Comscore Tracker

5 Hal yang Perlu Diperhatikan di saat Ingin Menegur Orang Terdekatmu

Jangan terlalu bar-bar, ya!

Dalam menjalani hidup, kita sering kali melihat orang terdekatmu melakukan berbagai macam kesalahan yang cukup merepotkan, entah itu yang disengaja maupun tidak. Sebagai sesama manusia, sudah sepantasnya bagi kita untuk menegur orang yang telah melakukan kesalahan.

Meski setiap teguran itu memiliki makna yang sama, sedikitnya ada lima hal yang perlu diperhatikan di saat ingin menegur orang terdekatmu. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Cara penyampaiannya tidak boleh terlalu frontal

5 Hal yang Perlu Diperhatikan di saat Ingin Menegur Orang TerdekatmuUnsplash.com/LinkedIn Sales Navigator

Pada dasarnya, segala bentuk teguran memiliki arti dan makna yang sama. Hanya saja, cara penyampaiannya harus kamu perhatikan, apalagi jangan sampai terlalu frontal dan membuat kesalahpahaman yang berujung pertikaian.

Cobalah untuk lebih santai dan bertutur kata dengan lebih baik dalam memberikan teguran. Jangan sampai apa yang kamu katakan menyinggung atau membuat dirinya merasa dihakimi atas segala ucapan yang terlalu frontal.

2. Situasi dan kondisinya memungkinkan untuk menerima teguran atau tidak

5 Hal yang Perlu Diperhatikan di saat Ingin Menegur Orang TerdekatmuUnsplash.com/Amy Hirschi

Secara garis besar, memberikan teguran pada orang lain harus memperhatikan beberapa hal penting, yakni waktu, tempat, dan juga suasana. Paling tidak, pastikan situasi dan kondisinya memungkinkan untuk menerima berbagai macam teguran.

Jangan sampai kamu memberikan teguran di saat dia sedang sedih, marah, kesal, dan sebagainya. Jika hal ini terjadi, teguran kamu tidak akan pernah sampai dan malah bisa membuat keributan yang merepotkan.

3. Setiap teguran yang kamu sampaikan harus jelas dan tidak rancu

5 Hal yang Perlu Diperhatikan di saat Ingin Menegur Orang TerdekatmuUnsplash.com/Christina @ wocintechchat.com

Pada hakikatnya, segala macam bentuk teguran yang kamu lontarkan memiliki tujuan yang sangat baik. Namun, teguran tersebut harus disampaikan dengan jelas dan juga tidak rancu.

Hal ini bukan semata-mata untuk merasa lebih baik dalam berucap, tapi memang demi kejelasan atas kesalahan yang telah dia lakukan. Paling tidak, teguran yang kamu berikan benar-benar sampai dan berdampak positif kedepannya.

Baca Juga: 5 Cara Menegur Orang Toxic agar Mereka Segera Sadar, Yuk Dicoba!

4. Tujuan atau maksud kamu dalam memberikan teguran itu sendiri harus jelas

5 Hal yang Perlu Diperhatikan di saat Ingin Menegur Orang TerdekatmuUnsplash.com/kevin laminto

Pada umumnya, sebagian besar orang menganggap bahwa sebuah teguran dilontarkan demi kebaikan bersama. Dalam hal ini, tentu kamu harus paham betul apa maksud dan tujuan kamu yang sebenarnya dalam memberikan teguran itu sendiri.

Nyatanya, ada juga orang yang menggunakan teguran dengan maksud dan tujuan yang lain, termasuk yang sifatnya negatif. Jika itu tujuan kamu yang sebenarnya, lebih baik urungkan segala niat kamu untuk melakukan teguran demi teguran.

5. Penyesuaian kalimat agar kamu tidak merasa benar sendiri

5 Hal yang Perlu Diperhatikan di saat Ingin Menegur Orang TerdekatmuPexels.com/Charlotte May

Pada dasarnya, cara kita yang sopan dalam menegur bukan berarti lepas dari segala kesalahan. Nyatanya, kamu harus tetap memperhatikan kalimat demi kalimat agar tidak merasa benar sendiri.

Orang yang merasa benar sendiri dalam menegur tidak akan membuahkan hasil yang baik. Kamu seakan-akan sedang menghakiminya sendiri, dia yang paling bersalah dan kamu yang paling benar.

Itu dia deretan perihal yang perlu diperhatikan di saat ingin menegur orang terdekatmu. Meski segala bentuk teguran memiliki maksud dan tujuan yang sama persis, bukan berarti kamu bisa menegurnya tanpa persiapan sama sekali.

Baca Juga: 5 Trik Menegur Pacar saat Berbuat Kesalahan, biar Dia Gak Tersinggung 

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya