Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Gak Bisa Terus Memaksa Orang Lain untuk Berada di Sisimu

Gak baik, lho!

Sebagai manusia yang selalu ingin hidup berdampingan, kadang kala kita memaksa orang lain untuk tetap berada di sisimu. Meski bukan tindakan yang jahat, bukan berarti baik untuk dilakukan secara terus menerus.

Tentu hal ini bukan tanpa alasan yang jelas, sedikitnya ada lima alasan kamu gak bisa terus memaksa orang lain untuk tetap berada di sisimu. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Setiap orang punya aturannya sendiri dalam menjalani hidup

5 Alasan Kamu Gak Bisa Terus Memaksa Orang Lain untuk Berada di SisimuPexels.com/Artem Beliaikin

Secara garis besar, setiap keputusan atas hidup orang lain berada pada tangannya sendiri, bahkan mereka punya aturannya masing-masing atas hidup yang ingin dijalaninya.

Hal ini menegaskan bahwa kita gak bisa memaksa orang lain untuk selalu berada di sisimu, mereka mau tinggal atau pergi semuanya bergantung pada keinginan dan juga keputusannya sendiri.

2. Memaksa hanya akan membuat orang terdekatmu merasa terbebani

5 Alasan Kamu Gak Bisa Terus Memaksa Orang Lain untuk Berada di SisimuPexels.com/cottonbro

Secara logika, orang yang berniat pergi dari sisimu bisa jadi karena merasa tidak nyaman atau ada kepentingan yang harus diutamakan. Pada akhirnya, pergi meninggalkanmu menjadi satu-satunya jalan.

Jika kamu tetap memaksa dia tetap berada di sisimu, bukankan itu hanya akan memberikan beban padanya? Kita tidak bisa menghentikan apa yang sudah menjadi keinginannya, memaksa hanya akan membebani.

3. Kita tidak boleh membatasi pergerakan orang lain hanya karena ego sendiri

5 Alasan Kamu Gak Bisa Terus Memaksa Orang Lain untuk Berada di SisimuPexels.com/Elijah O'Donnell

Ketika seseorang berniat untuk pergi dari sisimu, bisa jadi itu sudah berdasarkan pemikiran yang matang dan atas kehendaknya sendiri. Jika kamu memaksa untuk tinggal, itu bisa menjadi keputusan yang sangat buruk.

Padahal, sudah seharusnya kita tidak membatasi pergerakan orang lain hanya karena ego sendiri. Pikirkan juga apa yang diinginkan orang lain, pergi dari sisimu mungkin sudah menjadi pilihan yang tepat.

Baca Juga: 5 Alasan Memaksa Bahagia Malah akan Membuatmu Stres

4. Kamu harus belajar melepaskan demi kebebasan orang lain

5 Alasan Kamu Gak Bisa Terus Memaksa Orang Lain untuk Berada di SisimuPexels.com/Pixabay

Pada dasarnya, setiap orang ingin hidup bebas tanpa ada kekangan dari orang di sekitarnya. Orang yang pergi dari sisimu bisa jadi sedang mencari kebebasan yang sebenar-benarnya.

Pada akhirnya, kamu harus belajar melepaskan demi kebebasan orang lain. Jangan memaksanya untuk tetap berada di sisimu, bukankah itu sama saja menghambat apa yang sebenarnya dia inginkan?

5. Introspeksi diri jauh lebih baik dibanding memaksa orang lain untuk bertahan

5 Alasan Kamu Gak Bisa Terus Memaksa Orang Lain untuk Berada di SisimuPexels.com/Anastasia Shuraeva

Ketika seseorang berniat untuk pergi, bukan tidak mungkin jika ada sesuatu yang salah dalam dirimu. Namun, masih banyak orang yang tidak sadar akan kesalahan yang telah diperbuatnya.

Hal ini menegaskan bahwa introspeksi diri jauh lebih baik dibanding memaksa orang lain untuk bertahan. Pada akhirnya, kesalahan bukan pada orang yang ingin pergi, tapi pada diri kamu yang tidak kunjung sadar akan kesalahan.

Itu dia deretan alasan kamu gak bisa terus memaksa orang lain untuk berada di sisimu. Meski itu adalah orang yang kamu hormati atau cintai, membiarkannya untuk pergi bisa menjadi pilihan yang mungkin paling terbaik.

Baca Juga: 5 Cara Meniatkan Diri agar Bisa Tegas Saat Memutuskan Pacar yang Toxic

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya