Comscore Tracker

5 Cara Mengatasi Pasangan yang Mudah Tersinggung, Biar Langgeng!

Jangan dianggap sepele, lho!

Memiliki pasangan yang mudah tersinggung memang tidak semudah yang dibayangkan, kamu harus bisa menahan emosi karena apa pun yang kamu lakukan akan berujung kesalahan seakan-akan kamu menyinggung dirinya secara sengaja.

Jika kamu ingin hubungan tersebut tetap berlanjut, setidaknya lakukan sedikit perubahan agar semuanya bisa berjalan dengan lancar. Berikut ini ada beberapa cara mengatasi pasangan yang mudah tersinggung, jangan diam saja dan lakukan sesuatu demi hubungan kamu ke depannya.

1. Jangan biarkan dia membahas sesuatu yang sensitif

5 Cara Mengatasi Pasangan yang Mudah Tersinggung, Biar Langgeng!dramabeans.com

Pasangan yang mudah tersinggung biasanya sangat rentan terhadap sesuatu yang sensitif, salah satu contohnya adalah kekurangan fisik. Jangan membahas sesuatu yang berhubungan dengan kekurangan seseorang, kamu bisa saja menyinggung dirinya seakan-akan itu disengaja.

Cobalah untuk membahas sesuatu yang lebih positif daripada yang sensitif, setidaknya itu akan membuat hubungan kamu lebih langgeng dan tidak ada permasalahan yang berbuntut panjang akibat masalah sepele.

2. Jika kamu mau menegur, gunakan kritik yang membangun

5 Cara Mengatasi Pasangan yang Mudah Tersinggung, Biar Langgeng!dramabeans.com

Sebagai manusia sudah sepantasnya menegur seseorang yang sudah berbuat salah, hal ini bertujuan untuk membuat dirinya menjadi pribadi yang lebih baik dan tidak melakukan kesalahan yang sama. Namun terkadang kita juga melakukan hal yang sama pada pasangan sendiri, menegur dan memberi tahu bahwa itu perbuatan salah membuat dirinya merasa tersinggung.

Makanya jangan pernah menegur pasangan yang mudah tersinggung tanpa ada kritik yang membangun, setidaknya hal itu berguna untuk mengurangi rasa bersalah setelah melakukan kesalahan. 

Baca Juga: Tak Lagi Sungkan, 5 Cara Baik Menegur Teman Tanpa Takut Tersinggung

3. Saring terlebih dahulu ucapan kamu sebelum mengeluarkan pendapat

5 Cara Mengatasi Pasangan yang Mudah Tersinggung, Biar Langgeng!dramabeans.com

Dalam hubungan asmara, perbedaan pendapat sudah menjadi hal yang wajar terjadi. Namun beda cerita jika pasangan kamu sangat mudah tersinggung, setidaknya kata-kata kamu harus disaring terlebih dahulu sebelum mengeluarkan pendapat.

Tentu hal ini bertujuan agar pendapat kamu bisa sampai kepada dirinya dengan sangat baik, tidak membuat tersinggung yang bisa menyebabkan perpecahan dalam hubungan kamu. Lebih baik bermain aman daripada harus timbul keributan, bukan?

4. Kenali lebih jauh hal seperti apa yang membuat dia tersinggung

5 Cara Mengatasi Pasangan yang Mudah Tersinggung, Biar Langgeng!dramabeans.com

Hal seperti apa yang membuat pasangan kamu bisa tersinggung? Mungkin tidak semua orang bisa menjawabnya, terkadang kita menjalin suatu hubungan karena melihat sisi positifnya, bukan melihat sisi negatif seperti halnya dalam konteks.

Kamu sebagai pasangannya harus paham hal seperti apa yang membuat pasangan tersinggung, setidaknya itu membantu kamu mengurangi pertengkaran yang berujung perpisahan.

5. Jangan terlalu banyak berkomentar tentang pasangan kamu

5 Cara Mengatasi Pasangan yang Mudah Tersinggung, Biar Langgeng!dramabeans.com

Tahukah kamu bahwa terkadang menjadi orang pendiam lebih baik daripada banyak bicara? Terutama ketika menjalin hubungan percintaan dengan orang yang mudah tersinggung, terlalu banyak berkomentar tentang dirinya dapat membuat kamu secara tidak sengaja menyinggung perasaannya.

Maka dari itu, berhenti berkomentar untuk sesuatu yang sifatnya tidak penting. Ini merupakan cara terbaik untuk tetap menjalin hubungan dengan orang yang mudah tersinggung. Memang merepotkan, namun kamu harus menerima apa pun kekurangan pasangan kamu, bukan?

Itulah beberapa cara mengatasi pasangan yang mudah tersinggung, jangan sampai melakukan kesalahan baik yang disengaja maupun tidak karena dampaknya bisa sangat buruk dari apa yang kamu bayangkan.

Baca Juga: 5 Tips Agar Kamu Gak Mudah Tersinggung dan Punya Hati yang Tenang

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Blogger Brebes Selatan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya