Comscore Tracker

5 Alasan Pentingnya Membuat Keputusan Adil dalam Hubungan

Biar gak ada pihak yang benar-benar dirugikan? 

Hubungan percintaan erat sekali kaitannya dengan perasaan dan rasa cinta. Namun, jarang sekali orang yang benar-benar menerapkan rasa adil di antara keduanya, bahkan lebih banyak salah satu pihak yang mendominasi. 

Padahal, keadilan dalam hubungan percintaan itu bisa sangat baik loh, bahkan sedikitnya ada lima alasan di balik pentingnya membuat keputusan paling ada dalam hubungan percintaanmu. Simak ulasannya di bawah ini!

1. Tidak membuat pasanganmu merasa yang paling dirugikan

5 Alasan Pentingnya Membuat Keputusan Adil dalam Hubunganilustrasi sepasang kekasih (unsplash.com/DISRUPTIVO)

Keputusan dalam hubungan percintaan memiliki kecenderungan berat sebelah, yang mana itu lebih berpihak pada salah satu pihak saja yang punya kuasa lebih atas hubungan tersebut. Namun, rasa adil dalam hal ini masih sangat dipertanyakan. Jika setiap keputusan mengarah pada ketidakadilan, yang ada malah pasanganmu merasa yang paling dirugikan. 

2. Berusaha untuk membuat hubungan yang jauh dari toksik relationship

5 Alasan Pentingnya Membuat Keputusan Adil dalam Hubunganilustrasi toksik relationship (unsplash.com/Force Majeure)

Hubungan yang baik harusnya penuh dengan rasa adil di antara keduanya, tidak ada salah satu pihak yang lebih diunggulkan. Hal inilah yang memaksamu untuk selalu membuat keputusan yang seadil-adilnya. 

Hal ini dilakukan dengan tujuan yang sangat jelas, berusaha untuk membuat hubunganmu jauh dari toksik relationship. Orang toksik dalam hubungan itu tidak baik, bahkan kesannya sangatlah buruk. 

Baca Juga: Biar Adil, 5 Hal Ini Perlu Kamu Siapkan jika Mau Pasangan yang Baik!

3. Hubungan yang baik sejatinya sama rata dan tidak ada yang merasa lebih diuntungkan

5 Alasan Pentingnya Membuat Keputusan Adil dalam Hubunganilustrasi sepasang kekasih (unsplash.com/Lucas Lenzi)

Bagian sebagian orang, rasa adil dalam hubungan seakan masih menjadi hal yang tabu dan cukup asing di telinga kita. Namun, hubungan yang baik sejatinya sama rata dan tidak ada yang merasa lebih diuntungkan. 

Pada akhirnya, setiap kali kamu membuat keputusan, cobalah untuk membuatnya sama rata dan tidak ada yang dibeda-bedakan. Buat hubunganmu penuh dengan rasa keadilan, itu akan menciptakan kenyamanan yang lebih. 

4. Menjaga keseimbangan hubungan agar tidak berat sebelah ke salah satu pihak saja

5 Alasan Pentingnya Membuat Keputusan Adil dalam Hubunganilustrasi pasangan tertawa (unsplash.com/Tibor Pápai)

Tanpa sadar, banyak orang yang membuat hubungannya berat sebelah dengan cara menjadikan salah satu pihak yang lebih diunggulkan. Padahal, konsep dasar dari hubungan asmara adalah dua insan yang sedang jatuh cinta, bukan salah satu pihak saja. 

Pada akhirnya, kita butuh yang namanya keseimbangan dalam hubungan. Menjaganya cukup mudah, kamu hanya perlu membuat setiap keputusan yang sama adilnya, tidak membedakan antara yang satu dengan yang lainnya. 

5. Buat pasanganmu menjalani hubungan dengan sepenuh hati dan tanpa paksaan

5 Alasan Pentingnya Membuat Keputusan Adil dalam Hubunganilustrasi pasangan bersantai (unsplash.com/Helena Lopes)

Dasarnya, tidak ada orang yang ingin menjalin hubungan tanpa ada kenyamanan di dalamnya, apalagi rasa keadilannya masih sangat dipertanyakan. Tujuan dari bersikap adil dalam hubungan adalah menciptakan kenyamanan itu sendiri, yang mana kamu membuat pasanganmu menjalani hubungan dengan sepenuh hati dan tanpa ada paksaan di dalamnya. 

 

Menciptakan rasa adil dalam hubungan punya tujuan yang sangat besar, bahkan perannya bisa cukup krusial. Lima alasan di atas diharapkan bisa membantu kamu dalam membangun hubungan asmara yang lebih baik dan mengedepankan pentingnya rasa adil dalam relationship

Baca Juga: 5 Hal yang Sering Membuatmu Merasa Hidup Gak Adil, Benar?

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya