Comscore Tracker

5 Alasan Perempuan Juga Berhak Menyatakan Cinta, Tak Perlu Gengsi

Apakah kamu berniat untuk menyatakan cinta?

Masa-masa pendekatan adalah fase yang biasanya kamu lalui sebelum kamu berpacaran dengan orang yang kamu suka. Sebagai perempuan, biasanya kamu hanya bisa menunggu kepastian dan tidak bisa mengungkapkan perasaanmu yang sebenarnya karna rasa gengsi.

Tetapi hal tersebut tidak sepenuhnya benar, lho. Karena, perempuan sebenarnya juga berhak untuk menyatakan perasaan lebih dulu. Ada beberapa alasan mengapa perempuan juga berhak untuk menyatakan perasaan lebih dulu. Simak pembahasannya di sini, ya!

1. Tidak baik memendam perasaan dalam waktu yang lama

5 Alasan Perempuan Juga Berhak Menyatakan Cinta, Tak Perlu Gengsiunsplash.com/Ben White

Menjalani hubungan tanpa adanya kepastian adalah hal yang sebaiknya kamu hindari, ya! Karena kamu pasti akan merasa tidak nyaman karna dipaksa untuk memendam perasaanmu sendiri dalam waktu yang tidak sebentar.

Sebenarnya, memendam perasaan secara terus menerus adalah hal yang tidak baik bagi kamu, karena hal tersebut hanya akan membuat kamu resah dan terus-terusan overthinking

2. Gender bukan alasan untuk tidak mengungkapkan perasaan

5 Alasan Perempuan Juga Berhak Menyatakan Cinta, Tak Perlu Gengsiunsplash.com/Nick Karvounis

Sudah menjadi stereotip di lingkungan sekitar kita bahwa laki-laki yang harus mengungkapkan perasaanya terlebih dahulu. Padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar, lho! Karena perempuan juga berhak untuk menyatakan perasaanya lebih dulu.

Oleh sebab itu, hilangkan rasa ragu dan ungkapkan perasaanmu lebih dulu untuk kebaikan dirimu sendiri. Karena, dalam hubungan yang tidak pasti, pihak perempuan adalah yang paling dirugikan. Ini disebabkan perempuan dituntut untuk menunggu kepastian.

Baca Juga: 5 Tips menurut Sosiologi agar Hubungan Cinta Selalu Langgeng

3. Jangan sampai menyesal karna tidak mengambil kesempatan

5 Alasan Perempuan Juga Berhak Menyatakan Cinta, Tak Perlu Gengsiunsplash.com/Ben White

Kesempatan untuk mengungkapkan perasaanmu adalah kesempatan yang tidak akan datang dua kali. Jika kamu sudah merasa ada kecocokan dengan dia, sebaiknya cari momen yang tepat dan ungkapkan perasaanmu yang sebenarnya.

Cobalah untuk mengajaknya bertemu dan berbicara empat mata. Ungkapkan dengan jujur perasaanmu yang sebenarnya kepada dia. Jangan takut jika jawaban dia tidak sesuai dengan harapanmu karna yang penting kamu sudah berani untuk mengungkapkan perasaanmu.

4. Waktumu akan terbuang sia-sia jika terus bertahan

5 Alasan Perempuan Juga Berhak Menyatakan Cinta, Tak Perlu Gengsiunsplash.com/Kyle Broad

Bertahan dalam hubungan yang tidak ada kepastian tentu hanya akan membuang waktumu. Waktu adalah hal yang semua orang punya, namun tidak semua orang bisa menghargai waktu. Apakah kamu akan terus-terusan membuang waktumu untuk menunggu kepastian dia?

Hal ini tentunya tidak disarankan karna seharusnya kamu menghabiskan waktumu untuk hal yang lebih jelas tujuannya. Agar hal tersebut tidak terjadi, cobalah untuk berani mengungkapkan perasaanmu terlebih dahulu demi kebaikan dirimu.

5. Kamu bisa lebih cepat move on

5 Alasan Perempuan Juga Berhak Menyatakan Cinta, Tak Perlu Gengsiunsplash.com/Matthew Hamilton

Saat kamu sudah memutuskan untuk mengungkapkan perasaanmu lebih dulu, tentunya kamu juga harus siap atas segala risikonya. Jika jawaban dia tidak sesuai dengan harapanmu, tentunya kamu harus menerima keputusanya dan bersiap untuk move on.

Tentunya, penolakan adalah hal yang cukup menyakitkan bagi semua orang, tapi setidaknya hal tersebut masih lebih baik dibandingkan kamu harus terjebak dalam hubungan yang tidak ada kepastian. 

 

Itulah kelima alasan bahwa perempuan juga berhak untuk menyatakan perasaannya. Mulailah belajar untuk berani mengambil risiko untuk kebaikan dirimu dengan mengungkapkan perasaanmu terlebih dahulu.

Baca Juga: 5 Momen Jatuh Cinta yang Bakal Dialami sebelum Bertemu Cinta Sejati

Aldo Syahputra Photo Writer Aldo Syahputra

Proud to be my self

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya