonya Kalau Kamu Tetap Kukuh Mempertahankan Teman yang MunafikPexels.com/Sofia Garza

Jika kamu ingin memiliki teman yang setia dan tetap ada untukmu di kala susah, maka jangan berteman dengan orang munafik. Karena risiko dari berteman dengan orang munafik tentu bakal ditinggal ketika kamu kesulitan. Di mulut saja dia bilang akan membantumu, tapi kenyataannya pasti tidak seperti itu.

Berteman tanpa memandang kekurangan tentu bagus, tapi kalau kekurangannya adalah sifat munafik maka lebih baik menjaga jarak saja. Karena kalau tetap kukuh maka siap-siap saja menghadapi lima risiko tadi.

Baca Juga: 5 Sikap Standar Ganda yang Umum Terjadi, Jangan Jadi Orang Munafik!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya