Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Cemburu Bisa Jadi Awal dari Perselingkuhan

Benarkah cemburu itu diperlukan?

Dalam hubungan percintaan, rasa cemburu kerap atau sering kali terjadi tanpa kita sadari. Meski keberadaannya sering dianggap wajar, bukan berarti rasa cemburu tidak mengandung banyak risiko di dalamnya. 

Bahkan, dampaknya bisa sangat buruk, sedikitnya ada lima alasan mengapa kecemburuan bisa menjadi awal dari sebuah perselingkuhan. Simak ulasannya di bawah ini, yuk!

1. Kamu merasa hubungan tersebut sudah terlanjur tidak sehat

5 Alasan Mengapa Cemburu Bisa Jadi Awal dari PerselingkuhanPexels.com/Tan Danh

Pada dasarnya, kecemburuan merupakan sebuah respon alamiah di saat hilangnya kepercayaan satu sama lain. Dalam hal ini, hubungan tersebut bisa dikatakan kurang atau bahkan tidak sehat. 

Pada akhirnya, tidak menutup kemungkinan jika akan ada perselingkuhan setelah kecemburuan. Kamu merasa hubungan tersebut sudah terlanjur tidak sehat, tidak ada alasan untuk melanjutkannya sesuai dengan semestinya. 

2. Tidak ingin merasakan kecemburuan seorang diri

5 Alasan Mengapa Cemburu Bisa Jadi Awal dari PerselingkuhanPexels.com/Katerina Holmes

Secara garis besar, banyak orang yang membalas sebuah kecemburuan dengan kecemburuan pula. Di saat pasanganmu membuatmu merasa cemburu, kamu melakukan hal yang sama dan bahkan bisa lebih ekstrem lagi. 

Lambat laun, hal ini bisa menjadi awal dari sebuah perselingkuhan. Meski tujuan utamanya hanya sebatas membalas kecemburuan biasa, kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi ke depannya. 

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Lebih Baik Putus Setelah Terjadi Perselingkuhan

3. Hilangnya kepercayaan akan kesetiaan pasangan sejak dini

5 Alasan Mengapa Cemburu Bisa Jadi Awal dari PerselingkuhanPexels.com/Katerina Holmes

Bagi sebagian orang, kecemburuan sering diartikan sebagai tanda cinta dan juga kasih sayang. Hanya saja, hal ini juga bisa berupa hilangnya kepercayaan akan kesetiaan pasangan sehingga membuat kamu berpikir ke arah yang lebih negatif. 

Pada akhirnya, kecemburuan sangat memungkinkan bagi seseorang untuk melakukan perselingkuhan. Kepercayaan yang hilang dan hubungan yang tidak diharapkan menjadi alasan yang dianggap masuk akal. 

4. Selingkuh bisa menjadi bentuk pembalasan dendam karena telah membuatmu cemburu

5 Alasan Mengapa Cemburu Bisa Jadi Awal dari PerselingkuhanPexels.com/Kindel Media

Pada dasarnya, masih banyak orang yang menggunakan kecemburuan sebagai media pengujian untuk mengetahui seberapa besar rasa suka yang dia miliki. Namun, hal ini sangat berisiko dan bahkan berakibat fatal. 

Nyatanya, perselingkuhan bisa terjadi sebagai bentuk balas dendam karena telah membuatnya cemburu. Tiap orang punya cara pandangnya masing-masing dalam menilai kecemburuan, dan itu bisa berakhir buruk jika kamu menganggapnya sebagai sebuah permainan. 

5. Sudah terlanjur malas menjalin hubungan yang penuh dengan kecemburuan

5 Alasan Mengapa Cemburu Bisa Jadi Awal dari PerselingkuhanPexels.com/Dương Nhân

Secara garis besar, tiap orang punya standarnya masing-masing dalam menjalin suatu hubungan yang dianggap sehat. Dalam hal ini, tidak menutup kemungkinan bahwa kecemburuan menjadi parasit dalam hubungan tersebut. 

Pada akhirnya, tipikal orang semacam ini cenderung mengarah pada perselingkuhan jika selau ada kecemburuan di dalam hubungannya, sudah terlanjur malas untuk menjalani segalanya dengan sepenuh hati. 

 

Itu dia deretan alasan mengapa kecemburuan bisa menjadi awal dari perselingkuhan. Meski cemburu itu kadang kala diperlukan, bukan berarti baik jika terjadi secara terus-menerus. 

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Perselingkuhan Gak Bisa Dianggap Sebagai Kekhilafan

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya