Comscore Tracker

5 Tips Buat Kamu yang Merasa Hubunganmu Berat Sebelah

Jangan dibiarkan begitu saja

Harapan terbesar dari terjalinnya suatu hubungan adalah adanya perkembangan yang begitu pesat, yang mana hubunganmu makin hari makin lengket dan harmonis. 

Namun, ekspektasi kamu ternyata terpatahkan dengan realitas, bahkan hubunganmu saat ini tidak ada keseimbangan sama sekali. Maka dari itu, sedikitnya ada lima tips buat kamu yang merasa hubunganmu saat ini kian berat sebelah. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini. 

1. Utarakan pendapatmu tentang hubungan yang gak ada keseimbangannya sama sekali

5 Tips Buat Kamu yang Merasa Hubunganmu Berat SebelahPexels.com/Karolina Grabowska

Kita tidak pernah tahu apakah pasanganmu sadar akan hubungannya yang sedang berat sebelah atau tidak, yang harus kamu lakukan adalah mengutarakan pendapatmu tentang kondisi hubunganmu saat ini. 

Paling tidak, hal ini memberikan celah bagi kamu untuk komplain soal hubungan yang penuh ketidakseimbangan. Jangan diam saja, atau semuanya akan bertambah buruk. 

2. Jangan buat diri kamu seolah-olah mau melakukan apa saja untuk dirinya

5 Tips Buat Kamu yang Merasa Hubunganmu Berat SebelahPexels.com/Ketut Subiyanto

Hubungan yang berat sebelah dan lebih dominan pada pasanganmu kenyataannya bisa berakibat buruk, kamu akan mendapat perlakuan yang tidak baik dan bahkan memanfaatkan perasaanmu dari segala sisi. 

Untuk mengatasi hal ini, jangan buat diri kamu seolah-olah mau melakukan apa saja untuk dirinya. Hubungan berat sebelah bisa terjadi karena dia merasa sangat dicintai, seakan kamu bebas dimanfaatkan karena rasa suka tersebut. 

Baca Juga: 5 Ciri Pasangan Egois dalam Pernikahan, Selalu Kamu yang Berkorban!

3. Mendiskusikan untuk memutuskan apakah hubungan tersebut bisa dilanjutkan atau tidak

5 Tips Buat Kamu yang Merasa Hubunganmu Berat SebelahPexels.com/Ron Lach

Di saat keseimbangan hubungan kian bertambah buruk, mulailah untuk mendiskusikannya dengan pasangan. Tujuan dari diskusi ini sangat jelas, memberi kejelasan akan hubungan tersebut ke depannya. 

Tentu mau lanjut atau tidak itu tergantung dari keputusan kedua belah pihak. Yang jelas, kamu harus membicarakannya dengan baik-baik tentang ketidakseimbangan yang sedang terjadi. 

4. Cari tahu pemicu di balik berat sebelahnya hubungan tersebut

5 Tips Buat Kamu yang Merasa Hubunganmu Berat SebelahPexels.com/Alex Green

Segala bentuk ketidakseimbangan sudah pasti ada pemicu di balik itu semua, termasuk juga dalam hubungan percintaan. Jika kamu ingin bertindak seorang diri, cari pemicu tersebut untuk menarik kesimpulan. 

Setiap ketidakseimbangan suatu hubungan punya pemicu yang berbeda-beda, entah karena sudah tidak cocok, pasanganmu tipikal orang yang mendominasi, atau memang ada pihak ketiga di balik itu semua. 

5. Tidak menjadikan hubunganmu saat ini sebagai prioritas untuk sementara waktu

5 Tips Buat Kamu yang Merasa Hubunganmu Berat SebelahPexels.com/Dương Nhân

Kita semua pastinya ingin mendapatkan hubungan yang benar-benar berjalan dengan semestinya. Namun, fakta berkata lain, bahkan hubunganmu makin berat sebelah. 

Dalam hal ini, kamu sendiri ingin menutup mata akan fakta tersebut, tentu karena tidak ingin ada perpisahan dalam hubungan. Pada akhirnya, yang harus kamu lakukan hanyalah tidak menjadikan hubunganmu sebagai prioritas utama untuk sementara waktu, cari situasi yang tepat dan persiapkan segalanya dengan matang-matang. 

Permasalahan semacam ini harus segera diatasi dengan cara yang baik-baik, jangan melarikan diri atau segalanya akan bertambah rumit. Obrolkan dengan pasangan dan carilah jalan keluar bersama.

Baca Juga: 5 Dampak Buruk kalau Selalu Berkorban Perasaan agar Pasangan Bahagia

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya