Comscore Tracker

5 Dampak Buruk Jika Komunikasi dengan Pasangan Sering Terhambat

Rentan perpisahan?

Dalam hubungan percintaan, komunikasi menjadi hal yang sangat penting dan juga krusial yang tidak boleh disepelekan. Meski hanya sebatas berkirim pesan sekalipun, komunikasi harus tetap terjalin dengan baik.

Lantas, bagaimana jika komunikasi mu benar-benar kacau dan terhambat? Bahaya banget! Bahkan sedikitnya ada lima dampak buruk jika komunikasi mu dengan pasangan sering terhambat. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Hubunganmu menjadi hambar dan biasa saja

5 Dampak Buruk Jika Komunikasi dengan Pasangan Sering TerhambatPexels.com/Katerina Holmes

Pada dasarnya, banyak hal menyenangkan yang akan terjadi di saat kamu melakukan komunikasi dengan pasangan. Meski tidak bertatap muka sekalipun, komunikasi benar-benar inti dari terjalinnya sebuah hubungan.

Namun, jika komunikasi mu dengan pasangan sering terhambat, hubunganmu akan menjadi hambar dan biasa saja. Padahal, komunikasi itu berperan penting, terlebih dalam menciptakan kebahagiaan bersama.

2. Hilangnya perasaan keduanya cepat atau lambat

5 Dampak Buruk Jika Komunikasi dengan Pasangan Sering TerhambatPexels.com/Gustavo Fring

Secara garis besar, komunikasi merupakan bentuk lain dari cara kamu mempererat perasaan secara tidak langsung. Jika komunikasi mu dengannya sering terhambat, ada hal buruk yang menunggumu ke depannya.

Nyatanya, hal ini bisa berdampak pada hilangnya perasaan keduanya cepat atau lambat. Komunikasi itu tujuannya mempererat, jangan sampai hubunganmu tidak dikelilingi perasaan hanya karena terhambatnya komunikasi.

Baca Juga: 5 Trik Bangun Komunikasi Online Seru saat Hubungan Sudah Terjalin Lama

3. Sering terjadi kesalahpahaman yang merugikan

5 Dampak Buruk Jika Komunikasi dengan Pasangan Sering TerhambatPexels.com/Trung Nguyen

Pada dasarnya, hubungan percintaan memang sering kali diselimuti dengan kesalahpahaman yang tidak berdasar. Namun, kamu gak boleh memperburuknya dengan komunikasi yang berantakan.

Nyatanya, komunikasi yang terhambat dapat menimbulkan kesalahpahaman yang berujung merugikan. Tidak ada penjelasan akibat dari minimnya informasi, segalanya benar-benar penuh dengan ketidaktahuan.

4. Cenderung mudah emosi karena tidak ada kedekatan yang lebih intim

5 Dampak Buruk Jika Komunikasi dengan Pasangan Sering TerhambatPexels.com/Monnivhoir Aymar Ko

Pada umumnya, komunikasi tidak hanya sebatas saling berbagai informasi semata, tapi juga menjalin kedekatan yang lebih intim. Dalam hubungan, jangan sampai komunikasi terhambat begitu saja.

Nyatanya, hal ini bisa berdampak buruk ke depannya, kamu bisa dengan mudah mengeluarkan emosi dan kecenderungan untuk menyalahkan. Kedekatan itu penting, jangan sampai mengabaikannya karena menganggapnya sepele.

5. Tidak menganggap keberadaan hubungan akibat putusnya komunikasi

5 Dampak Buruk Jika Komunikasi dengan Pasangan Sering TerhambatPexels.com/Lê Minh

Dari awal kita sudah paham bahwa komunikasi itu sebagai inti dari terjalinnya suatu hubungan. Bahkan, keberadaan hubungan itu sendiri terbangun akibat adanya komunikasi yang baik.

Hal ini menegaskan bahwa sangat genting sekali jika komunikasi mu banyak terhambat. Keberadaan hubunganmu bisa terancam, bahkan bisa dianggap tidak ada seperti layaknya sudah berpisah.

Dampak buruk jika komunikasimu dengan pasangan gak lancar akan memicu masalah lainnya dalam hubungan. Jangan terlalu meremehkan keberadaan komunikasi, atau kamu akan mendapatkan dampak buruk yang bisa berkepanjangan.

Baca Juga: 5 Tips Membangun Komunikasi Sehat dengan Pasangan, Anti Salah Paham!

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya