Comscore Tracker

5 Cara Menghadapi Masalah Ini Jadi Bukti Pacarmu Belum Dewasa

Sedikit-sedikit bikin status galau

Banyak cara untuk mengukur seberapa dewasa seseorang. Contohnya, bisa dilihat dari bagaimana dia memperlakukan orang lain, membawa diri, mengambil keputusan dan banyak lagi. Nah, selain beberapa hal tadi, kamu pun bisa menilai kadar kedewasaan pacarmu dengan melihat cara dia menghadapi masalah. 

Jika tiap ada persoalan dia selalu menggunakan kelima cara di bawah ini, sayang sekali itu artinya pacarmu belum bisa bersikap dewasa. Memang usianya boleh matang, tapi secara mental dia masih kekanak-kanakan. Cek, yuk cara apa saja yang dimaksud! 

1. Mencari-cari siapa yang bisa disalahkan, alih-alih introspeksi diri

5 Cara Menghadapi Masalah Ini Jadi Bukti Pacarmu Belum Dewasailuatrasi pasangan bertengkar (Pexels.com/Polina Zimmerman)

Saat ada masalah di antara kalian, si dia selalu saja sibuk mencari siapa biang keroknya. Seolah-olah ketakutan, kalau kamu menudingnya sebagai penyebab masalah ini. Makanya, dia langsung mencari kambing hitam. Padahal kalau memang gak merasa melakukan apa-apa, ya gak usah panik begitu, dong. Kamu saja santai, kok. 

Daripada saling menyalahkan, bukannya lebih baik introspeksi diri, ya? Siapa tahu memang kalian berdua sama-sama punya salah. Itu baru namanya dewasa, bukannya main salah-salahan demi melindungi diri sendiri. Sudah tidak mencerminkan sikap yang dewasa, kelihatan cemen lagi. 

2. Lari dari masalah dan melemparkan tanggung jawab ke kamu

5 Cara Menghadapi Masalah Ini Jadi Bukti Pacarmu Belum Dewasailuatrasi pasangan bertengkar (Pexels.com/Keira Burton)

Kamu sampai hafal betul mau ada masalah kecil atau besar, si dia selalu langsung menghindar dan bersikap masa bodoh. Sementara tanggung jawab untuk menyelesaikan dan cari solusinya, semua dilemparkan ke kamu. Nanti, kalau situasinya sudah kembali normal baru, deh dia muncul lagi tanpa merasa bersalah. 

Padahal namanya hubungan pacaran, kan yang menjalani kalian berdua, ya? Masa iya, tiap kali menghadapi persoalan, selalu kamu yang harus turun tangan? Gimana mau jadi pribadi yang lebih dewasa, kalau menyelesaikan masalah receh saja dia tidak bisa. 

Baca Juga: 5 Hal yang Tanpa Sadar Menyuruh Pacar untuk Mutusin Kamu, Gawat!

3. Sering berkata bohong demi menutupi kesalahan yang diperbuat

5 Cara Menghadapi Masalah Ini Jadi Bukti Pacarmu Belum Dewasailustrasi pasangan bertengkar (Pexels.com/Budgeron Bach)

Sebenarnya kalian sudah sama-sama tahu kalau si dia baru saja melakukan kesalahan. Di mana kesalahan tersebut menjadi awal masalah yang tengah dihadapi saat ini. Tetapi alih-alih mengaku, minta maaf dan mencari jalan keluar, eh pacarmu malah terus menyangkalnya. Dia tega berbohong demi menutupi kesalahannya. 

Seolah-olah kamu dianggapnya bodoh dan bisa ditipu begitu saja. Kalau masih sabar, sih kamu pasti mau meladeninya. Lihat saja sampai mana dia sanggup menutupi kesalahan itu. Tapi bila emosimu gak bisa dibendung lagi, bisa-bisa kamu membeberkan semua kesalahan itu terang-terangan. Berani taruhan, pacarmu gak akan bisa mengelak lagi dan malah jadi malu sendiri. 

4. Jadi gampang marah kalau ada masalah, ujung-ujungnya kamu juga yang turun tangan

5 Cara Menghadapi Masalah Ini Jadi Bukti Pacarmu Belum Dewasailustrasi pasangan bertengkar (Pexels.com/Alex Green)

Pacarmu ini gak pernah bisa santai kalau ada masalah. Bawaannya selalu saja emosi dan marah-marah. Padahal untuk bisa menemukan jalan keluar, pikiran harus tenang dan positif. Tapi bila diingatkan malah emosinya semakin meledak. Alhasil kamu juga yang harus turun tangan dan menyelesaikannya sendiri. 

Kalau harus jujur, sih kamu pasti pernah merasa jenuh dengan sikapnya ini. Pengin, dong sekali-kali gantian kamu yang pasrah kalau kalian ada masalah. Biar dia bisa berpikir kritis dan gak 'cuci tangan' melulu. 

5. Tiap kali ada masalah denganmu, dia selalu curhat ke media sosial. Bikin malu!

5 Cara Menghadapi Masalah Ini Jadi Bukti Pacarmu Belum Dewasailustrasi melihat status IG (Pexels.com/Karolina Grabowska)

Apa yang pertama kali dilakukan pacarmu saat kalian sedang perang dingin, alias marahan? Jangan-jangan dia selalu update status galau di media sosialnya lagi. Wah, jika benar demikian sudah bisa dipastikan kalau sikap pacarmu ini jauh dari kata dewasa. Lagi pula untuk apa membagikan masalah pribadi kalian ke dunia maya dan dilihat banyak orang? Apakah dengan begitu, persoalannya akan selesai sendiri. Tentu saja tidak, dong. Kekanak-kanakan banget, sih!

Kata orang, menjadi tua itu takdir sementara dewasa adalah pilihan. Gak peduli berapa usianya sekarang, itu belum tentu menjamin dia termasuk sosok yang punya pemikiran dan sikap yang dewasa. Bila kebetulan pacarmu termasuk pribadi yang masih jauh dari kata matang, lebih baik pikirkan lagi untuk melanjutkan hubungan kalian. Sebab jika berlanjut dan dia belum berubah, pada akhirnya pacarmu ini hanya akan menjadi benalu, lho. 

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Berhak Meninggalkan Pacar yang Gak Punya Masa Depan

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya