Comscore Tracker

5 Hikmah di Balik Telat Nikah yang Patut Kamu Syukuri

Kebahagiaan pasti datang di waktu yang tepat

Meskipun era sudah berubah, namun gak sedikit orang yang masih beranggapan bahwa menikah itu ada batasan umurnya, terutama buat kaum hawa. Lewat usia 25 tahun tapi masih betah membujang, siap-siap deh bakal diberondong pertanyaan "kapan nikah?"dari banyak orang.

Padahal, kita sama-sama tahu, kalau menikah bukan hanya perkara angka saja . Kematangan secara mental dan finansial, juga penting dipersiapkan dengan sungguh-sungguh.

Selain itu, ternyata menunda melepas masa lajang gak selamanya buruk, kok. Justru ada banyak hal positif yang bisa dipetik bagi kamu yang masih enggan berumah tangga. Seperti 5 hikmah berikut.

1. Punya banyak waktu untuk dirimu sendiri

5 Hikmah di Balik Telat Nikah yang Patut Kamu SyukuriUnsplash/ Arnel Hasanovic

Sendiri bukan berarti hidupmu sepi. Sebaliknya, karena sedang tak menjalin asmara kamu justru punya banyak waktu untuk membahagiakan dirimu sendiri. Bertemanlah dengan banyak orang, dan kembangkan hobimu.

Ingat, saat telah menikah nanti prioritasmu bakal berbeda. Diri sendiri bukan lagi yang terpenting, ada pasangan juga anak-anak yang perlu diutamakan.

2. Bisa mengejar karier sesuai passion-mu

5 Hikmah di Balik Telat Nikah yang Patut Kamu SyukuriUnsplash/ rawpixel

Selama masih berstatus bujang, sah-sah aja bagimu untuk meraih karir sesuai dengan passion-mu. Gonta-ganti pekerjaan hingga mencoba membuka usaha sendiri, atau memilih menganggur sementara waktu demi mendapatkan job yang diinginkan. Semua itu bebas kamu lakukan, karena tanggung jawabmu hanya pada dirimu sendiri.

3. Secara mental kamu lebih matang

5 Hikmah di Balik Telat Nikah yang Patut Kamu SyukuriUnsplash/ Anthony Tran

Dibandingkan memulai bahtera rumah tangga di usia muda, menikah di atas umur 25 tahun justru membuatmu lebih matang secara mental. Kamu tentunya telah melewati banyak fase kehidupan, menghadapi dan menyelesaikan masalah serta mengenal banyak orang dengan berbagai watak dan juga karakter yang berbeda.

Saat menjalani pernikahan, pastinya kau dan pasangan akan mudah terhindar dari pertengkaran. Karena kalian telah sama-sama tahu bagaimana menjalani peran masing-masing dan akan sangat bisa menghargai satu sama lain.

Baca Juga: Bukan Pemilih, Sejumlah Perempuan Memilih Tak Menikah Muda Karena 7 Hal Ini!

4. Siap secara finansial

5 Hikmah di Balik Telat Nikah yang Patut Kamu SyukuriUnsplash/ rawpixel

Punya pekerjaan tetap, tentunya bakal dibarengi dengan adanya tabungan yang cukup. Meski pernikahan belum akan kamu jalani dalam waktu dekat, tapi perkara finansial dirimu bisa bernafas lega.

Dengan begitu, pada saatnya nanti kalian gak perlu kawatir dengan tempat tinggal dan lain-lain. Karena segala sesuatunya tentu sudah kamu sediakan, ya tinggal nunggu calonnya aja, hehe.

5. Akan ada lebih banyak waktu, dengan pasangan nantinya

5 Hikmah di Balik Telat Nikah yang Patut Kamu SyukuriUnsplash/ Brittany Simuangco

Akan tiba saatnya, dirimu telah selesai dengan urusan pribadi. Sudah puas dengan hobi, mengembangkan passion hingga sukses dalam berkarir, membuatmu merasa siap untuk melangkah ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu membangun keluarga.

Dengan begitu, saat telah menikah nanti kau akan mencurahkan segala perhatian pada pasangan, terlebih kepada anak-anak kalian. Bakal ada banyak waktu luangmu, yang dihabiskan bareng istri atau suami serta buah hati. Ketimbang mengurusi hobi, pergi liburan bersama keluarga di akhir pekan terlihat lebih menarik bagimu.

Nah, sekarang percaya kan kalau 'telat nikah' juga ada hikmahnya. Buatmu yang saat ini masih galau akibat didesak segera naik ke pelaminan, gak perlu berkecil hati. Justru kamu mesti yakin, bahwa pilihanmu adalah yang terbaik bagimu. Percayalah, bahwa kebahagiaan akan datang di waktu yang paling tepat.

Baca Juga: Bersiaplah, Ini 7 Trend Resepsi Pernikahan 2018-2019 yang Kekinian!

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya