Comscore Tracker

5 Alasan di Balik Pentingnya Break saat Pacaran untuk Sementara Waktu

Mungkin itu yang terbaik!

Dalam perihal berpacaran, ada istilah break yang menandakan bahwa hubungan tersebut perlu istirahat. Meski berada di ambang perpisahan, namun jauh lebih baik dibanding putus tanpa berpikir panjang.

Lantas, apa sebenarnya inti dari break itu sendiri? Sedikitnya ada lima alasan di balik pentingnya break saat pacaran untuk sementara waktu. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Berpikir dengan jernih untuk tetap melanjutkan hubungan atau tidak

5 Alasan di Balik Pentingnya Break saat Pacaran untuk Sementara WaktuPexels.com/Pixabay

Pada dasarnya, break sangat berbeda dengan putus. Saat break, kita bisa memutuskan dengan jernih untuk tetap melanjutkan hubungan atau tidak, sedangkan putus hubungan sudah jelas bahwa itu adalah perpisahan.

Makanya, break menjadi kesempatan kamu untuk bisa berpikir dengan jernih, tidak terpengaruh oleh emosi dan amarah saat hubungan retak akibat banyaknya masalah. Manfaatkan break tersebut sebaik mungkin agar tidak terjadi penyesalan di kemudian hari.

2. Tidak memicu masalah baru dengan tetap memaksa melanjutkan hubungan

5 Alasan di Balik Pentingnya Break saat Pacaran untuk Sementara WaktuPexels.com/Juan Pablo Serrano Arenas

Suatu pasangan lebih memilih untuk break pada saat hubungannya begitu rumit, terlebih jika ada masalah baru yang datang secara bergilir. Fungsi break di sini sangatlah berarti, tujuannya agar tidak memicu masalah yang lebih baru.

Melanjutkan hubungan tanpa adanya break bisa membuat suatu permasalahan menjadi tambah rumit, akan ada banyak pertengkaran yang pada akhirnya berakhir perpisahan.

3. Istirahat sejenak untuk menenangkan diri dari masalah percintaan

5 Alasan di Balik Pentingnya Break saat Pacaran untuk Sementara WaktuPexels.com/Nathan Cowley

Dalam hidup, kita tidak hanya berbicara soal masalah percintaan, masih ada banyak masalah lain yang menghampiri tiada henti. Fungsi break di sini mungkin sangat membantu, mengistirahatkan diri dari satu masalah yang cukup membebani hidup.

Wajar sekali jika kita ingin istirahat sejenak untuk menenangkan diri dengan cara break, masalah percintaan sangatlah berat dan banyak mengganggu pikiran. Harapannya, istirahat dalam kurun waktu tertentu bisa membuat hidup kamu sedikit lebih damai.

Baca Juga: 8 Alasan Mengapa Break Tidak Pantas Dilakukan Saat Berpacaran

4. Introspeksi diri dan hubungan untuk menemukan inti dari penyebab kegagalan

5 Alasan di Balik Pentingnya Break saat Pacaran untuk Sementara WaktuPexels.com/Min An

Break tidak hanya sebatas istirahat dari percintaan, tapi juga sebagai media introspeksi diri dan hubungan tentang penyebab kegagalan. Kamu bisa menilai dengan lebih jelas dan teliti tentang hubunganmu yang begitu berantakan.

Di balik kegagalan suatu hubungan, di situ ada kesalahan yang mungkin tidak kamu sadari sama sekali, entah dari sisi pribadi maupun dari hubungan itu sendiri. Fungsi break di sini untuk mempermudah kamu dalam menemukan kesalahan demi kesalahan yang terjadi, sehingga menghindari kesalahpahaman yang bahkan tidak berujung.

5. Memberikan ruang bagi pasangan sendiri untuk berpikir sebelum bertindak

5 Alasan di Balik Pentingnya Break saat Pacaran untuk Sementara WaktuPexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Dalam menjalin hubungan, kita tidak boleh egois dengan cara mementingkan diri sendiri. Cobalah untuk melakukan break terlebih dahulu jika memungkinkan, berikan ruang bagi pasangan kamu untuk bisa berpikir dengan baik.

Biarkan dia berpikir sebelum bertindak, setidaknya setiap keputusannya atas dasar berpikir dan tidak terbawa oleh emosi semata. Selain menghindari sikap egois, juga menentukan sebaik-baiknya nasib hubungan kamu kedepannya.

Itu dia deretan alasan di balik pentingnya break saat pacaran untuk sementara waktu. Meski break terdengar seperti berada di ambang perpisahan, bukan tidak mungkin jika break menjadi awal yang baik untuk hubungan kamu kedepannya.

Baca Juga: 5 Bukti Kamu Sudah Harus Break dari Hubungan, Biar Gak Jadi Toxic

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya