Comscore Tracker

Tiba-tiba Menjauh, 5 Keadaan Sulit Ini Mungkin Sedang Dialami Temanmu

Kamulah yang harus peka terhadap kondisinya

Dalam pertemanan tentunya tidak harus terus menerus bersama setiap hari, ada kalanya harus berjarak sementara, ada juga masa di mana teman membutuhkan waktu sendiri. Namun terlepas dari itu kamu pun juga harus peka kalau ada yang tidak beres dengan temanmu yang tiba-tiba menjauh, dan seolah memberi jarak yang lain dari biasanya.

Karena tak menutup kemungkinan kalau bisa saja dirinya yang menjauh disebabkan oleh keadaan sulit yang sedang dialaminya. Dan beberapa keadaan sulit yang mungkin dialami temanmu ada dalam pembahasan di bawah ini, simak baik-baik ya!

1. Mungkin ia sedang mengalami kegagalan besar terkait mimpinya

Tiba-tiba Menjauh, 5 Keadaan Sulit Ini Mungkin Sedang Dialami TemanmuPexels.com/Andrea Piacquadio

Pertama, temanmu tiba-tiba menjauh mungkin karena sedang mengalami kegagalan terkait mimpinya. Kegagalan memang biasa terjadi pada hidup setiap orang, namun dalam dan dampak dari kegagalan pada diri seseorang tentu berbeda-beda, kan. Dan mungkin kegagalan itu berdampak besar pada hidupnya, makanya dalam masa sulit itu ia menjauh dari teman-teman.

2. Ada keadaan fisik yang membuatnya malu jika kamu mengetahuinya

Tiba-tiba Menjauh, 5 Keadaan Sulit Ini Mungkin Sedang Dialami TemanmuPexels.com/Alex Green

Keadaan sulit lainnya yang juga mungkin membuat temanmu tiba-tiba menjauh ialah, kondisi fisiknya yang sedang tidak baik dan malu jika sampai diketahui olehmu. Entah itu menyangkut penyakit yang diam-diam dideritanya, cacat, atau kondisi lainnya yang membuat ia lebih memilih mengurung diri dan tak ingin orang lain tahu. Jika temanmu seperti ini maka jangan memaksakan dia untuk terbuka, namun cukup yakinkan bahwa kamu akan menerimanya apa adanya dan tetap berteman. 

Baca Juga: Hati-hati, 7 Perilaku Ini Bikin Temanmu Jadi Menjauh

3. Kondisi keluarganya sedang tidak baik

Tiba-tiba Menjauh, 5 Keadaan Sulit Ini Mungkin Sedang Dialami TemanmuPexels.com/Cottonbro

Kondisi keluarga yang sedang tidak baik juga bisa menjadi hal yang membuat temanmu tiba-tiba menjauh. Entah itu menyangkut pada kondisi keuangan, perceraian, konflik besar keluarga, atau hal-hal buruk lainnya yang mungkin menjadi aib baginya. Karena tanpa sadar baik dan buruknya kondisi keluarga merupakan hal yang sangat mempengaruhi rasa percaya diri seseorang, bahkan dalam pertemanan sekalipun.

4. Mentalnya sedang terguncang dan berada di titik terendah

Tiba-tiba Menjauh, 5 Keadaan Sulit Ini Mungkin Sedang Dialami TemanmuPexels.com/Andrea Piacquadio

Kamu memang tidak perlu tahu segala masalah pribadi teman, namun jika dia tiba-tiba menjauh dan membuat jarak tak wajar maka kamu pun harus peka, bahwa jangan-jangan ia sedang berada dalam kondisi mental yang buruk. Karena seperti yang kita tahu kalau ada banyak hal yang dapat mengguncang mental seseorang, kan. Bahkan bisa saja dia sedang berada di titik terendah dalam mentalnya.

5. Dia sedang berkabung atau mengalami patah hati yang mendalam

Tiba-tiba Menjauh, 5 Keadaan Sulit Ini Mungkin Sedang Dialami TemanmuPexels.com/Polina Zimmerman

Dan keadaan sulit terakhir yang juga mungkin menjadi penyebab temanmu tiba-tiba menjauh ialah, mungkin dia sedang berkabung atau mengalami patah hati yang mendalam. Bisa jadi ia putus hubungan dengan pasangan yang teramat dicintai, atau bahkan baru berkabung karena kehilangan keluarga atau orang terdekatnya. Hal ini tentu tak main-main, dan setiap orang pasti memerlukan waktu sendiri untuk bisa memulihkan hati yang terluka.

Temanmu mungkin tidak mengatakannya, namun dirimulah yang harus peka karena mungkin saja dia menjauh disebabkan oleh keadaan sulit yang sedang dialaminya. Jadi jika kamu bisa membantu maka bantulah dia, ya!

Baca Juga: Bukan Menjauh, Lakukan 6 Hal Ini saat Kurang Sreg dengan Teman Pacarmu

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya