Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Kamu Gak Bisa Leluasa dalam Menjalin Suatu Hubungan

Benar-benar penuh dengan batasan?

Pada dasarnya, setiap orang ingin menjalin hubungan dengan banyak kebebasan di dalamnya. Tentu saja dengan batasan yang masih wajar dan normal, tidak mengarah pada hal yang lebih negatif. 

Hanya saja, ekspektasi tidak selalu sama dengan realita, sedikitnya ada lima alasan mengapa kamu gak pernah bisa leluasa dalam menjalin suatu hubungan. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini. 

1. Kamu memilih merahasiakan hubungan dengan berbagai macam alasan di dalamnya

5 Alasan Mengapa Kamu Gak Bisa Leluasa dalam Menjalin Suatu HubunganPexels.com/Uriel Mont

Pada umumnya, masih banyak orang yang memilih merahasiakan hubungannya dari publik dengan berbagai macam alasan di dalamnya, entah tidak direstui orangtua, belum berani membuka diri, maupun umur hubungan yang masih terlalu dini. 

Meski itu demi kepentingan bersama, kamu merasa gak bisa leluasa dan penuh dengan batasan. Bahkan, untuk sebatas bertemu saja harus sembunyi-sembunyi demi terjaganya hubungan tersebut. 

2. Banyak keraguan yang membuatmu enggan melangkah ke hubungan yang lebih jauh lagi

5 Alasan Mengapa Kamu Gak Bisa Leluasa dalam Menjalin Suatu HubunganPexels.com/Gustavo Fring

Secara garis besar, hubungan percintaan memang rentan terhadap kergauan demi keraguan di dalamnya. Pada akhirnya, keraguan tersebut membuat kamu enggan melangkah ke hubungan yang lebih jauh lagi. 

Tanpa sadar, hal tersebut membuat banyak batasan dan bahkan membuatmu tidak bisa leluasa dalam menjalin hubungan itu sendiri. Keraguan mungkin bisa dianggap kewajaran, kamu dampaknya terlalu buruk untuk dianggap sebagai hal sepele. 

3. Merasa diri sendiri kurang baik yang pada akhirnya tidak banyak bertindak

5 Alasan Mengapa Kamu Gak Bisa Leluasa dalam Menjalin Suatu HubunganPexels.com/Trần Long

Dalam hubungan percintaan, rasa insecure bisa datang kapan saja tanpa kita sadari. Kamu merasa diri sendiri kurang baik yang pada akhirnya tidak banyak bertindak. 

Hal tersebut menciptakan batasan demi batasan yang mencegah kamu untuk bersikap leluasa. Insecure itu bisa sangat merugikan, bahkan dalam hubungan asmara sekalipun. 

Baca Juga: 5 Tanda Pasangan Belum Cukup Dewasa dalam Menjalin Hubungan

4. Kamu punya kepercayaan diri yang terlalu rendah

5 Alasan Mengapa Kamu Gak Bisa Leluasa dalam Menjalin Suatu HubunganPexels.com/Vanessa Garcia

Pada dasarnya, sebagian besar orang tahu bahwa kepercayaan diri punya peran yang sangat penting dalam hidup, termasuk dalam hubungan percintaan. Bahkan, perannya teramat krusial dan tidak bisa dianggap hal sepele. 

Nyatanya, kepercayaan diri yang rendah bisa membuat segala tindakan kamu menjadi terbatas, tidak ada keleluasaan di dalamnya. Makanya, jangan terlalu menganggapnya enteng, atau kebabasan kamu dalam hubungan menjadi terganggu. 

5. Takut membuat banyak kesalahan sehingga apa yang kamu lakukan sangat terbatas

5 Alasan Mengapa Kamu Gak Bisa Leluasa dalam Menjalin Suatu HubunganPexels.com/Vanessa Garcia

Pada hakikatnya, hubungan percintaan memang harus kita jalani dengan penuh kehati-hatian. Hanya saja, tidak mau mengambil risiko sama saja dengan membuat batasan yang begitu besar. 

Pada akhirnya, takut membuat kesalahan membuat pergerakanmu menjadi sangat terbatas. Meski waspada itu perlu, jangan buat dirimu berada dalam ketakutan yang berlebih. 

Itu dia deretan mengapa kamu gak bisa leluasa dalam menjalin suatu hubungan. Hubungan percintaan memang harus ada batasan di dalamnya, namun dengan batasan yang wajar dan tidak berlebihan. 

Baca Juga: 5 Hal Penting dalam Menjalin Hubungan Pertemanan yang Sehat

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya