Comscore Tracker

Bukannya Baik, 5 Tipe Teman Ini Justru Meracuni Kesehatan Mentalmu

Karena ada sosok teman yang justru berdampak buruk untukmu

Berteman dan hubungan sosial dengan siapa saja memang baik, tapi tetap saja kamu juga harus pintar-pintar memilih teman dekat. Sebab ada teman yang baik bagimu namun ada juga yang berdampak sebaliknya, seperti beberapa tipe teman yang justru bakal meracuni kesehatan mentalmu yang akan kita bahas di bawah ini. Yuk, simak lima di antaranya.

1. Teman yang suka menggiring opini atau menghasutmu

Bukannya Baik, 5 Tipe Teman Ini Justru Meracuni Kesehatan MentalmuPexels.com/Fauxels

Tipe teman yang beracun adalah dia yang suka menggiring opini atau menghasutmu. Ada berbagai macam cara yang ia lakukan demi bisa mempengaruhi pikiran orang lain, dan seringnya hal ini malah berdampak ke arah negatif seperti mempengaruhi orang lain untuk membenci seseorang, misalnya.

2. Selalu ingin dianggap penting

Bukannya Baik, 5 Tipe Teman Ini Justru Meracuni Kesehatan MentalmuPexels.com/Fauxels

Lalu tipe teman berikutnya yang dapat meracuni kesehatan mentalmu ialah dia yang selalu ingin dianggap penting. Orang-orang seperti ini biasanya juga suka menang sendiri, yang mana dirinya suka menjadi pusat perhatian dan membuat orang di sekitarnya menurutinya.

Bersamanya tidak baik untuk mentalmu karena dia tidak akan menganggap kamu penting kecuali dirinya sendiri, dan dia tidak tulus padamu.

Baca Juga: 7 Manfaat Baik untuk Kesehatan Mental dari Menonton Bioskop Sendirian

3. Mengkritik segala hal yang ada di dirimu

Bukannya Baik, 5 Tipe Teman Ini Justru Meracuni Kesehatan MentalmuPexels.com/Fauxels

Pepatah mengatakan kalau orang yang tidak bisa menerima kritik berarti tidak bisa berkembang, mendapat kritik itu memang perlu agar kita bisa berkaca terhadap diri sendiri dan berubah jadi lebih baik.

Tapi yang jelas jika temanmu mengkritik semua yang ada di dirimu, itu sama sekali tidak bisa diartikan positif. Kritik yang dia lakukan tidak bermaksud baik melainkan dapat berdampak buruk pada menurunnya rasa percaya dirimu.

4. Suka mengeluh

Bukannya Baik, 5 Tipe Teman Ini Justru Meracuni Kesehatan MentalmuPexels.com/Nappy

Kamu pasti pernah mendengar istilah yang satu ini, bahwa jika kamu berteman dengan penjual parfum maka kamu akan terkena wanginya, artinya adalah teman dapat menjadi cerminan dirimu dan dapat mempengaruhimu juga.

Maka dari itu teman yang sering mengeluh dapat meracuni mentalmu. Kamu bisa ikut-ikutan mengeluh padahal itu tidak baik untuk semangat hidupmu.

5. Tidak suportif

Bukannya Baik, 5 Tipe Teman Ini Justru Meracuni Kesehatan MentalmuPexels.com/Tim Gouw

Teman itu seharusnya saling mendukung satu sama lain, tidak hanya berupa dukungan tapi juga saling membantu jika salah satu sedang dalam kesulitan. Maka dari itu dia yang tidak suportif tidak baik bagimu. Tidak hanya dapat menjadi racun bagimu tapi juga pada lingkaran pertemananmu.

Itulah beberapa tipe teman yang dapat meracuni kesehatan mentalmu, hati-hati ya!

Baca Juga: Pelajari, 6 Hal Ini Harus Dihindari Agar Mentalmu Kuat

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya