Comscore Tracker

9 Tanda Kamu Terjebak Gaslighting dalam Hubungan Asmara, Manipulatif!

Kenali tandanya agar kamu tak terjebak dalam gaslighting

Gaslighting merupakan salah satu fenomena yang saat ini sering terjadi dalam sebuah hubungan asmara. Istilah gaslighting dapat diartikan sebagai bentuk kekerasan mental berupa berbohong dan memanipulasi seseorang secara psikologi. Kebiasaan tersebut tentulah sangat merepotkan yang jika dilakukan dalam sebuah hubungan.

Saat gaslighting terjadi dalam sebuah hubungan, maka akan ada salah satu orang yang mendominasi pihak yang lainnya yang menyebabkan pihak tersebut dapat berperilaku sesuka hatinya.

Namun, kamu tak perlu khawatir, karena ada beberapa tanda yang menunjukan adanya fenomena gaslighting dalam sebuah hubungan asmara lho! Nah, agar terhindar dari gaslighting, berikut ini ada beberapa tanda yang bisa kamu kenali terlebih dulu jika pasanganmu melakukan gaslighting terhadapmu. Yuk, simak!

1. Pasangan sering berbohong

9 Tanda Kamu Terjebak Gaslighting dalam Hubungan Asmara, Manipulatif!Ilustrasi pasangan bertengkar (pexel.com/mart-production)

Tanda yang biasanya muncul adalah pasanganmu sering melakukan kebohongan baik itu hal kecil maupun hal besar. Berbohong dalam kasus ini merupakan tanda yang pasti adanya gaslighting dalam sebuah hubungan yang kalian jalin.

Mereka yang melakukan gaslighting biasanya berbohong dengan berbagai alasan untuk mengubah realitas orang lain. Ketika ia ketahuan, maka ia akan terus membuat kebohongan-kebohongan baru agar dapat membuatmu percaya. Jika pasanganmu sering berbohong, kamu perlu waspada nih!

2. Doi akan membuatmu ragu akan realitas

9 Tanda Kamu Terjebak Gaslighting dalam Hubungan Asmara, Manipulatif!Ilustrasi pasangan bertengkar (pexel.com/timur-weber)

Dalam hubungan tentu akan ada konflik ataupun permasalahan. Adanya masalah-masalah tersebut, justru yang akan membuat kamu dan pasanganmu lebih berkembang.

Akan tetapi, kamu perlu berhati-hati ketika kalian sedang menghadapi masalah, namun pasanganmu justru menyalahkan dan mengungkit kekuranganmu sehingga kamu menjadi ragu terhadap diri sendiri. Perlu diketahu bahwa hal tersebut merupakan pertanda adanya gaslighting dalam hubungan kamu lho!

Baca Juga: 5 Tips Menghadapi Perilaku Gaslighting di Tempat Kerja, Speak Up!

3. Mempermainkan kekurangan pasangan

9 Tanda Kamu Terjebak Gaslighting dalam Hubungan Asmara, Manipulatif!Ilustrasi pasangan bertengkar (pexel.com/pavel-danilyuk)

Pelaku dari gaslighting mengetahui titik kelemahan seseorang, seperti rasa tidak aman, kesuksesan dan kepercayaan kita.

Pasangan yang selalu mengkritik hal-hal kecil, membuat komentar sinis dan jahat untuk menyakiti dan mengendalikan kamu termasuk dengan memujimu berlebihan merupakan tanda bahwa pasanganmu merupakan pelaku gaslighting lho!

4. Perilaku dan ucapannya tidak sesuai

9 Tanda Kamu Terjebak Gaslighting dalam Hubungan Asmara, Manipulatif!Ilustrasi pasangan bertengkar (pexel.com/vera-arsic)

Jika kamu mendapati pasanganmu mengatakan hal-hal atau janji-janji manis yang tak sesuai dengan perilakunya, maka kamu perlu waspada, karena hal tersebut merupakan tanda gaslighting dalam sebuah hubungan.

Jika kamu tak ingin terjebak dalam gaslighting, kamu gak boleh nih ketipu sama janji-janji manisnya doi!

5. Pasanganmu enggan meminta maaf walaupun ia melakukan kesalahan

9 Tanda Kamu Terjebak Gaslighting dalam Hubungan Asmara, Manipulatif!Ilustrasi pasangan bertengkar (pexel.com/cottonbro)

Salah satu tanda gaslighting yang paling terlihat dalam sebuah hubungan asmara yaitu ketika doi tak mau meminta maaf meski ia melakukan kesalahan. Ia akan terus mencari alasan dan pembenaran untuk segala perbuatan buruk yang ia lakukan.

