Comscore Tracker

Bedanya Jalani Puasa Ramadan Saat Single vs. Sudah Menikah

Inspirasi Ramadan IDN #Part8

Bulan Ramadan menjadi bulan yang paling istimewa. Ditunggu setiap tahunnya. Bulan penuh berkah ini jadi momentum bagi siapapun untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Rajin beribadah, jaga amarah dan belajar mengendalikan nafsu.

Mungkin kamu penasaran, ada bedanya gak sih menjalani puasa ramadan sebelum menikah dan setelah menikah. Beberapa pasangan memaparkan pengalaman mereka ketika ditanya "Ada bedanya gak sih menjalani ramadan saat belum menikah dan sudah menikah?". Ini jawaban mereka. 

1. Ibadah lebih terjaga.

Bedanya Jalani Puasa Ramadan Saat Single vs. Sudah Menikahactive.com

"Bedanya jauh, kalau dulu cari sahur sendiri, telat-telat, sekarang ada yang masakin. Apapun kalau dilakukan bersama terasa berbeda. Ibadah lebih terjaga." - Faiz Nasrillah, 27 tahun, pegawai swasta, sudah menikah 10 bulan.

2. Dulu mah bodo amat...

Bedanya Jalani Puasa Ramadan Saat Single vs. Sudah Menikahpexels.com

"Dulu bodo amat mau sahur apa, sekarang enggak bisa. Karena merasa punya tanggung jawab. Misalnya, besok harus menyiapkan sahur. Bisa saling mengingatkan. Kalau berangkat tarawih juga merasa lebih sweet, berangkat bareng." - Fera Nur Aini, 24 tahun, pegawai swasta, baru menikah 1 bulan. 

3. Beda banget! Lebih bahagia!

Bedanya Jalani Puasa Ramadan Saat Single vs. Sudah Menikahinstagram.com/yogiefadila

"Beda banget, lebih bahagia. Ada tujuan tiap hari. Ibadah bareng. Tiap bangun pagi ada perasaan gak sabar buat segera Magrib biar bisa buka bareng. Tiap sebelum tidur gak sabar buat bangun lagi untuk sahur bareng." - Yogie Fadila, 26 tahun, pegawai swasta, menikah 5 bulan. 

4. Hmm..LDR sih...

Bedanya Jalani Puasa Ramadan Saat Single vs. Sudah Menikahcdhp.org
"Gak terlalu beda sih, soalnya lagi LDR. Hehe. Bedanya karena lagi hamil besar, jadi susah Tarawih. Asupan gizi juga harus benar-benar terjaga."- Hilda Nasution, 25 tahun, ibu rumah tangga, sudah menikah 9 bulan. 

5. Lebih seru, euy!

Bedanya Jalani Puasa Ramadan Saat Single vs. Sudah Menikahsurfanon.netm
"Lebih seru. Ada yang disiapin menjelang buka. Terus makan bareng sambil ngobrol kegiatan keseharian. Sahur ada yang bangunin atau dibangunin." - Afra Meilianda, 24 Tahun, ibu rumah tangga yang sudah menjalani pernikahan 2,5 tahun.

Baca Juga: Inspirasi Ramadan: Meski Umat Kristiani, Aku Ikut Puasa Penuh

6. Sudah halal, gak takut dosa. Hhihi.

Bedanya Jalani Puasa Ramadan Saat Single vs. Sudah Menikahinstagram.com/diba.saleh
"Sekarang kan sudah ada suami, seneng bisa bareng suami, Ramadan lebih berkesan. Bisa saling semangatin ibadah bareng-bareng, solat jamaah bareng, ngaji bareng, dan sebagainya. Karena sudah halal, jadi gak takut dosa. Selain itu, sekarang harus bangun lebih pagi, karena bantu nyiapin makanan dan minuman buat suami." - Diba Saleh, 26 tahun, pegawai swasta, sudah menikah 6 bulan. 

7. Gimana nggak enak, ada yang masakin.

Bedanya Jalani Puasa Ramadan Saat Single vs. Sudah Menikahtaginstant.com

"Bedalah. Rasanya lebih berkah karena sekarang ada temannya. Ada yang masakin, ada yang nememin." - Darul Frimansyah, 25 tahun, pegawai swasta, menikah 5 bulan. 

8. Alhamdulillah...lebih kusyuk!

Bedanya Jalani Puasa Ramadan Saat Single vs. Sudah Menikah.kwiknews.my

"Jelas ada bedanya. Lebih dekat dengan keluarga, soalnya aku merantau. Sekarang ada yang masakin. Lebih khusyuk, soalnya ada teman untuk mengaji." - Eka Bagus, 25 tahun, pegawai swasta, sudah menikah.

Setiap orang punya pengalaman masing-masing. Tapi yang jelas, mau sendiri ataupun menikah, menjalani ramadan adalah momen paling tepat untuk mendekatkan pada Allah SWT. 

Selamat beribadah.

Baca Juga: Puasa Pertama Tanpa Ibu itu Rasanya...

Topic:

Just For You