Comscore Tracker

5 Tanda Ini Tunjukkan Bahwa Kamu Mulai Beranjak Dewasa

Sudah gak bingung lagi dengan jati dirimu

Manusia tumbuh bertahap, dari bayi, anak-anak, remaja, barulah kemudian menuju dewasa. Masing-masing tingkatan memiliki pemikiran dan tindakan yang berbeda.

Masa remaja menuju dewasa adalah masa tersulit, sebab dalam tingkatan ini kamu akan lebih banyak menghadapi permasalahan yang akan menuntunmu menjadi dewasa.

Dewasa bukan soal usia, tetapi soal bagaimana pemikiran dan tindakanmu menentukan jalan hidupmu. Simak lima tanda yang tunjukkan bahwa kamu mulai dewasa di bawah ini.

1. Mulai berpikir rasional

5 Tanda Ini Tunjukkan Bahwa Kamu Mulai Beranjak DewasaPexels.com/Tan Danh

Tingkat kerasionalan berpikir diukur dari seberapa besar kamu  menggunakan nalar ketika menyikapi suatu hal. Semua hal harus logis berdasarkan realitas bukan semata-mata hanya soal perasaan.

Jika kamu sudah berpikir secara rasional atau selalu berpikir menggunakan nalar pikiran, itu bisa jadi tanda bahwa kamu sudah mulai beranjak dewasa. Kamu bukan anak-anak lagi yang mudah percaya pada sebuah dongeng.

2. Berpikir keras sebelum bertindak

5 Tanda Ini Tunjukkan Bahwa Kamu Mulai Beranjak DewasaPexels.com/Min An

Remaja biasanya lebih sering membuat masalah. Itu disebabkan pikirannya yang belum dewasa, yang selalu bertindak tanpa berpikir apa akibat yang akan ditimbulkannya nanti.

Kalau kamu sudah mulai berpikir sebab akibat sebelum bertindak lebih keras dari biasanya, itu adalah tanda kedewasaan yang mulai tumbuh di dalam dirimu.

Baca Juga: 5 Hal Ini yang Selalu Bikin Galau di Masa Dewasa, Kamu Mengalami?

3. Tidak berlebihan dalam urusan asmara

5 Tanda Ini Tunjukkan Bahwa Kamu Mulai Beranjak DewasaUnsplash.com/Vladimir Kudinov

Cinta itu apa sih? Perasaan menyayangi lawan jenis? Semakin kamu dewasa, kamu akan semakin cuek dalam urusan asmara. Sebab, kamu akan sadar bahwa ada banyak hal yang harus dikerjakan lebih penting dari itu.

Bukan justru asmara itu tidak penting, hanya saja tidak ada waktu untuk mengurusi hal-hal seperti itu lagi. Urusan pacaran tidak lagi hanya untuk bersenang-senang semata. Jika kamu mulai dewasa, tidak ada lagi cinta monyet, kamu akan mulai mencari cinta yang serius untuk masa depanmu kelak.

4. Terbuka terhadap suatu perbedaan

5 Tanda Ini Tunjukkan Bahwa Kamu Mulai Beranjak DewasaPexels.com/Tirachard Kumtanom

Keterbukaan terhadap suatu perbedaan juga termasuk ke dalam tanda kedewasaan diri. Karena jika kamu berpikir dewasa, kamu akan memahami seperti apa perbedaan yang kamu temui dan menganggapnya wajar.

Pada dasarnya perbedaan tercipta dari pemikiran manusia yang tak sama. Nah, jika kamu sudah bisa menghargai pendapat orang lain dan terbuka terhadap perbedaan, itu tandanya kamu mulai dewasa.

5. Mulai berpikir untuk jangka panjang

5 Tanda Ini Tunjukkan Bahwa Kamu Mulai Beranjak DewasaUnsplash.com/Tegan Mierle

Hidup tidak hanya soal hari ini, tetapi hidup untuk besok dan besoknya lagi sampai seterusnya. Hari ini kamu bisa makan, lalu bagaimana untuk besok?

Kedewasaan diri ditandai jika kamu sudah mulai berpikir untuk jangka panjang atau masa depan. Misalnya dalam urusan keuangan, kamu tidak ingin lagi memboros-boroskan uang untuk hal yang tidak penting. Kamu akan berpikir, sebaiknya sisihkan sedikit uang untuk digunakan jika sewaktu-waktu membutuhkannya.

Nah itu lima tanda yang menunjukkan bahwa kamu sudah mulai beranjak dewasa. Apa sekarang kamu sedang mengalaminya?

Baca Juga: Jangan Ngaku Dewasa Dulu, Kalau 7 Sikap Ini Masih Ada Padamu

Akromah Zonicc Photo Community Writer Akromah Zonicc

Ketika mulut tak sanggup berlisan lagi, segalanya akan tertuang dalam bentuk tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You