Comscore Tracker

5 Dampak Buruk Tidak Memiliki Batasan dalam Pergaulan

Benarkah bisa berakhir fatal?

Dalam hidup, pergaulan memiliki peran yang cukup penting dan juga krusial tanpa kita sadari. Hanya saja, harus ada batasan demi batasan untuk membuat kamu tetap berada dalam ruang lingkup yang aman. 

Nyatanya, hal ini dilakukan bukan tanpa sebab yang jelas, karena sedikitnya ada lima dampak buruk jika kamu tidak memilik batasan dalam pergaulan. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini

1. Pergaulanmu jadi melenceng dan tidak terkontrol

5 Dampak Buruk Tidak Memiliki Batasan dalam PergaulanUnsplash.com/Jeremy Thomas

Pada dasarnya, hidup yang kita jalani saat ini harus berada dalam jalur yang benar dan terarah, tidak melenceng. Hanya saja, pergaulan yang tidak punya batasan menjadi pemicu timbulnya berbagai macam hal buruk. 

Hal ini menegaskan bahwa betapa pentingnya membuat batasan dalam pergaulanmu. Tujuannya sangat jelas, menciptakan pergaulan yang terarah dan terkontrol dengan baik. 

2. Jadi tidak ada kepedulian akan baik buruknya pergaulanmu

5 Dampak Buruk Tidak Memiliki Batasan dalam PergaulanUnsplash.com/Hannah Busing

Secara garis besar, pergaulan sangat memungkinkan seseorang untuk lupa akan segalanya, bahkan hilang kepedulian akan baik buruknya pergaulan tersebut. Hal ini bisa terjadi di saat tidak adanya batasan dalam pergaulan yang kamu jalani. 

Pada akhirnya, pergaulan memang membutuhkan batasan yang jelas dan punya kesadaran akan hal itu. Jika tidak, kamu benar-benar bisa lepas kontrol dan menganggap baik buruknya pergaulan sebagai hal sepele. 

3. Mudah dipengaruhi orang lain karena tidak punya pendirian

5 Dampak Buruk Tidak Memiliki Batasan dalam PergaulanUnsplash.com/Felix Rostig

Pada dasarnya, tujuan dibuatnya batasan dalam pergaulan sangatlah jelas, memberikan protect pada dirimu dari pergaulan yang terlalu bebas dan kelewat batas. Jika kamu menghilangkan batasan tersebut, hal buruk akan segera terjadi. 

Nyatanya, hidupmu bakalan mudah dipengaruhi orang lain karena tidak punya pendirian. Batasan itu juga demi kebaikan diri kamu sendiri, jangan terlalu abai akan hal tersebut. 

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Mindermu di Dalam Pergaulan

4. Menganggap kebebasan sebagai suatu hal yang biasa dan wajar terjadi

5 Dampak Buruk Tidak Memiliki Batasan dalam PergaulanUnsplash.com/Priscilla Du Preez

Pada umumnya, pergaulan yang tidak punya batasan bisa dikatakan sebagai pergaulan bebas. Buruknya, jika kamu meniadakan batasan tersebut, kamu akan menganggap kebebasan sebagai suatu hal yang biasa dan wajar terjadi. 

Meski setiap orang butuh yang namanya kebebasan dalam hidup, pergaulan harus ada batasan yang jelas dan terkontrol dengan baik. Menganggapnya wajar merupakan sikap yang tidak menguntungkan, bahkan dampaknya bisa sangat fatal. 

5. Menjadikan pergaulan sebagai prioritas utama dan bahkan segala-galanya

5 Dampak Buruk Tidak Memiliki Batasan dalam PergaulanUnsplash.com/Devin Avery

Secara garis besar, pergaulan memang menjadi bagian dari kehidupan yang menyenangkan. Bahkan, tidak masalah jika kita menjadikan pergaulan sebagai hal yang penting maupun sifatnya krusial. 

Namun, jangan sampai kami meniadakan batasan demi batasan yang ada. Dampaknya bisa sangat buruk, kamu bisa menjadikan pergaulan sebagai prioritas utama dan segala-galanya. 

Itu dia deretan dampak buruk jika kamu tidak memiliki batasan dalam pergaulan. Jangan sampai terpancing dengan pergaulan yang kelewat bebas, kesenangan sesaat bisa sangat merugikan diri sendiri dan orang terdekatmu. 

Baca Juga: 5 Langkah Bijak Merangkul Kembali Teman yang Menjauh dari Pergaulan

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya