Comscore Tracker

Punya Pacar Tapi Masih Ingat Mantan? Lakukan 5 Hal Ini Supaya Lupa

Ingat ada hati yang perlu kamu jaga!

Memutuskan untuk punya pacar lagi, tentu sebelumnya kamu sudah memastikan hatimu telah benar-benar lepas dari bayang-bayang masa lalu. Akan tetapi kenyataannya berbeda. Meskipun telah menjalin asmara dengan kekasihmu yang sekarang, hingga saat ini kamu masih saja ingat mantan. Kan, cuma sekadar ingat apa salahnya sih?

Ini bukan perkara salah atau benar, ya tapi dampak yang akan terjadi jika perasaanmu itu makin tidak terkontrol. Awalnya memang cuma kepikiran mantan saja, lama-lama jadi kangen dan ingin balikan juga. Sementara di sisimu sekarang sudah ada pacar yang juga butuh diperhatikan.

Makanya, supaya bisa lekas lupa sama mantan, ada baiknya kamu coba melakukan lima hal berikut, deh. 

1. Meskipun belum sepenuhnya cinta, jadikan pacar sebagai prioritas dalam hidupmu, ya!

Punya Pacar Tapi Masih Ingat Mantan? Lakukan 5 Hal Ini Supaya Lupapexels/Kampus Production

Belakangan kamu menyadari kalau perasaanmu ke pacar belum benar-benar tulus. Bisa jadi, keputusanmu menerimanya dulu hanya sekadar untuk dijadikan pelampiasan saja. Jahat juga, sih. Tapi meskipun begitu kamu gak boleh angkat tangan dengan mudah, dong. Belajarlah untuk lebih menghargai keberadaannya di sisimu.

Jadikan pacar sebagai salah satu prioritas dalam hidup. Anggaplah dia seperti keluarga yang begitu berarti bagimu. Dari situ perhatianmu akan lebih sering tertuju padanya, alih-alih terus saja menengok ke masa lalu. 

2. Habiskan lebih banyak waktu bersama pacar untuk semakin membangun kedekatan di antara kalian

Punya Pacar Tapi Masih Ingat Mantan? Lakukan 5 Hal Ini Supaya Lupapexels/Samson Katt

Mentang-mentang merasa belum terlalu sayang, kamu jadi malas berlama-lama dekat dengannya. Itu salah besar. Justru supaya kenangan mantan gak terus-menerus menerormu, sebaiknya habiskan lebih banyak waktu bersama kekasihmu ini. Dengan begitu kalian punya kesempatan untuk saling mengenal satu sama lain.

Mungkin selama ini kamu masih terlalu menutup diri darinya. Kamu juga belum sepenuhnya memahami karakter pacarmu itu seperti apa. Wajar sih, kalau perasaan cintamu gak juga tumbuh untuknya. Siapa tahu, nih selama kalian dekat nanti benih-benih cinta mulai bersemi di hatimu. Kemudian menggeser bayang-bayang mantan yang selama ini menghantuimu. 

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini Dijamin Mantan Auto Galau Telah Memutuskanmu

3. Stop membandingkan pacar dan mantanmu dulu, tentu saja mereka tidak sama

Punya Pacar Tapi Masih Ingat Mantan? Lakukan 5 Hal Ini Supaya Lupapexels/cottonbro

Pasti kamu pernah sekali dua kali membandingkan antara mantan dan kekasihmu yang sekarang. Ya, meskipun hanya dalam hati dan gak terang-terangan diungkapkan, sih. Tapi tetap saja sikapmu itu keliru. Apalagi ini dipengaruhi rasa rindu yang mendalam kepada mantan. Tentu saja penilaianmu bakal jadi berat sebelah.

Kamu memandang pacarmu ini gak bisa memperlakukanmu sebaik mantan. Dia juga sering gak nyambung kalau diajak bicara. Logikanya, ya kalau memang mantanmu begitu sempurna kenapa juga dulu kamu rela meninggalkannya? Mending berhenti membanding-bandingkan mereka deh. Kekasihmu pasti juga memiliki banyak kelebihan, kok. Hanya saja kamu masih belum mau melihatnya. 

4. Batasi interaksi dengan mantan, lebih bagus lagi tidak saling kontak sama sekali

Punya Pacar Tapi Masih Ingat Mantan? Lakukan 5 Hal Ini Supaya Lupapexels/Zen Chung

Berhentilah menghubungi mantan sama sekali. Belum tentu juga dia senang ketika menerima pesan darimu setiap hari. Bisa jadi mantanmu malah merasa risi dan terganggu. Di samping itu, di sisimu sekarang sudah ada orang lain yang lebih pantas diperhatikan. Pacarmu tentu akan merasa sangat senang jika kamu selalu perhatian padanya.

Kalau perlu sekalian saja blokir kontak dan akun media sosialnya. Bukan berarti mau memutus silaturahmi dengan mantan begitu saja. Tetapi karena perasaanmu makin susah diatur, jadi harus pakai cara keras seperti ini, deh. Nanti kalau hatimu sudah benar-benar bebas dari bayang-bayangnya, baru deh jalin hubungan baik lagi dengan mantan kalau bisa. 

5. Hilangkan barang-barang yang menyimpan kenangan mantan. Ganti dengan barang-barang pemberian pacarmu yang sekarang

Punya Pacar Tapi Masih Ingat Mantan? Lakukan 5 Hal Ini Supaya Lupapexels/Anders Kristensen

Sadar atau tidak, barang-barang pemberian mantan bisa jadi sarana mengembalikan kenangan masa lalumu saat bersamanya, lho. Makanya, sebaiknya itu dihilangkan saja. Tidak perlu sampai mengembalikan semua ke mantan.

Kamu bisa menjual atau memberikannya pada teman yang membutuhkan. Kemudian ganti jaket, jam tangan, baju dan tas tersebut dengan pemberian pacarmu yang sekarang. Biar mulai sekarang kamu cuma ingat pacar bukan lagi kenangan yang telah berlalu.

Selalu kepikiran mantan bukan masalah yang boleh disepelekan. Apalagi statusnya sekarang kamu tidak lagi sendirian, alias sudah punya pacar. Apa gak kasihan sama kekasihmu ini?

Masa lalu memang gak bisa begitu saja dilupakan, tapi jika tidak segera move on, itu bisa mengganggu masa depanmu juga, lho. Masa iya, kamu akan hidup sembari memandang ke belakang terus? Yuk, praktikkan kelima hal di atas supaya kamu bisa segera melupakan mantan dan menata masa depan dengan lebih baik lagi. 

Baca Juga: 5 Trik Anti Kecewa Sikapi Mantan yang Kini Sudah Punya Gebetan Baru

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya