Comscore Tracker

Jangan Buru-buru Jadian sebelum Kamu Memastikan 5 Hal Berikut!

Lebih baik pelan tapi pasti

Terkadang, menjalani masa pendekatan yang terbilang lama, belum cukup untuk membuat kalian layak menjadi sepasang kekasih. Ini dikarenakan selama PDKT kamu gak memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk saling mengenal pribadi satu sama lain. Ibaratnya cuma sebatas jalan bareng sekali waktu dan membicarakan hal-hal receh yang gak perlu.

Maka dari itu, sebaiknya kamu memastikan dulu lima hal berikut sama gebetan, sebelum memantapkan hati untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius lagi, alias jadian. 

1. Pastikan kamu dan dia sudah benar-benar move on dari masa lalu

Jangan Buru-buru Jadian sebelum Kamu Memastikan 5 Hal Berikut!pexels/Samson Katt

Tentunya kalian berdua sama-sama punya masa lalu. Tapi itu cukup dijadikan pengalaman dan pembelajaran saja. Jangan sampai karena masih terganggu dengan mantan, kamu jadi susah fokus sama masa depan bersamanya. Tidak hanya dari pihakmu saja, pastikan pula si dia sudah benar-benar move on dari sang mantan.

Sebab rasa-rasanya gak lucu aja, giliran sudah jadian, eh salah satu dari kalian ada yang menyesal karena masih berharap bisa balik ke pelukan mantan. Yakinkan dulu kalau hati kalian sudah seratus persen kosong, baru deh coba untuk saling mengisi. 

2. Pastikan kalian sudah saling cocok dan mencintai satu sama lain, bukan sebatas naksir lagi

Jangan Buru-buru Jadian sebelum Kamu Memastikan 5 Hal Berikut!pexels/Artem Beliaikin

Tidak bisa dipungkiri kalau awalnya memang kalian cuma saling naksir saja. Mungkin melihat parasnya yang cantik kamu seketika jadi jatuh hati. Begitu pula sebaliknya, dia suka dengan sikapmu yang apa adanya dan mampu bersikap lebih dewasa darinya. Seiring waktu, rasa suka itu bisa saja berubah menjadi cinta, lho.

Nah, pada saat ini nih momen yang paling tepat untuk saling menyatakan cinta. Jangan sampai ya, kamu buru-buru nembak dia, padahal belum yakin betul perasaan kalian satu sama lain seperti apa. Ingat, hubungan asmara hanya akan berjalan karena adanya cinta, bukan semata-mata perasaan suka saja. 

Baca Juga: 6 Tanda Simpel Gebetan Online Dating Tertarik denganmu, Siap Jadian?

3. Pastikan kamu sudah mengenal dia luar dalam dan mau menerima segala kelebihan serta kekurangannya

Jangan Buru-buru Jadian sebelum Kamu Memastikan 5 Hal Berikut!pexels/Kampus Production

Salah satu tujuan dari PDKT adalah untuk mengetahui sifat asli kalian masing-masing. Apakah kamu yang tipe cuek abis ini bisa cocok dengan karakter dia yang sabar dan penyayang. Dari sini kamu mampu menilai sendiri, pantas tidak bersanding dengannya. Selain itu, kalian juga harus mau menerima kekurangan satu sama lain. Bukan sekedar ingin baiknya saja.

Sebab nantinya perjalanan cinta kalian akan mengalami banyak ujian. Kalau soal kelemahan pasangan saja kamu sudah uring-uringan, gimana mau menyelesaikan persoalan yang lebih rumit? Bisa-bisa baru jadian seminggu kamu sudah menyerah dan minta putus. 

4. Pastikan keluarga kalian masing-masing bisa menerima jika nanti kamu berpacaran dengannya

Jangan Buru-buru Jadian sebelum Kamu Memastikan 5 Hal Berikut!pexels/Andrea Piacquadio

Walaupun belum resmi jadian, gak ada salahnya kamu memperkenalkan dia ke keluarga intimu. Begitu pula sebaliknya, minta dia untuk membawamu ke rumahnya. Lihat apakah orangtua kalian mau memberikan restu atau tidak. Ini penting sebagai upaya antisipasi, lho. Kalau memang salah satu dari mereka tidak setuju, kalian bisa mempertimbangkannya berdua saat itu juga.

Gak enak banget, lho sudah resmi pacaran satu tahun, eh baru ketahuan kalau ternyata ayahnya menentang hubungan kalian. Mau mundur juga sudah terlanjur sayang. Serba salah kan?

5. Pastikan kalian punya visi dan misi yang selaras untuk ke depannya

Jangan Buru-buru Jadian sebelum Kamu Memastikan 5 Hal Berikut!pexels/Orione Conceição

Terakhir, kamu perlu memastikan bahwa kalian punya tujuan ke depan yang sejalan. Jangan sampai karena mengabaikan hal ini kalian harus menerima konsekuensinya di kemudian hari. Sudah berjalan tiga tahun, baru ketahuan kalau visi misi kalian mengenai hubungan ini tidak sama. Kamu ingin membawanya hingga ke pelaminan, sementara dia cuma ingin bersenang-senang saja. Nah, kecewa gak tuh?

Apa pun alasannya, mengambil keputusan secara terburu-buru gak akan ada baiknya. Apalagi ini menyangkut urusan hati. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan dan dipastikan, sebelum kamu menaikkan statusnya dari gebetan menjadi pacar. Percaya deh, lebih baik jalani secara perlahan tapi pasti, daripada tergesa-gesa namun ke depannya hanya akan menimbulkan luka. Setuju gak?

Baca Juga: Jangan Terlalu Mengharapkan 5 Hal Ini Ketika Baru Jadian, Bisa Kecewa!

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya