Comscore Tracker

5 Jenis Perselingkuhan Paling Buruk dengan Dampak Sangat Besar

Kamu pernah selingkuh karena situasi mendukung?

Dasarnya, segala bentuk perselingkuhan tidak ada yang bisa dibenarkan. Semua jenis perselingkuhan adalah wujud kesalahan dan pengkhianatan dalam hubungan. Pada akhirnya, pasangan lah yang merasa tersakiti atas tindakan buruk tersebut.

Namun, dari berbagai macam jenis perselingkuhan, kelima jenis berikut ini boleh dibilang paling buruk dengan dampak sangat besar bagi kedua belah pihak. Berharap lah dulu kamu tidak pernah melakukan salah satu dari kelima hal ini, ya!

1. Selingkuh karena situasi yang mendukung

5 Jenis Perselingkuhan Paling Buruk dengan Dampak Sangat Besarilustrasi perselingkuhan (pexels.com/Ron Lach)

Selingkuh berdasarkan situasi bisanya terjadi di saat seseorang meninggalkan pasangannya karena ada perjalanan bisnis sampai ke luar kota. Seperti kata pepatah, kejahatan bukan hanya terjadi karena niat pelakunya, melainkan juga karena ada kesempatan.

Parahnya lagi, situasi itu bisa diciptakan. Seseorang mungkin bisa berdalih jika situasi terlalu mendukungnya untuk khilaf hingga akhirnya berselingkuh. Namun, banyak yang tidak menyadari jika ia juga secara sadar mampu menciptakan suatu situasi dan kondisi yang melebarkan peluangnya melakukan perselingkuhan. 

2. Selingkuh karena hubungan emosional

5 Jenis Perselingkuhan Paling Buruk dengan Dampak Sangat Besarilustrasi perselingkuhan (pexels.com/Sleepi Alleyne)

Perselingkuhan bisa didasari akan dua hal, yakni emosional dan seksual. Perselingkuhan akibat dari hubungan emosional berupa perasaan cinta dan sayang, dimana keduanya saling mencintai terlepas keduanya sudah memiliki pasangan.

Sedangkan, perselingkuhan karena hubungan seksual lebih mengarah pada hawa nafsu dan hubungan intim. Artinya, tidak ada perasaan cinta dan sayang dalam kurun waktu jangka panjang lantaran dikuasai rasa penasaran dan ketertarikan sesaat.

Namun, yang paling buruk adalah perselingkuhan dengan dasar hubungan emosional. Pengkhianatan di sini sudah atas dasar cinta dan perasaan, dimana seseorang sudah jatuh cinta pada orang lain selain pasangannya.

Baca Juga: 6 Cara Bijak Hadapi Pasangan Selingkuh, Tak Harus Pakai Emosi

3. Selingkuh karena perlu validasi

5 Jenis Perselingkuhan Paling Buruk dengan Dampak Sangat Besarilustrasi perselingkuhan (pexels.com/Alena Darmel)

Apakah hubungan yang baik-baik saja jauh dari kata perselingkuhan? Tidak sepenuhnya benar. Banyak orang yang berselingkuh hanya karena butuh validasi; bahwa dirinya benar-benar baik dalam beberapa hal, salah satu contohnya misalkan dalam konteks seksual.

Artinya, seseorang berselingkuh hanya karena butuh diakui meski pasangannya sudah mengungkapkannya berulang kali dan tak kunjung membuatnya merasa puas. Tentu ini merupakan tindakan yang sangat buruk dan egois.

4. Selingkuh karena ragu akan cinta terhadap pasangannya

5 Jenis Perselingkuhan Paling Buruk dengan Dampak Sangat Besarilustrasi perselingkuhan (pexels.com/RODNAE Productions)

Rasa ragu atas perasaan cinta terhadap pasangannya kerap kali terjadi. Meski sudah mencoba berulang kali untuk terus mencintai pasangan sepenuh hati, namun, hasilnya tetap nihil. Pada akhirnya, mereka mencoba menemukan arti kata "cinta" pada orang lain.

Terjadilah sebuah perselingkuhan hanya karena keraguan tersebut. Tentu ini merupakan bagian terburuk karena dia tidak benar-benar mencintai pasangannya dan malah mencoba mencari makna cinta dari orang lain.

5. Selingkuh atas dasar balas dendam

5 Jenis Perselingkuhan Paling Buruk dengan Dampak Sangat Besarilustrasi perselingkuhan (pexels.com/Timur Weber)

Hubungan asmara tidak hanya bicara soal cinta dan kasih sayang, tetapi bisa juga meliputi balas dendam. Ketika pasangannya melakukan kesalahan, balas dendam yang dia lakukan adalah berselingkuh.

Mungkin dari ucapannya sudah ada kata "maaf", tapi dari lubuk hati yang paling dalam masih tersimpan asa balas dendam yang begitu besar. Hal ini dinilai sangat buruk karena ucapan tidak sesuai dengan tindakannya, padahal balas dendam bukan cara terbaik untuk menyelesaikan suatu masalah.

Tak bisa dielakkan lagi jika perselingkuhan merupakan tindakan buruk yang wajib dihindari setiap pasangan. Berselingkuh dalam bentuk apa pun itu tidak bisa dibenarkan, apalagi untuk kelima poin di atas yang dinilai terburuk dari yang buruk.

Baca Juga: 5 Tanda Manipulasi dari Pasangan untuk Menutupi Perselingkuhan

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya