Comscore Tracker

7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Jika Berbeda Prinsip dengan Pasangan

Apakah si dia mendukungmu dalam mengejar mimpimu?

Dalam sebuah hubungan, saling mendukung impian satu sama lain tentu sangat penting. Tentu akan sangat menyenangkan bila kalian bisa berkembang bersama sesuai impian masing-masing. Namun, bagaimana jika pasanganmu tak bersikap suportif terhadap impianmu? Yuk, lakukan 7 hal ini pada si dia yang tidak mendukungmu mengejar mimpi!

1. Apakah kamu menyadarinya sedari awal?

7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Jika Berbeda Prinsip dengan Pasangantimesofindia.indiatimes.com

Saat hendak memulai sebuah hubungan, apakah ia tertarik dengan karier atau pendidikanmu? Apakah ia mau mendengarkan ide-ide cemerlangmu? Jika tidak, mungkin ia memang tak mendukung impian dan hobimu. Kamu harus memerhatikan tanda-tanda ini sebelum memulai hubungan, ya!

2. Jujurlah pada pasanganmu, ajak ia berbicara!

7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Jika Berbeda Prinsip dengan Pasanganelcrema.com

Tak mengutarakan perasaanmu yang sesungguhnya tidak akan membuat semuanya lebih baik. Ajaklah ia berbicara, dan ungkapkan apa yang kamu inginkan dengan jujur karena ia tak bisa membaca pikiranmu. Beri tahu si dia tentang perilaku menyenangkan yang kamu harapkan darinya, bukan dari hal-hal salah yang ia lakukan. Jika kamu langsung menyalahkannya, ia bisa menjadi marah dan bersikap defensif.

3. Komunikasi itu penting, lho

7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Jika Berbeda Prinsip dengan Pasanganvictoriabuzz.com

Mungkinkah ia bersikap tak suportif karena tak tahu apa yang sedang kamu kerjakan? Apakah kamu memberi tahunya tentang perkembangan kariermu? Memberi tahu si dia tentang mimpimu itu penting. Tetapi, jangan bersikap agresif, ya! Ia bisa menjadi kesal dan merasa disalahkan. Sehingga, ajaklah ia berkomunikasi dengan santai dan menyenangkan.

Baca Juga: 5 Hal Utama yang Bisa Memberi Dampak Besar dalam Hubungan Asmara

4. Tanyalah pada dirimu, apakah kamu melakukan hal yang sama?

7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Jika Berbeda Prinsip dengan Pasangantrainingzone.co.uk

Bukan tidak mungkin jika sikapnya padamu adalah balasan dari sikapmu padanya. Apakah kamu mendukungnya dalam mencapai mimpinya? Ataukah kamu juga bersikap tak peduli? Nah, kamu harus introspeksi, ya!

5. Jangan memaksakan kehendak dan dengarkan pendapatnya

7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Jika Berbeda Prinsip dengan Pasanganfreepik.com

Saat berbicara dengannya, kamu pun harus mendengarkan pendapatnya dalam masalah ini. Bisa jadi ia memiliki alasan tertentu mengapa ia tak bersikap suportif. Mungkin ia memiliki perspektif yang berbeda soal impianmu atau ia memikirkan dampak-dampak negatif yang mungkin terjadi.

6. Apakah kalian memiliki visi masa depan yang sama?

7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Jika Berbeda Prinsip dengan Pasangansbs.com.au

Tidak memiliki visi masa depan yang sama bisa menjadi salah satu alasan ia tak mendukungmu. Misalnya, ia menginginkanmu menjadi ibu rumah tangga, tapi di satu sisi kamu ingin melanjutkan kariermu. Hal ini harus dikomunikasikan sejak awal supaya tak timbul kesulitan di masa mendatang.

7. Beranilah bersikap mandiri dan jangan paksakan kehendaknya

7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Jika Berbeda Prinsip dengan Pasangansheknows.com

Jika kamu telah mencoba mengomunikasikan segala perasaan dan keinginanmu padanya, tetapi ia tetap tak berubah, cobalah berpikir ulang mengenai melanjutkan hubungan kalian. Jika kamu menuruti keinginannya, misalnya untuk tidak melanjutkan karier, lalu hubungan kalian kandas di tengah jalan, pasti kamu akan merasa menyesal tak melanjutkan karier sedari awal. Apakah kamu rela mengorbankan mimpimu demi seseorang yang tidak mendukungmu? 

Beberapa keputusan besar dalam hidup, seperti memilih karier dan pasangan, tentu tak bisa dipaksakan. Namun, bisakah kita mendapat pasangan yang juga mendukung karier dan mimpi kita? Tentu saja bisa! Jika ia tak bersikap suportif, beranilah mengambil sikap dan pikirkan lagi, apakah ia memang ditakdirkan untukmu?

Baca Juga: 5 Hal Utama yang Bisa Memberi Dampak Besar dalam Hubungan Asmara

Aisha Variella F Photo Verified Writer Aisha Variella F

Kedokteran UNS 2017 aishavariella13@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You