Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Membangun Pertemanan yang Awet sampai Tua Itu Sulit

Ada saja hambatannya!

Dalam satu waktu, terkadang kita merasa iri dengan orang yang pertemanannya bisa awet sampai usia yang tidak muda lagi. Meski terlihat menyenangkan, berteman hingga usia lanjut gak semudah yang kita lihat.

Ada berbagai macam faktor mengapa hal ini bisa terjadi, sedikitnya ada lima alasan mengapa membangun pertemanan yang awet sampai tua itu sangatlah sulit. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Kita gak selamanya berada di lingkungan pertemanan yang sama

5 Alasan Mengapa Membangun Pertemanan yang Awet sampai Tua Itu SulitPexels.com/Huy ProShoot

Manusia tidak selamanya menetap di suatu tempat yang sama dalam waktu yang lama, ada perpindahan dari satu tempat ke tempat yang lain yang membuat dirinya harus meninggalkan orangtua, kerabat, hingga teman dekatnya sendiri.

Ketika jarak sudah memisahkan, pertemanan pun akan sedikit ikut tergoncang. Makanya, akan sangat sulit untuk membangun pertemanan yang awet hingga tua nanti, ada kendala jarak dan juga kesibukan yang memakan banyak waktu.

2. Jarang menghubungi satu sama lain sehingga pada akhirnya hilang kontak

5 Alasan Mengapa Membangun Pertemanan yang Awet sampai Tua Itu SulitPexels.com/Snapwire

Banyak orang yang menganggap bahwa jarak tidak akan memisahkan pertemanan, namun fakta berkata lain. Hampir sebagian besar orang hilang kontak setelah adanya jarak di antara mereka.

Hal ini terjadi karena tidak adanya kelancaran dalam hal komunikasi, kesibukan satu sama lain membuat pertemanan bukan menjadi prioritas utama seperti dulu lagi.

Baca Juga: 5 Hal Buruk ini Tidak Akan Kamu Alami dalam Persahabatan Sejati

3. Sulit menemukan teman yang satu pemikiran dan satu frekuensi

5 Alasan Mengapa Membangun Pertemanan yang Awet sampai Tua Itu SulitPexels.com/VisionPic .net

Pertemanan yang awet biasanya didasari pada pemikiran yang sama dan juga satu frekuensi, ada keterhubungan satu sama lain sehingga kenyamanan dalam berteman akan bertahan dalam waktu yang cukup lama.

Namun, sayangnya sulit sekali menemukan teman yang satu pemikiran dan satu frekuensi di sekitar kita. Meski perbedaan dalam pertemanan itu wajar terjadi, namun bukan berarti tidak berpengaruh pada keawetan pertemanan itu sendiri.

4. Pertengkaran antarpertemanan sering terjadi sehingga menimbulkan dendam satu sama lain

5 Alasan Mengapa Membangun Pertemanan yang Awet sampai Tua Itu SulitPexels.com/Craig Adderley

Meski pertemanan erat kaitannya dengan perdamaian, bukan berarti tidak ada pertengkaran yang terjadi antara satu sama lain. Permusuhan tetaplah ada, tidak selamanya berjalan sesuai dengan ekspektasi yang kita bayangkan selama ini.

Hal inilah yang mendasari betapa sulitnya menjaga pertemanan agar bisa awet sampai tua nanti. Permusuhan dalam pertemanan akan selalu ada sampai kapan pun, apalagi adanya perbedaan kepribadian yang begitu jauh.

5. Mudahnya terjadi kesalahpahaman akibat dari adanya miskomunikasi

5 Alasan Mengapa Membangun Pertemanan yang Awet sampai Tua Itu SulitPexels.com/Matheus Ferrero

Dalam pertemanan, kesalahpahaman bukan hal baru lagi dan bahkan kerap kali menghampiri. Terlalu cepat menyimpulkan dan adanya miskomunikasi menjadi penyebab utama mengapa hal itu bisa terjadi.

Seiring adanya kesalahpahaman, perpecahan dalam pertemanan tidak bisa dihindari lagi. Dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa betapa sulitnya menjaga pertemanan, bahkan sering diakibatkan oleh sebatas miskomunikasi.

Itu dia deretan alasan mengapa membangun pertemanan yang awet sampai tua itu sangatlah sulit. Meski gak akan mudah, nyatanya masih ada segelintir orang yang bisa mendapat kepercayaan temannya sendiri untuk bisa berteman hingga tua nanti.

Baca Juga: Jika Kamu Tidak Pilih-pilih dalam Pertemanan, 5 Hal Ini Akan Didapat

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya