Comscore Tracker

5 Cara Hadapi Pasangan Posesif, Gak Cuma Komunikasi

Cinta boleh saja, tapi jangan mau sampai dikekang

Apa yang kamu rasakan saat berada di sisi pasanganmu? Apa kamu merasa nyaman atau justru merasa tertekan? Jika kamu merasa nyaman ini menunjukkan kamu berhasil membangun hubungan yang sehat dengan pasangan. Jika hal sebaliknya yang terjadi, ini jelas membuktikan jika pasangamu ini tipe posesif.

Over perhatian menjadi ciri khas pasangan yang posesif. Mereka selalu ingin tahu kamu lagi apa, sama siapa, dan semuanya itu harus jelas dan mendetail untuk mereka ketahui.Mereka tidak segan-segan untuk melarang ini-itu hanya untuk, memastikan kamu tetap berada di sisinya.

Jangan buru-buru buat putus! Selagi masih ada cinta, cobalah untuk merubah sikap posesifnya itu. Berikut ada 5 cara yang bisa dilakukan untuk merubah sikap pasangan yang posesif. Semoga berhasil, ya!

1. Komunikasikan ketidaknyamanan yang kamu rasakan

5 Cara Hadapi Pasangan Posesif, Gak Cuma Komunikasiilustrasi pasangan menikmati laut (unsplash.com/Jonathan borba)

Mengomunikasikan ketidaknyamanan yang kamu rasakan atas perilakunya yang posesif menjadi cara paling efektif untuk dilakukan. Berbicara dari hati ke hati, saling mengutarakan perasaan dengan terbuka bisa menjadi titik terang dari konflik yang kamu hadapi.

Harapannya kamu bakal tahu tentang alasannya bersikap posesif sehingga akan lebih gampang untuk mencari jalan keluarnya. Semoga saja, dengan kamu memberitahukan ketidaknyamanan yang kamu rasakan, akan membuat pasangan sadar dan mau berubah menjadi lebih baik lagi.

2. Berusahalah selalu jujur

5 Cara Hadapi Pasangan Posesif, Gak Cuma Komunikasiilustrasi pasangan (unsplash.com/Shawn)

Orang yang bersikap posesif itu bisa jadi lantaran kurang merasa percaya pada pasangan. Inilah kunci jawabannya. Kalian harus  berusaha selalu jujur pada pasangan agar mendapatkan percaya sepenuhnya padamu. 

Baca Juga: 5 Cara Menenangkan Pasangan yang Sedang Punya Masalah, Jangan Cuek!

3. Kenalkan pasangan pada lingkungan pertemanan hingga keluarga

5 Cara Hadapi Pasangan Posesif, Gak Cuma Komunikasiilustrasi sekawan (unsplash.com/eliott)

Curiga dan cemburu menjadi paket komplit yang dimiliki oleh orang posesif. Melarangmu untuk bergaul,menjadi caranya untuk memastikan kamu tidak berbuat macam-macam. Pastinya hal semacam ini akan membuatmu merasa tertekan.

Mengenalkan lingkungan pertemanan dan keluarga akan membuang keraguan di hati para pasangan yang posesif. Dengan begitu sikapnya yang posesif itu akan berangsur-angsur berkurang dengan sendirinya.

4. Berikan ketegasan dan batasan yang jelas

5 Cara Hadapi Pasangan Posesif, Gak Cuma Komunikasiilustrasi perpisahan (unsplaah.com/Nathan)

Jangan mau terus ditekan tidak boleh ini itu karena kamu berhak menentukan jalan hidupmu sendiri. Jika kamu membiarkan dan bersikap pasrah, yang ada pasangan semakin keterlaluan dengan sikap posesifnya itu.

Buatlah batasan yang jelas dan lebih tegas dengan sikapmu itu. Ketegasan yang kamu tunjukan akan membuka matanya bahwa yang mereka lakukan itu sudah melewati batas kewajaran. Mudah-mudahan hal ini membuat mereka berubah menjadi lebih santai dan tidak bersikap posesif lagi padamu.

5. Sekali waktu bersikaplah posesif padanya, agar mereka menyadari kesalahannya

5 Cara Hadapi Pasangan Posesif, Gak Cuma Komunikasiilustrasi sedih (unsplash.com/Ben white)

Banyak orang tidak sadar akan kesalahannya. Bisa jadi, pasangamu selama ini tidak menyadi sikapnya yang posesif itu.

Maka cobalah untuk sekali waktu bersikap posesif balik padanya. Bukannya dendam, tapi ini dilakukan untuk menyadarkan pasangan atas sikap posesifnya itu. Semoga saja, sadar diri akan merubahnya untuk tidak bersikap posesif lagi.

Apa pasangamu salah satu karakter yang posesif? Jika iya, kelima cara di atas bisa kalian terapkan, ya! Semoga bermanfaat.

Baca Juga: 6 Suka Duka Punya Pacar yang Posesif, Gak Selalu Buruk

Andri Wiyatno Photo Verified Writer Andri Wiyatno

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya