Comscore Tracker

5 Tips Berteman Kembali dengan Mantan, Ternyata Mungkin lho!

Kamu bisa kembali berteman sama mantan dengan 5 langkah ini

Apa kamu bisa kembali berteman dengan mantan? Sepertinya pertanyaan satu ini adalah pertanyaan sejuta umat yang selalu ditanyakan orang-orang yang baru putus. Dilansir Mind Body Green, menurut Kelly Gonsales, seorang penulis, selama hubunganmu berakhir dengan baik, gak menutup kemungkinan untuk bisa kembali berteman dengan mantanmu.

Walaupun dia mantan, dia juga orang yang nyaman kamu ajak bicara dan enak untuk diajak nongkrong bersama. Rasanya sayang kamu harus kehilangan sahabat terbaikmu hanya karena hubungan romantis antara kalian berdua gak berjalan dengan baik.

Dilansir Mind Body Green, menurut terapis pernikahan, Weena Cullins, LCMFT, terkadang dua orang memang merasa gak cocok berada dalam hubungan romantis, tapi ada beberapa aspek dalam hubungan mereka yang masih berharga dan bisa terus dijaga melalui hubungan pertemanan. Untuk itu, ini dia 5 tips kembali berteman dengan mantan yang perlu kamu ketahui.

1. Pastikan kalian berdua udah saling move on

5 Tips Berteman Kembali dengan Mantan, Ternyata Mungkin lho!ilustrasi sepasang kekasih bicara (pexels.com/RODNAE Production)

Hal utama dan terpenting sebelum menjalin hubungan persahabatan dengan mantan adalah pastikan kalian udah move on satu sama lain. Memang kamu bisa tetap berteman dengan mantan meski kamu masih ada perasaan sama dia, tapi kamu akan semakin susah untuk bener-bener move on dari dia.

Perhatikan bagaimana perasaan kamu ketika berada di sekitarnya. Apa fakta bahwa mereka udah punya pacar lagi bikin kamu kesel? Apa kamu masih merasa senang tiap kali dia cepet bales chat kamu? Tetap jujur pada diri sendiri. Jangan bohong hanya untuk bisa move on lebih cepat. Semua orang butuh waktunya masing-masing untuk move on. 

2. Beri waktu yang cukup

5 Tips Berteman Kembali dengan Mantan, Ternyata Mungkin lho!ilustrasi perempuan menangis di samping kekasihnya (pexels.com/Antoni Shkraba)

Jangan buru-buru mau berteman dengan mantan ketika kamu sendiri masih ragu dan belum siap akan perasaanmu. Kamu pasti butuh waktu setelah putus sebelum bisa coba berteman dengan mantan. Harus ada jarak yang cukup antara hubungan romantis kalian dengan hubungan persahabatan yang sedang coba kalian bangun.

Hormati waktu yang dibutuhkan mantanmu untuk bisa sembuh dan move on. Gak perlu terburu-buru. Walau kalian gak langsung jadi sahabat setelah putus, bukan berarti kalian gak akan bisa jadi sahabat di kemudian hari. Hubungan sahabat antara mantan biasanya tumbuh seiring berjalannya waktu. Jangan paksa mantanmu kalau mereka belum siap.

3. Kembali tentukan batas-batas penting

5 Tips Berteman Kembali dengan Mantan, Ternyata Mungkin lho!ilustrasi pasangan saling bertautan jari (pexels.com/Jasmine Carter)

Hubungan pertemanan sejatinya adalah suatu hubungan baru yang kamu jalin dengan mantanmu, dan di setiap hubungan penting untuk menentukan batasannya. Ada beberapa hal yang gak bisa dilakukan oleh sahabat yang biasa dilakukan dalam hubungan romantis. 

Jaga komunikasi yang baik dengan mantan. Sebisa mungkin jangan lakukan hal-hal lama yang bisa kalian lakukan selama masih pacaran, seperti pergi ke restoran tempat kalian biasa kencan, dan lain-lain. Perubahan dari hubungan romantis ke hubungan sahabat memang memakan waktu dan mungkin gak berjalan mulus.

Baca Juga: 6 Cara agar Tetap Cool saat Tak Sengaja Bertemu dengan Mantan Pacar

4. Terus bersabar

5 Tips Berteman Kembali dengan Mantan, Ternyata Mungkin lho!ilustrasi perempuan menggunakan laptop di kasur (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ketika kamu kembali menghubungi mantanmu, terus bersabar. Jangan memaksa dan menuntut minta untuk langsung dibalas. Berakhirnya hubungan kalian juga menyakiti dia sebagaimana hal ini menyakitimu. Kamu bisa coba kirimkan pesan atau telpon mantanmu dan bilang kamu ingin kembali jadi teman dengannya.

Jangan sedih atau malah marah karena mantanmu gak mau jadi teman sama kamu. Tiap orang punya reaksi yang berbeda-beda terhadap suatu hubungan. Berikan dia ruang sendiri dan biarkan waktu yang nantinya menjawab.

5. Jangan perlakukan mantanmu layaknya pacar

5 Tips Berteman Kembali dengan Mantan, Ternyata Mungkin lho!ilustrasi pasangan menonton bersama (pexels.com/cottonbro)

Jangan menganggap mantanmu sebagai kekasih. Hindari bikin janji-janji romantis. Coba saling bertemu di siang hari, hindari di malam hari dan jangan di tempat yang dulu sering kalian kunjungi. Jangan pergi untuk makan malam, mungkin kalian bisa nongkrong di kafe sambil minum kopi.

Terus ketemuan di tempat publik, jangan ke rumahnya atau ke rumahmu. Ini bisa mencegah hubungan kalian terlalu intim. Bicarakan hal-hal yang ringan, tak perlu bicarakan topik yang terlalu dalam. Kamu boleh bertingkah baik di depan mantanmu, tapi jangan kelewatan. Kalau kamu atau mantanmu terlalu terikat, jangan paksakan hubungan persahabatan ini. Kamu harus tahu kapan untuk mundur.

Itulah dia sederet tips untuk bisa berteman kembali dengan mantan. Apa pun keputusan kalian setelah berpisah, pastikan kalian saling memberi waktu satu sama lain untuk bisa move on dari hubungan tersebut. Jangan terlalu memaksakan diri untuk berteman dengan mantan. Ada kalanya hubungan yang pupus memang gak bisa lagi dihidupkan.

Baca Juga: 5 Hal Ini Lebih Berharga daripada Mantan yang Ninggalin Kamu

Agnes Z. Yonatan Photo Verified Writer Agnes Z. Yonatan

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya