Comscore Tracker

Tetap Sabar, 5 Cara Bersikap Tenang Menghadapi Orang yang Kamu Benci

Jangan sampai kamu jadi mencoreng nama baik sendiri ya guys!

Baik dalam lingkungan pekerjaan, sekolah atau bisnis, pasti ada aja pihak yang kontra dengan kita. Lewat berbagai alasan pihak seperti ini sebenarnya memiliki peran untuk pelajaran penting yang bisa menjadi modal kehidupan di masa depan.

Oleh karena itu, jika kamu pun menemukan pihak yang kontra dan bersikap benci pada mereka, sebaiknya jangan terlalu terbawa emosi. 

Berikut 5 cara bersikap tenang pada orang yang kamu benci!

1. Menerima bahwa tidak semua orang bisa bersikap baik dengan kita

Tetap Sabar, 5 Cara Bersikap Tenang Menghadapi Orang yang Kamu Benciunsplash.com/@priscilladupreez

Hal pertama yang harus disadari adalah fakta bahwa tidak semua orang akan bersikap baik kepada kita. Lewat kesadaran kecil ini muncul rasa ikhlas ketika kita bertemu dengan orang yang tidak searah. Kehidupan manusia memang kadang seperti itu, harus rela bertahan di tengah ketidaknyamanan lingkungan sekitar. 

2. Mengambil sisi positif dari setiap tindakan yang mereka lakukan

Tetap Sabar, 5 Cara Bersikap Tenang Menghadapi Orang yang Kamu Benciunsplash.com/@eliottreyna

Biar rasa benci itu gak semakin bertambah dan mengganggu kita, mulai lah berpikir positif tentang segala sesuatu yang terjadi termasuk perilaku orang yang kamu benci. Anggap saja ini menjadi caramu untuk mengasah kesabaran, bijak memilih teman dan mengambil pelajaran untuk tidak melakukan hal menyebalkan sepertinya.

Baca Juga: 6 Cara Cerdas untuk Hadapi Orang yang Sangat Membencimu

3. Hindari membawa masalah secara personal dengan menjaga jarak

Tetap Sabar, 5 Cara Bersikap Tenang Menghadapi Orang yang Kamu Benciunsplash.com/@soyhivan

Jika sudah masuk ke dalam hati maka urusan bisa berbuntut panjang. Jangan ambil pusing dan biarkan semua berlalu tanpa perlu masuk ke dalam perasaan. Abaikan saja setiap tindak-tanduknya yang bikin kamu jengkel dan emosi, sederhananya bersikap tegas lah dengan menjaga jarak dengan mereka.

4. Ajak orang lain sebagai perantara dan penengah agar situasi tidak memanas

Tetap Sabar, 5 Cara Bersikap Tenang Menghadapi Orang yang Kamu Benciunsplash.com/@katekalvach

Sangat tidak suka terhadap seseorang namun kamu perlu bekerja sama karena sebuah tuntutan? Tenang guys, kamu gak perlu takut kehilangan pundi-pundi uang. Coba ajak pihak lain yang bisa menjadi perantara sekaligus penetral keadaan bagi kalian. Jika begini pertikaian akan mudah dihindari. 

5. Jangan mudah tersinggung dan kendalikan kebahagiaan sendiri

Tetap Sabar, 5 Cara Bersikap Tenang Menghadapi Orang yang Kamu Benciunsplash.com/@yxvi

Hal paling menyebalkan dari membenci seseorang adalah ketika orang tersebut mengetahui fakta itu dan berusaha mengompori perasaan kalian. Nah, sebagai orang yang bijak kamu gak boleh mudah tersinggung meskipun perilakunya seperti itu. Dengan tersinggung dan marah berarti kamu membiarkannya menang telak. 

Ingat bahwa kamu adalah pengendali dirimu sendiri, kebahagiaan pun berasal dari kamu bukan orang lain. Jangan mau dikuasai orang lain dan membiarkan dirimu merasa sengsara. 

Beberapa cara di atas akan sangat membantu hubungan sosial kalian dengan orang lain. Karena setiap individu punya watak yang berbeda, wajib banget nih mempersiapkan perlakuan yang pas sesuai dengan masing-masing karakternya.

Baca Juga: 5 Tanda Kalau Kamu Berpotensi Jadi Orang Sombong

Alee Shaby Photo Community Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You