Selain itu ia juga menganggap remeh semua kesalahannya, dan mau tak mau kamu yang harus meminta maaf. Jika kamu menjumpai tanda ini, kamu perlu waspada dan segera cari jalan keluarnya ya!

6. Pasangan akan membuatmu semakin tak yakin pada diri sendiri

9 Tanda Kamu Terjebak Gaslighting dalam Hubungan Asmara, Manipulatif!Ilustrasi orang sedih (pexel.com/rodnae-produtions)

Tanda lainnya dari gaslighting dalam hubungan yaitu doi selalu membuatmu merasa tidak cukup baik dalam hal apa pun, mulai dari sifat, penampilan bahkan hal lain seperti karir atau pendidikan.

Ia akan selalu memanipulasi pikiranmu sehingga kamu merasa bahwa kamu tidak berusaha cukup baik dalam hal-hal tertentu, termasuk hubungan asmara kalian. Perilaku manipulatif inilah yang akan mengganggu mental kamu. Tanda ini sangat berbahaya dan dapat memberi pengaruh negatif untukmu kedepannya jika tak segera diakhiri.

7. Membuatmu menjahui orang-orang terdekat dan yang kamu sayangi

9 Tanda Kamu Terjebak Gaslighting dalam Hubungan Asmara, Manipulatif!Ilustrasi orang sedih (pexel.com/rodnae-produtions)

Tak sedikit pasangan yang bersifat otoriter dan egois dalam menyetir pasanganannya. Namun, kamu sudah perlu waspada dan menolak jika pasanganmu berusaha menjauhkanmu dari orang-orang yang kamu sayang entah itu keluarga ataupun sahabatmu. 

Di sini ia akan berusaha untuk mengambil kendali penuh atas dirimu. Ia akan terus mempengaruhimu untuk menjauhi atau membenci orang-orang terdekatmu.Jika pasanganmu sudah menunjukan hal serupa, maka kamu harus segera mengakhiri hubungan dengannya.

8. Memutarbalikkan fakta dan membuatmu merasa bersalah

9 Tanda Kamu Terjebak Gaslighting dalam Hubungan Asmara, Manipulatif!Ilustrasi pasangan bertengkar (pexel.com/alex-green)

Saat terjadi konflik, jika hubungan kalian mengalami gaslighting maka pasanganmu akan selalu memutarbalikan fakta agar seolah-olah kamu yang bersalah atas semua hal yang terjadi. Jika pasanganmu berhasil melakukan hal tersebut, kamu akan terus meragukan diri sendiri dan membenarkan semua perkataannya. Ia juga akan menyerang titik lemahmu dan terus meyakinkan bahwa yang salah adalah dirimu sendiri, bukan dia.

Tanda ini biasanya jarang dikenali sendiri, jadi kamu perlu meminta pendapat orang terdekatmu untuk mengamati adanya hal aneh yang kamu lakukan ya!

9. Doi akan membuatmu terus-menerus merasa bersalah

9 Tanda Kamu Terjebak Gaslighting dalam Hubungan Asmara, Manipulatif!Ilustrasi orang sedih (pexel.com/mart-prodution)

Tanda terakhir gaslighting adalah doi akan membuatmu merasa bersalah untuk semua hal. Kemampuannya dalam membolak-balikkan fakta dan memanipulasi pikiran dan perilakumu dapat membuatmu terjerumus ke dalam perasaan bersalah secara terus menerus.

Jika kamu dalam situasi ini, kamu akan mulai mempertanyakan realitas yang ada. Bahkan kamu juga mulai tidak mempercayai dirimu sendiri. Nah, saat kamu sudah dipenuhi perasaan bersalah dan pikiran negatif, di situlah pasanganmu akan mengambil kontrol atas dirimu sehingga kamu hanya bisa mengandalkan dia dan tak bisa mengakhiri hubungan dengannya.

Nah, setelah mengetahui tanda-tanda gaslighting di atas ada baiknya jika kamu mencoba berhati-hati saat pasanganmu melakukan salah satu tanda diatas ya! Ingat, kamu berhak mendapatkan yang terbaik dalam hidupmu, termasuk juga pasangan!

Baca Juga: 5 Cara Menghadapi Gaslighting ala Kinan di Serial Layangan Putus 

Alicia Diahwahyuningtyas Photo Verified Writer Alicia Diahwahyuningtyas

To be beautiful means to be yourself. You don't need to be accepted by others. You just need to accept yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya