Comscore Tracker

Biang Kehancuran, 5 Tindakan yang Dapat Merusak Hubunganmu dari Dalam

Banyak yang menganggapnya sepele, loh!

Setiap orang memang sangat mengharapkan bahwa hubungan asmaranya akan selalu berjalan langgeng. Namun, semua ini gak selamanya sesuai rencana, bahkan sering kali mengalami perpisahan yang entah asal-usul masalahnya dari mana. 

Padahal, hal tersebut bisa terjadi atas segala tindakanmu, itu merusak hubungan dari dalam. Biar tahu lebih lengkapnya, yuk simak ulasan mengenai lima tindakan yang dapat merusak hubunganmu dari dalam di bawah ini. 

1. Melakukan kebohongan sekalipun itu dalam hal-hal kecil dan sepele

Biang Kehancuran, 5 Tindakan yang Dapat Merusak Hubunganmu dari Dalamilustrasi orang berbohong (pexels.com/ROMAN ODINTSOV)

Kita semua paham bahwa tidak ada orang yang suka jika dirinya selalu dibohongi, apalagi dalam hubungan asmara. Bukan hanya sebatas kebohongan besar, tapi juga kebohongan kecil yang kelihatannya sepele. 

Jika kamu melakukan hal ini dalam hubunganmu, kamu sama saja merusak hubungan dari dalam. Kepercayaan pasanganmu kian memudar, hubungan tidak akan bertahan lebih lama lagi. 

2. Mengusik kebebasan pasangan dalam hal apapun itu

Biang Kehancuran, 5 Tindakan yang Dapat Merusak Hubunganmu dari Dalamilustrasi sepasang kekasih (pexels.com/JOAO ARAUJO)

Setiap orang pastinya butuh yang namanya kebebasan, apalagi dalam hubungan asmara. Namun, kita sering kali memberi batasan terhadap pasangan hingga membuat kebebasannya terkurung. 

Padahal, ini menjadi bagian dari rusaknya hubungan yang berasal dari dalam. Apa yang kamu lakukan membuat pasangan merasa terusik, khususnya kebebasan demi kebebasannya. 

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Dihindari Agar Hubungan Tak Jadi Toxic Relationship 

3. Selalu bertindak egois dan hanya mementingkan diri sendiri

Biang Kehancuran, 5 Tindakan yang Dapat Merusak Hubunganmu dari Dalamilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Suatu hubungan bisa terjadi karena ada dua orang yang saling jatuh cinta satu sama lain. Namun, keduanya sudah pasti memiliki egonya masing-masing, dan ini menjadi bagian yang gak boleh kita sepelekan. 

Nyatanya, keegoisan bisa menjadi penyebab di balik hubungan yang sangat toxic, kamu menghancurkan hubungan tersebut dari dalam dengan mengedepankan keegoisan mu. 

4. Tidak pernah mau mengerti pasangan dalam konteks apapun

Biang Kehancuran, 5 Tindakan yang Dapat Merusak Hubunganmu dari Dalamilustrasi wanita memasang dasi (pexels.com/cottonbro)

Kita memang tidak akan pernah bisa mengerti pasangan secara seutuhnya, namun kita bisa mencoba untuk sedikit memahami pasangan dalam konteks apa pun itu. 

Cara kamu memahami pasangan bisa membuat dirinya merasa dihargai. Hal ini bisa menjadi kunci dari langgengnya suatu hubungan, atau kamu hanya akan merusak hubungan dari dalam jika melakukan kebalikannya. 

5. Terlalu posesif dan punya tingkat kecemburuan sangat tinggi

Biang Kehancuran, 5 Tindakan yang Dapat Merusak Hubunganmu dari Dalamilustrasi pria dan wanita saling menatap (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Cemburu sering kali diartikan sebagai tanda sayang, apa yang kamu cemburui ditunjukkan sebagai cara kamu mencintai pasangan dan tidak rela jika dimiliki orang lain.

Namun, hal ini hanya akan berhasil jika cemburu kamu masih dalam tahap wajar. Jika kamu terlalu posesif dan punya tingkat kecemburuan sangat tinggi, hubunganmu akan rusak secara perlahan dari dalam. 

Rusaknya suatu hubungan bukan hanya berasal dari faktor luar saja seperti perselingkuhan dan sejenisnya, tapi juga dari dalam seperti kelima contoh di atas. Jangan terlalu menyepelekan hal ini, atau kamu akan menyesal di kemudian hari. 

Baca Juga: Ubah Toxic Relationship Jadi Healthy Relationship? Bisa, Asal...

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya