Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Menasihati Teman yang Berbuat Salah

Jangan diam saja, itu tidak baik lho!

Apa yang akan kamu perbuat ketika melihat teman yang berbuat salah? Mungkin masih banyak orang yang diam tanpa perlu menegurnya, mereka pikir itu bisa merusak persahabatan yang sudah terjalin hingga bertahun-tahun.

Namun tahukah kamu bahwa tindakan tersebut tidak sepenuhnya benar? Harusnya kamu sebagai teman memberikan nasihat tentang kesalahan yang telah dia perbuat, itu jauh lebih baik daripada tidak melakukan apa-apa.

Berikut ini ada lima alasan mengapa kamu perlu menasihati teman yang berbuat salah, diam saja tidak akan berdampak baik bagi semuanya.

1. Tidak mengulangi kesalahan yang sama

5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Menasihati Teman yang Berbuat Salahdramabeans.com

Apakah teman kamu tahu bahwa apa yang sedang dia perbuat itu salah? Mungkin saja tidak, bisa jadi dia menganggap bahwa itu sudah benar karena tidak ada yang melarang atau bahkan mencoba manahannya.

Makanya kamu sebagai teman harus menasihati agar apa yang sedang dia perbuat bisa dihentikan. Setidaknya dia tidak akan mengulangi kesalahan yang sama berulang kali. Jika gagal, setidaknya kamu sudah pernah mencoba bukan?

2. Mencegah terjadinya permasalahan yang berbuntut panjang

5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Menasihati Teman yang Berbuat Salahdramabeans.com

Kita semua tahu bahwa perbuatan yang salah bisa menimbulkan suatu permasalahan baru, bahkan permasalahan tersebut bisa berbuntut panjang dan membuat semuanya menjadi tidak terkontrol.

Sebelum itu semuanya terjadi, sebaiknya kamu menasihati teman yang berbuat salah terutama yang merugikan orang lain. Setidaknya kamu bisa menjadi penyelamat sebelum semuanya terlambat, bukankah itu jauh lebih baik?

3. Sudah seharusnya sesama teman saling mengingatkan

5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Menasihati Teman yang Berbuat Salahdramabeans.com

Dalam hidup, mengingatkan satu sama lain memang sudah seharunya. Itu juga termasuk dalam hubungan pertemanan, setidaknya saling mengingatkan akan membuat semuanya terkendali dengan baik.

Dengan begitu, kamu sudah menjadi teman yang baik karena mau mengingatkan kesalahan yang teman kamu perbuat. Dalam pertemanan memang seharusnya seperti itu, meskipun terkadang kamu akan dianggap sebagai teman yang "So ikut campur".

Baca Juga: 5 Hubungan Persahabatan Terbaik dalam Anime yang Pernah Ada?

4. Mencegah terjadinya penyesalan di akhir

5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Menasihati Teman yang Berbuat Salahdramabeans.com

Tahukah kamu bahwa teman yang sedang berbuat salah belum tentu berpikir panjang tentang efek sampingnya? Mungkin kamu sadar akan hal ini, makanya menasihati merupakan pilihan yang tepat.

Tentu ini menjadi perbuatan yang terpuji di lingkaran pertemanan, setidaknya kamu bisa mencegah terjadinya penyesalan di akhir atas perlakuan yang telah teman kamu perbuat selama ini.

5. Melindungi teman dari dampak kesalahan yang diperbuatnya

5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Menasihati Teman yang Berbuat Salahdramabeans.com

Sebuah kesalahan akan selalu berdampak buruk, meskipun selalu ada sisi positifnya. Namun mencegah lebih baik daripada mengobati, setidaknya kamu berhasil melindung teman dari dampak kesalahan yang diperbuatnya.

Melindungi teman memang sudah seharusnya kamu perbuat, setidaknya perbuatan kecil seperti menasihati bisa mencegah terjadinya dampak yang sangat buruk di masa yang akan datang.

Itu dia deretan alasan mengapa kamu perlu menasihati teman yang berbuat salah, terkadang diam saja bukan pilihan yang tepat untuk kamu ambil karena sesama teman harus saling mengingatkan.

Baca Juga: 5 DIY Gelang Persahabatan dari Berbagai Bahan yang Mudah dan Murah

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Blogger Brebes Selatan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya