Comscore Tracker

5 Ciri Cowok Berpotensi Melakukan KDRT, Bisa Deteksi Selama Pacaran!

Kenali sikapnya sebelum menikah agar tidak jadi korban

Saat pacaran seorang cowok akan bersikap manis, romantis, dan sayang terhadap pasangannya. Namun, siapa sangka setelah menikah, semua sifat buruknya mulai terlihat. Mungkin salah satu sifat buruknya adalah suka melakukan kekerasan, atau sering disebut KDRT

Dilansir Healthdirect, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dilakukan seseorang untuk mempertahankan kekuasaan dan kendali atas seseorang dengan cara kekerasan atau manipulasi, yang mana kebanyakan korbannya adalah para perempuan.

Apakah kamu mau menjadi salah satu dari korbannya? Tentu, tidak. Sejak pacaran, kamu sudah bisa mendeteksi apakah cowokmu ini berpotensi melakukan KDRT atau tidak. Berikut beberapa ciri cowok berpotensi melakukan KDRT dengan pasangannya. Yuk, deteksi selama masih pacaran!

1. Sering memanipulasi dan memojokkan

5 Ciri Cowok Berpotensi Melakukan KDRT, Bisa Deteksi Selama Pacaran!ilustrasi memanipulasi (pexels.com/id-id/alex-green)

Melakukan kesalahan adalah sesuatu yang biasa dilakukan setiap orang. Namun, cowok ini selalu memutarbalikkan keadaan.

Dia justru menuduh semua kejadian tersebut karena ulahmu. Dia juga menuntutmu untuk mengakuinya. Padahal itu adalah salah satu bentuk manipulasi agar kamu tidak berdaya di hadapannya. Awas jangan sampai tertipu, ya!

2. Dia merasa paling hebat

5 Ciri Cowok Berpotensi Melakukan KDRT, Bisa Deteksi Selama Pacaran!ilustrasi merasa hebat (pexels.com/id-id/mart-production)

Ketahuilah, pelaku kekerasan terhadap perempuan menganggap remeh kemampuan dan peran perempuan dalam segala hal. Hati-hati jika cowokmu sering melontarkan komentar negatif tentang perempuan dan bersifat diskriminatif.

Kalau demikian, gak salah lagi, cowokmu memang menganggap perempuan sebagai makhluk yang lemah dan dapat diperlakukan semena-mena. Wah, apakah kamu masih bisa bertahan dengan cowok seperti itu?

Baca Juga: 5 'Red Flag' Pasangan Belum Siap Menikah, Silent Treatment saat Marah

3. Sangat posesif

5 Ciri Cowok Berpotensi Melakukan KDRT, Bisa Deteksi Selama Pacaran!ilustrasi pria posesif (pexels.com/id-id/ketut-subiyanto)

Ciri berikutnya adalah cowok ini sangat posesif. Setiap akan bepergian dan berkegiatan, kamu harus selalu minta izin terlebih dahulu. Selain itu, cowok ini suka mengancam jika kamu melanggar aturan yang ia tetapkan.

Nah, semua ini adalah sinyal jika cowok tersebut tidak pernah menghargai keputusanmu. Awalnya ia akan mengancam kemudian berkata kasar, dan bukan tidak mungkin suatu hari nanti dia akan melakukan kekerasan terhadapmu. Hati-hati, ya!

4. Sulit mengelola emosi

5 Ciri Cowok Berpotensi Melakukan KDRT, Bisa Deteksi Selama Pacaran!ilustrasi mudah marah (pexels.com/id-id/timur-weber)

Walau cowokmu tidak menyakitimu secara fisik, tetapi ia sering mengancam, dan mencaci-maki. Jangan lengah karena tindakkan tersebut akan meningkat. Dia akan tidak segan-segan menyakitimu secara fisik di masa depan.

Setiap orang boleh marah dan kecewa. Namun, jika dilampiaskan secara agresif, kamu harus waspada. Ini suatu sinyal jika dia tidak dapat mengelola emosinya dan berpeluang melakukan KDRT jika kelak kamu menikah dengannya.

5. Sering minta maaf tetapi tetap mengulang kesalahan lagi

5 Ciri Cowok Berpotensi Melakukan KDRT, Bisa Deteksi Selama Pacaran!ilustrasi minta maaf (pexels.com/id-id/rodnae-prod)

Apakah cowokmu sering berkata kasar dan melakukan kekerasan? Jika masa pacaran aja cowok tersebut berani kasar, maka akan lebih parah lagi jika kalian menikah kelak.

Liciknya lagi, agar kamu jatuh kasihan padanya, ia selalu mengatakan khilaf atau minta maaf dibumbui kata-kata cinta. Biasanya cowok pelaku KDRT mudah minta maaf tetapi lain waktu ia akan mengulangi kembali sikap dan perkataan kasarnya itu. Udah deh, kamu gak usah berpikiran panjang lagi, putusin aja cowok seperti ini!

Nah, itulah beberapa ciri cowok berpotensi melakukan KDRT. Tindakkan kekerasan dalam rumah tangga menjadi lampu merah bagi cowok, sehingga setiap perempuan harus berhati-hati dalam memilih pendamping hidup. Jangan karena cinta, kamu membutakan mata dan hatimu. Masih banyak cowok yang punya hati, tidak ringan tangan dan menghargaimu sebagai perempuan. 

Baca Juga: 5 Tanda Red Flag saat Berkirim Pesan Singkat dengan Pasangan

A  Nitha Nahfiah Photo Verified Writer A Nitha Nahfiah

ibu rumah tangga, dengan tiga putri, sarjana teknik sipil, berkarya dan memberi manfaat untuk banyak orang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya